READING

EASY ORGANIZING: ORIGAMI BOX

EASY ORGANIZING: ORIGAMI BOX

Terkadang, mengorganisir barang-barang mungil milik anak seperti pernak-pernik atau keperluan sekolah bisa menjadi sedikit tricky. Solusinya bisa dengan membeli kotak penyimpanan atau bisa juga memanfaatkan kotak bekas sepatu. Cara lain, membuat kotak sendiri dengan teknik origami.

Kalau cara melipat kertas jadi bentuk kapal atau perahu mungkin semua sudah hapal di luar kepala ya. Tapi sebenarnya banyak juga origami sederhana yang tak hanya menarik tapi juga fungsional, seperti origami masu box.

Kita bisa memanfaatkan beberapa kotak kertas ini untuk merapikan alat tulis di laci meja kerja atau koleksi jepit si kecil. Atau buat dari karton tebal dengan ukuran lebih besar lalu manfaatkan sebagai kotak hadiah. Kamu bisa lihat cara pembuatan masu box ini di Origami Instructions atau di Papercrane.org. Bahannya cukup kertas lipat saja. Kalau tidak ada kertas origami, bisa pakai kertas A4 yang digunting bentuk bujur sangkar.

diy-origami-box1

diy-origami-box2

Selain masu box, ada macam-macam tutorial origami yang menarik untuk dicoba. Salah satu situs favorit kami untuk tutorial origami, khususnya yang kids-friendly, adalah Origami Club. Di situs ini, kamu bisa menemukan tutorial macam-macam origami mulai dari bentuk tradisional, aksesori seperti cincin, bentuk modular, hingga ide dekorasi ruang. Langkah pembuatannya tersedia dalam bentuk diagram maupun animasi.

Ingin membuat origami dengan kertas bermotif lucu? Di Origami Club ada aneka motif kertas yang bisa kamu cetak sendiri di rumah jadi kertas origami berukuran 15x15cm. Kamu bisa pilih antara motif modern atau motif tradisional khas Jepang.

diy-origami-box4

sumber: en.origami-club.com

Dengan material yang terjangkau dan ratusan kemungkinan kreasi, origami cocok sebagai alternatif aktivitas kreatif untuk berkreasi bersama si kecil. Selamat mencoba!

 

foto oleh Nitya Krisna
origami dan styling oleh Filicia


Penyuka craft yang lebih senang dapat voucher toko buku dibanding voucher baju. Ibu satu putri yang akrab dipanggil Mamir ini selalu sibuk cari inspirasi dekor atau palet warna di internet sambil menyantap segala macam penganan yang ada di studio Living Loving. Kamu bisa menyapa Mamir di akun Instagram-nya (@mamiraz) atau mengontaknya di miranti (at) livingloving (dot) net

RELATED POST

So, what do you think?

INSTAGRAM
KNOW US BETTER