DIY CLAY WALL HANGING

Inspirasi untuk dekorasi dinding sekarang banyak sekali. Sudah bukan melulu gambar di dalam pigura. Salah satu yang bisa dibuat sendiri dirumah adalah dengan menggunakan bahan clay. Selain mudah dibentuk, ide dekorasi dari clay sangat beragam. Salah satunya clay wall hanging. Bahannya gampang didapat dan cara membuatnya juga terhitung mudah. Nggak perlu tangan terampil untuk membuat wall hanging ini. ;)
DIY-MOBILE-CLAY-1 DIY-MOBILE-CLAY-2

Bahan dan alat

–           Modelling Clay (Kami menggunakan DAS Modelling Clay yang bisa dibeli di Gramedia atau TGA)
–          Alas plastik
–          Cutter

–          Penggaris
–          Karton tebal
–          Cat akrilik
–          Twine atau tali kulit
–          Benang kasur
–          Ranting pohon
–          Lem putih atau lem serba guna (UHU)
–          Manik-manik (optional)
–          Kuas
–          Vernis (glossy)
–          Tusuk gigi/ pin/ sumpit runcing

DIY-MOBILE-CLAY-3DIY-MOBILE-CLAY-4DIY-MOBILE-CLAY-5

DIY-MOBILE-CLAY-6Cara Pembuatan

Ambil sebagian clay, uleni sampai lentur. Gilas jadi setebal kira-kira 0,5cm. Potong clay jadi bentuk diamond dengan bantuan cutter. Kalau ingin bentuk lain, kamu juga bisa menggunakan pencetak kue/kukis.

Kemudian, buat guratan di clay membentuk garis-garis sesuai pola dengan bantuan penggaris.

Kalau garis yang mau dibuat terlalu kecil, coba gunakan karton tebal. Potong selebar 1cm, lipat dua. Gunakan bagian punggung lipatan untuk membuat guratan di clay.

Lalu, buat lubang untuk menggantung clay. Celupkan tusuk gigi, pin, atau sumpit ke air lalu gunakan untuk melubangi bagian atas clay. Sesuaikan besar lubang dengan benang atau tali yang akan digunakan.

DIY-MOBILE-CLAY-7DIY-MOBILE-CLAY-8

Diamkan clay hingga kering. Bila salah satu sisi sudah kering, balik clay untuk mengeringkan sisi satu lagi. Sebaiknya keringkan minimal 1 malam.
Setelah clay sudah kering, warnai clay dengan cat akrilik. Bisa coba gunakan 3 shade yang berbeda terang gelapnya untuk memberi kesan 3 dimensi.

Setelah cat kering, lapisi dengan vernis glossy. Diamkan hingga kering.

Masukkan twine atau tali ke lubang lalu ikat. Agar tidak mudah terbuka, bisa bubuhkan sedikit lem putih atau lem serbaguna untuk mengamankan simpul.

Rangkai dengan manik-manik agar lebih cantik. Bisa juga dikombinasikan dengan potongan ranting kecil, kerang, atau apapun benda kecil yang unik dan bisa ikat. Sesuaikan dengan karakter kamu supaya wall hanging ini jadi terasa lebih spesial. Selamat mencoba dan selamat menikmati akhir pekan. ;)

DIY-MOBILE-CLAY-10DIY-MOBILE-CLAY-11

Foto oleh Diah Ayu Wulandari


Penyuka craft yang lebih senang dapat voucher toko buku dibanding voucher baju. Ibu satu putri yang akrab dipanggil Mamir ini selalu sibuk cari inspirasi dekor atau palet warna di internet sambil menyantap segala macam penganan yang ada di studio Living Loving. Kamu bisa menyapa Mamir di akun Instagram-nya (@mamiraz) atau mengontaknya di miranti (at) livingloving (dot) net

RELATED POST

  1. nianastiti

    22 April

    Simpel tapi ternyata cantik juga ya :D

  2. […] digunakan. Clay salah satu prakarya yang mudah dibuat dan bisa dibentuk macem-macem. Mulai dari clay wall hanging yang juga sudah pernah kami buat pada post sebelumnya, atau bisa juga dibentuk sesuai keinginan dan […]

So, what do you think?

INSTAGRAM
KNOW US BETTER