READING

JELAJAH KOTA BERSAMA KELUARGA: JAKARTA, BANDUNG, Y...

JELAJAH KOTA BERSAMA KELUARGA: JAKARTA, BANDUNG, YOGYAKARTA

Sejak bulan Maret lalu, kami dan Selai Morin berkolaborasi lewat #LLxMorinInspiredFamily dengan memberikan berbagai inspirasi yang bisa memgembangkan kreativitas aktivitas keluarga, dari mulai picnic playdate dengan resep praktis dengan selai Morin kreasi sendiri, DIY project dengan wadah selai Morin sampai workshop ibu-anak. Nah, mengingat bulan ini sudah masuk masa liburan, jadi kali ini kami mau berbagi rekomendasi tempat di Jakarta, Bandung dan Yogyakarta yang menurut kami cocok buat keluarga.

Tempat yang kami rekomendasikan termasuk penginapan, restoran, taman hingga perpustakaan yang cocok buat anak-anak.

 

JAKARTA

sponsored-post-morin-city-guide-jakarta-bandung-yogyakarta-living-loving-18

 

DoubleTree by Hilton

sponsored-post-morin-city-guide-jakarta-bandung-yogyakarta-living-loving-6
Salah satu pertimbangan utama saat menyiapkan itinerary jalan-jalan bersama keluarga adalah hotel yang cocok buat anak-anak, dan kalau kita reservasi info mengenai ini biasanya nggak terpampang jelas di online booking agents. Itu kenapa kami juga merekomendasikan penginapan. Di Jakarta, DoubleTree Hotel by Hilton yang baru dibuka tahun 2015 lalu ini termasuk family-friendly hotel.

Dilengkapi dengan kolam renang, dan kids club yang buka saat weekend. Hotel ini cocok juga buat keluarga Jakarta yang ingin liburan singkat tapi tetap bikin anak-anak happy. Kebetulan Kira sempat diajak Opa dan Oma-nya menginap di sini, dan dia seneng banget karena ada area bermain plus dapat cookies.

Alamat:
Jl Pegangsaan Timur No.17 Cikini, Jakarta 10310, Indonesia
Tel: 021-3190 4433
Instagram: @doubletreejkt

 

Perpustakaan Umum Daerah DKI Jakarta

sponsored-post-morin-city-guide-jakarta-bandung-yogyakarta-living-loving-7
Belum banyak yang tahu kalau di TIM ada perpustakaan yang cukup besar dan nyaman. Koleksi buku anak tersedia di lantai 2. Pilihan bukunya cukup beragam dari mulai buku cerita rakyat, dongeng Indonesia, ensiklopedi, Lego dictionary, sampai buku karangan Shel Silverstein! Yang jadi favorit, disini ada 2 area bermain. Satu area bermain kecil berisi aneka puzzle dan balok. Lalu area bermain besar semi terbuka yang luaaaas sekali berisi mini playground dan mobil-mobilan. Hanya saja area ini diperuntukkan bagi anak di bawah umur 5 tahun.

Perpustakaan Umum Daerah ini tidak memungut biaya masuk. Setiap pengunjung tidak diperbolehkan membawa tas dan makanan ke area membaca. Namun tersedia loker untuk menyimpan barang dan bekal yang dibawa.

Alamat:
Taman Ismail Marzuki, Jl. Cikini Raya No. 73, Menteng.
(di belakang markas pemadam kebakaran, sebelah planetarium)
Jam operasional: Senin-Jum’at, pukul 09.00-20.00 | Sabtu, Minggu: 09.00-18.00
Hari libur nasional/ cuti bersama: Tutup

 

Twinhouse

sponsored-post-morin-city-guide-jakarta-bandung-yogyakarta-living-loving-8
Awalnya, kami justru sering mampir ke Kedai Halaman yang letaknya masih satu area dengan restoran ini saat belum berganti nama menjadi Twinhouse. Tempatnya yang luas dan rindang langsung membuat Twinhouse jadi salah satu restoran/kafe yang cocok banget untuk mereka yang membawa anak-anak. Itu kenapa Morin dan kami memilih Twinhouse untuk workshop kreatif bulan lalu. Ternyata pilihan ini tepat banget, karena anak-anak jadi nggak bosan selama di sana. Kalau sudah jenuh di area dalam, mereka tinggal keluar aja buat sekadar lari-lari atau mengeksplorasi sekitar.

Oya, selain itu makanan dan minumannya juga enak. Salah satu favorit kami adalah Dory Sambal Matah. Kisaran harganya mulai dari Rp 20.000,- hingga Rp 52.000,- untuk makanan, dan Rp 10.000,- hingga Rp 40.000,- untuk minuman.

