TIPS MERAWAT TANAMAN SAAT MUDIK

Lebaran sudah dekat! Pasti banyak di antara kita yang pulang ke kampung halaman. Saya sendiri sudah di Yogyakarta sejak Rabu lalu. Kalo sudah bicara mudik, sebenarnya bukan hanya soal packing-nya aja lho yang lumayan menantang, tapi juga soal rumah yang ditinggal cukup lama. Salah satu pikiran saya adalah tanaman-tanaman yang harus kami tinggalkan sekitar dua minggu. Untung banget punya teman seperti Rangga Kuzuma, yang nggak cuma canggih di fotografi, tapi juga sayang dan pintar merawat tanaman. Rangga akan berbagi tips gimana supaya tanaman kita tetap hidup meski ditinggal dalam cukup lama.

Sebelum bicara mengenai bagaimana perawatan tanaman dirumah selama libur atau mudik lebaran, ada beberapa hal yang perlu kita ketahui. Pertama adalah kita harus tahu betul apa saja jenis tanaman yang kita miliki. Rangga sendiri punya tiga jenis tanaman, yaitu Houseplant, Kaktus/ Sukulen dan Tanaman Udara (Airplants/ Tillandsia).

tips-merawat-tanaman-rangga-kusuma-living-loving-7

tips-merawat-tanaman-rangga-kusuma-living-loving-3

tips-merawat-tanaman-rangga-kusuma-living-loving-4

Sebagian besar houseplant memang terbiasa dengan penyiraman yang dilakukan hampir setiap hari, dan beberapa hal yang perlu kita lakukan sebelum bepergian adalah mengganti media tanam dengan mengunakan tanah daripada sekam karena kandungan air pada tanah lebih lama mengering daripada sekam. Lalu sebaiknya kita menggunakan pot berbahan plastik atau keramik karena kandungan air pada pot akan tahan lebih tahan lama ketimbang pot tanah liat/ terakota.

Penggunaan alas pot juga bisa membantu kondisi tanah agar tidak cepat mengering, namun perlu diperhatikan peletakannya agar terhindar dari jentik nyamuk. Kita juga bisa menjaga kelembaban tanah dengan menutup permukaan pot dengan gravel (kerikil) atau bebatuan. Beberapa tanaman yang perlu intensitas air yang cukup banyak bisa menggunakan Water Bulb (self watering tools). Sedangkan beberapa houseplants yang menggunakan media air seperti sirih-sirihan cukup aman untuk ditinggal dengan waktu yang cukup lama, hanya saja pilih pot/ vas dengan bagian lubang yang cukup kecil agar terhindar pula dari jentik nyamuk.

Processed with VSCO with a6 preset

Nah, untuk jenis tanaman Kaktus dan Skulen lebih praktis. Kita hanya perlu menyemprot sesaat sebelum berangkat karena jenis tanaman ini bisa bertahan sampai dengan dua minggu setelah disemprot. Rangga sendiri lebih memilih untuk menyemprot daripada menyiram karena kaktus dan skulen tidak membutuhkan banyak air. Sementara untuk tanaman jenis Airplant/ Tillandsia, biasanya direndam kedalam air selama 10 menit di pagi hari sebelum pergi.

Processed with VSCO with a6 preset

tips-merawat-tanaman-rangga-kusuma-living-loving

Terakhir, peletakan tanaman juga sangat penting. Letakkan tanaman di area yang cukup terang namun tidak terkena sinar matahari secara langsung. Sebaiknya keluarkan semua tanaman ke bagian teras rumah supaya nggak terlalu lembab dan akhirnya malah membuat tanaman busuk.

tips-merawat-tanaman-rangga-kusuma-living-loving-

Dengan persiapan tersebut, mudah-mudahan kita bisa cukup tenang dalam meninggalkan tanaman-tanaman kita selama bepergian dengan waktu yang cukup lama. Selamat berlibur ya, teman-teman!

Text & photo by Rangga Kuzuma


profil-rangga-kusuma-living-lovingRangga Kuzuma, 27 tahun. Seorang videografer dan pengajar multimedia yang gemar bertanam dan belajar mengenai tanaman. Selalu berpikir bahwa bercocok tanam bisa menjadi cara yang menarik untuk mengatasi kejenuhan bagi kita yang tinggal dan bekerja di kota besar seperti Jakarta. Selain itu Rangga juga aktif di beberapa proyek yang berhubungan dengan seni dan lingkungan di Jakarta. 

 


Simple, functional, modern, in love with details. Nike menghabiskan masa kecilnya di Kepulauan Riau dan Sulawesi Tenggara, membuatnya merasa berbeda sejak kembali tinggal di Jakarta dan suka menikmati tempat baru. Mulai blogging sejak tahun 2000, bahkan ketika istilah blog belum ada. Ketertarikannya akan dunia media dan kreatif sudah ada sejak masih sekolah. Sebelum menjalankan Living Loving, Nike bekerja selama 7,5 tahun di industri media, kreatif dan digital. Kamu bisa melihat dan menyapanya juga di Instagram (@nikeprima) dan nike (at) livingloving (dot) net

RELATED POST

So, what do you think?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INSTAGRAM
KNOW US BETTER