HAND LETTERING TIPS AND IDEAS

Hand lettering, calligraphy, and typography. Itu bukannya sama saja ya? Bedanya apa sih? Itu juga pertanyaan saya waktu dulu pertama tertarik lettering. Beberapa orang di sekitar saya juga sering menanyakan hal yang sama. Erwin Indrawan, salah satu lettering artist Indonesia favorit saya, juga pernah menjelaskannya di artikel Paper and Ink yang publish di blog ini tahun lalu. Untuk singkat cerita, saya mencuplik sedikit penjelasan dari salah satu artikel di situs Canva.

The differences between the three are slight, yet important. Calligraphy is writing with a single pass to create written art, hand-lettering is a composition created with drawn letters, and typography uses prefabricated and designed letters.

Saya suka dengan freehand brush lettering karena merasa lebih bebas dan bisa menulis “seenaknya”. Tapi saya tetap merasa perlu belajar pakem-pakem lettering seperti komposisi, anatomi huruf, dan lain sebagainya. Ada banyak sekali referensi seputar hand lettering dan tipografi yang ada di internet dan buku-buku (yang sayangnya masih buku import, saya belum menemukan referensi lokal). Salah satu buku yang saya suka adalah Hand Lettering Ledger karya Mary-Kate McDevitt.

Mary-Kate McDevitt adalah seorang lettering artist dan ilustrator yang sudah mengerjakan banyak project baik untuk logo, cover buku, juga iklan. Di buku karyanya ini, dia menjelaskan tentang tipografi disertai contoh dan halaman kosong untuk latihan menulis. You can get it on our shop, we only have 2 copies of this book!

design-lettering-tips-and-ideas-4 design-lettering-tips-and-ideas-3

Saya juga suka artikel “Hand Lettering Design: 40 Stunning Examples to Inspire You” dari Canva Design School. Selain ada tips buat desain lettering, artikel ini juga memberi beberapa ide untuk memancing inspirasi saat menulis. Saya pribadi suka desain kreasi Amy Henry Imdieke di bawah ini karena komposisinya simpel tapi detail hurufnya keren dan nyambung dengan makna tulisan (menggunakan sulur tanaman Hop). Juga karya Julien Rodaut yang ada macam-macam gaya lettering dalam satu poster.

Lettering design by Amy Henry Imdieke

design-lettering-tips-and-ideas-1

Lettering design by Julien Rodaut

Selain artikel tersebut, ada juga beberapa artikel lain seputar hand lettering, tipografi, juga tips desain grafis lain di Canva Design School. Kami sendiri biasa menggunakan Canva untuk membuat poster event Living Loving. Cukup simpel dan ada banyak pilihan template, baik yang free maupun yang berbayar. Quite easy to use, and it’s fun!


Penyuka craft yang lebih senang dapat voucher toko buku dibanding voucher baju. Ibu satu putri yang akrab dipanggil Mamir ini selalu sibuk cari inspirasi dekor atau palet warna di internet sambil menyantap segala macam penganan yang ada di studio Living Loving. Kamu bisa menyapa Mamir di akun Instagram-nya (@mamiraz) atau mengontaknya di miranti (at) livingloving (dot) net

RELATED POST

So, what do you think?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INSTAGRAM
KNOW US BETTER