Alamat:
Jl. Cipete Raya no. 4B, Jakarta Selatan
Tel: 0878 7696 7028
Instagram: @twinhouse_cipete

 

Srsly Coffee

sponsored-post-morin-city-guide-jakarta-bandung-yogyakarta-living-loving-9
Nah, nggak jauh dari Twinhouse (tepatnya hanya nyebrang sedikit) ada tempat ngopi yang sekarang jadi favorit kami. Srsly Coffee yang baru buka tahun ini punya area indoor dan outdoor yang luas jadi terasa lega banget untuk bawa anak-anak, meski kita harus siapkan aktivitas sendiri seperti buku bacaan atau mainan kecil supaya anak-anak nggak cepat bosan.

Mejanya yang lebar dengan tinggi yang pas juga cocok buat ingin bekerja. Kopinya lumayan dan ada beberapa pilihan makanan berat seperti pasta dan sandwich. Kisaran harganya mulai dari Rp 20.000,- hingga Rp 60.000,- untuk makanan, dan Rp 20.000,- hingga Rp 40.000,- untuk minuman.

Alamat:
Jl. Cipete Raya no. 7C, Jakarta Selatan
Tel: 021-769 5162
Instagram: @srslycoffee

 

BANDUNG

sponsored-post-morin-city-guide-jakarta-bandung-yogyakarta-living-loving-19

 

Pustaka Lana

sponsored-post-morin-city-guide-jakarta-bandung-yogyakarta-living-loving-10Perpustakaan nyaman dengan koleksi buku yang menarik ini baru dibuka kembali bulan Desember tahun lalu. Selain jadi tempat membaca, Pustaka Lana juga memiliki club untuk anak dan orang tua yang diisi berbagai kegiatan mulai dari reading corner, explorer club, hingga yoga untuk ibu dan anak.

Ada beberapa tipe membership yang bisa dipilih. Masing-masing memiliki ketentuan berbeda mengenai jumlah buku yang bisa dipinjam. Tapi kalau mau masuk sebagai non-member pun bisa, hanya dikenakan biaya Rp10.000/ anak per kedatangan dan sudah bisa baca buku sepuasnya di Pustaka Lana.

Alamat:
Jl. Taman Cibeunying Selatan No.5, Bandung
Jam Operasional : Selasa-Sabtu 09.30-16.00 WIB
Tel: 0896-2020-4926
Instagram: @pustakalana

 

Miss Bee Providore

sponsored-post-morin-city-guide-jakarta-bandung-yogyakarta-living-loving-11Ini adalah salah satu kafe favorit kami karena selain tempatnya asri dan cukup luas, makanannya pun enak. Ada dua area yang bisa dipilih untuk tempat makan, area berbentuk bangunan rumah lama dengan playground kecil di bagian dalam, dan area rumah kaca dengan view menghadap ke taman depan. Anak-anak bisa bermain jungkat-jungkit dan ayunan di taman ini, dan kalau sedang tidak hujan bisa melihat kelinci angora di sarang berbentuk bukit-bukit kecil di salah satu sudut taman.

Harga makanan dan minuman disini berkisar antara Rp 18.000,- sampai Rp 150.000,-. Porsinya cukup besar jadi dijamin kenyang. Ada juga beberapa pilihan menu khusus untuk anak-anak.

Alamat:
Jl. Rancabentang no 11A, Ciumbuleuit – Bandung
Tel: 022-203 3613
Instagram: @missbee_providore

 

Padma Hotel

sponsored-post-morin-city-guide-jakarta-bandung-yogyakarta-living-loving-12
Berada tak jauh dari Miss Bee, masih di wilayah Ciumbuleuit, ada Padma Hotel dengan pemandangan lembah hijau yang cantik. Terdapat playground yang luas dan kids pool. Saat akhir pekan atau hari libur, biasanya diadakan aktivitas kreatif untuk anak-anak. Karena lokasinya “agak di atas” jadi di pagi dan malam hari udaranya sejuk sekali. Kamu juga bisa menyewa kuda untuk mengelilingi area hotel sambil melihat-lihat pemandangan di sekitarnya.

Alamat:
Jl. Ranca Bentang 56-58, Ciumbuleuit – Bandung
Tel: 022-203 0333
Instagram: @padmabandung

 

Taman Hutan Raya Djuanda

sponsored-post-morin-city-guide-jakarta-bandung-yogyakarta-living-loving-13
Pertama kali kesini waktu ulang tahun Nike beberapa waktu lalu. Kami masuk dari pintu Maribaya, tapi kalau membawa anak-anak mungkin lebih baik masuk dari pintu Dago Pakar. Ada area playground untuk tempat anak-anak bermain. Ada beberpa curug dan goa yang bisa dikunjungi. Tapi bisa juga ajak anak kesini untuk sekedar piknik sambil menggambar dan menikmati suasana.

