SMALL AND MODERN APARTMENT

When it comes to limited space, you have to be more creative to design and fill in the interior. Itu kenapa kami senang sekali melihat ide-ide memaksimalkan ruangan, karena semakin lama lahan kota makin terbatas dan akhirnya tumbuhlah tempat tinggal dengan ukuran mungil. Seperti apartemen milik teman kami, Savina.

Vina memiliki sebuah studio apartement di daerah Jakarta Selatan dengan ukuran 22m². Mungkin bukan apartemen terkecil yang ada di Jakarta, tapi tentu butuh pemikiran dan perhitungan yang jeli sebelum mengisi atau mendesain interior apartemen. Itu kenapa kami pun ngobrol-ngobrol deh dengan desainer interiornya, Auderina Aliza Munir, tentang bagaimana menyiasati ruang terbatas hingga di mana saja Aude dan Vina berburu furnitur serta pernak-pernik apartemen.

small-and-cool-apartment-vina-livingloving

IMG_0047-edit

IMG_0095-edit

modern-studio-apartment-pakubuwono-terrace-livingloving

Menurut Auderina, dengan space apartemen yang terbatas ia, dibantu suaminya yang juga desainer interior, mengatur sedemikian rupa sehingga kebutuhan tetap bisa terakomodasi, namun tetap dengan desain ruang sesuai yang diinginkan Savina. Seperti area tidur yang dinaikkan ke atas sehingga terdapat ruang di bawahnya yang dimanfaatkan sebagai dressing room.

Jadi, beberapa area kegiatan memang harus overlapping. Seperti area dining yang juga sewaktu-waktu dapat digunakan sebagai working station.

IMG_0078-edit

modern-studio-apartment-pakubuwono-terrace-livingloving

Nah, mengenai konsep gaya desain interiornya,  Aude mendeskripsikan apartemen ini sebagai a complex simplicity, a complex detailed design. Pemaksimalan penggunaan space yang juga memudahkan kegiatan penghuni. Sedangkan gaya yang diterapkan adalah a completely different style from what is done now. Vina yang terlihat solid as rock di luar, ternyata soft as a cotton candy on the inside *aaaw* ;)*. Gaya yang diaplikasi Aude memang dikembangkan dari feedback dari Vina.

IMG_0101-edit

IMG_0089-edit

modern-studio-apartment-pakubuwono-terrace-livingloving

Untuk kamu yang sedang ingin mengisi apartemen atau tempat tinggal dengan area terbatas alias mungil, Auderina menyarankan untuk membuat data apa saja barang-barang yang ingin kamu masukkan ke dalam apartemen atau ruangan. Sortir satu per satu. If it fits, it fits. If not, coret dari daftar. Functionality first!

Nah, salah satu yang jadi masalah untuk ruang terbatas adalah furnitur yang digunakan. Jadi Vina dan Auderina pun memutuskan untuk membuat beberapa furnitur-nya supaya pas dengan ruang yang ada. Namun ada juga beberapa yang dibeli di IKEA. Ada banyak sekali furnitur yang cocok untuk ruang terbatas.

Oh iya, kalau kamu salah satu dari mereka yang bertanya-tanya di mana bisa mendapatkan subway tiles seperti yang terpasang di area dapur, Vina dan Auderina membelinya di toko-toko bangunan di daerah Jalan Panglima Polim, Jakarta Selatan. Happy hunting and designing! :)

PS: Why don’t you vote this lovely apartement at Apartment Therapy‘s SMALL COOL 2015 ;)

Teks oleh Dyah Ayu Wulandari dan Nike Prima

Photos courtesy of Pixel Paper Asia


Simple, functional, modern, in love with details. Nike menghabiskan masa kecilnya di Kepulauan Riau dan Sulawesi Tenggara, membuatnya merasa berbeda sejak kembali tinggal di Jakarta dan suka menikmati tempat baru. Mulai blogging sejak tahun 2000, bahkan ketika istilah blog belum ada. Ketertarikannya akan dunia media dan kreatif sudah ada sejak masih sekolah. Sebelum menjalankan Living Loving, Nike bekerja selama 7,5 tahun di industri media, kreatif dan digital. Kamu bisa melihat dan menyapanya juga di Instagram (@nikeprima) dan nike (at) livingloving (dot) net

RELATED POST

  1. kikymaharani

    12 May

    spek nya apa aja yaa itu bagus banget.. lagi pgn bikin kitchen set nih…

  2. shavimae

    25 July

    IKEA everywhere! I love the pantry so much!

    http://shaviology.blogspot.com

So, what do you think?

INSTAGRAM
KNOW US BETTER