Alamat:
Jl. Ir. H Juanda, Lembang, Jawa Barat
Jam operasional: 08.00 – 18.00 WIB

 

YOGYAKARTA

sponsored-post-morin-city-guide-jakarta-bandung-yogyakarta-living-loving-17

 

Adhisthana Hotel

sponsored-post-morin-city-guide-jakarta-bandung-yogyakarta-living-loving-1
Salah satu daerah wisata di Yogyakarta yang ramai dikunjungi wisatawan terletak di daerah selatan kota ini. Sebut saja pusat kerajinan perak Kota Gede, Komplek Keraton Yogyakarta, jalan Malioboro, atau pusat kerajinan batik, lokasinya berada di selatan Yogyakarta. Jika kamu berniat untuk liburan ke Yogya, sebaiknya pilih hotel atau penginapan yang ada di sekitar daerah selatan, seperti jalan Parangtritis, Prawirotaman, atau Tirtodipuran. Salah satu yang jadi rekomendasi adalah Adhistana Hotel.

Adhistana Hotel ini berada tepat di tengah pusat keramaian selatan Yogyakarta, dengan jejeran café-café kecil yang menarik juga beberapa toko kerajinan dan barang-barang antik. Kalau kamu berlibur dengan keluarga, superior room yang terkoneksi dengan deluxe room di hotel ini bisa jadi pilihan yang pas. Kamarnya cukup luas dan nyaman, interior yang manis dengan nuansa biru dan putih juga membuat suasana liburan semakin rileks. Selain itu, ada pula fasilitas kolam renang, coffee shop 24 jam. Rate-nya mulai dari Rp325.000 hingga Rp900.000.

Alamat:
Jl. Prawirotaman 2 No.613, Brontokusuman, Mergangsan, Yogyakarta.
Tel: 0274-413 888
Instagram: @adhisthana

 

Woodpecker Pavillion

sponsored-post-morin-city-guide-jakarta-bandung-yogyakarta-living-loving-3
Kalau ingin merasakan suasana yang lebih “kota”, coba deh menginap di hotel ini. Lokasinya cukup dekat dengan distro, butik, resto dan juga coffee shop dengan interior modern. Selain itu, nggak jauh juga dari Ambarukmo Plaza, salah satu mall yang cukup hip di kota ini, dan hanya beberapa menit dari bandara.

Woodpecker Pavilion menawarkan dua kelas kamar yaitu Deluxe dan Family Room. Dengan rate mulai dari Rp245.000 hingga Rp480.000. Oya, walaupun Woodpecker Pavilion tidak memiliki kolam renang atau area bermain untuk anak, namun tersedia teras dan area duduk yang nyaman untuk sekedar bersantai dan menikmati sore, sambil disuguhi pemandangan kota. Selain itu, di lantai 2 terdapat Sky Wiz resto yang juga dibuka untuk umum.

Alamat:
Jl. Kenari no. 4, Demangan
Tel: 0274-292 1149
Instagram: @woodpecker.pav

 

Nanamia Pizzeria

sponsored-post-tempat-keluarga-jakarta-bandung-yogyakarta-morin-living-loving-nanamia-pizzeria-1
Kuliner Yogyakarta nggak melulu gudeg dan bakpia saja, lho. Ada banyak resto yang menyajikan sajian lezat mulai dari masakan tradisional hingga mancanegara. Salah satu yang kami suka dan pernah dicoba adalah Nanamia Pizzeria yang mengusung konsep tradisional Italia dengan menu andalan pizza dan pasta.

Buka setiap hari mulai pukul 12 siang hingga 11 malam (last order jam 22:00), Nanamia Pizzeria yang ada di jalan Tirtodipuran ini suasananya nyaman sekali seperti di halaman belakang rumah yang luas dan asri. Rimbunan tanaman hijau, pohon besar, dan rumput yang hijau dan luas, bisa jadi area yang menarik untuk anak-anak bermain dan berlarian bebas. Selain itu, tersedia pula area khusus bermain anak yang dilengkapi dengan beanbags, buku bergambar dan permainan lainnya. Kisaran harga mulai dari Rp23.000 hingga Rp68.000 untuk makanan, dan Rp9.000 hingga Rp35.000 untuk minuman.

Alamat:
Jalan Tirtodipuran No. 1, Mantrijeron, Yogyakarta
Tel: 0274-450 826
Instagram: @nanamiapizzeria

 

Kopi Klotok

sponsored-post-morin-city-guide-jakarta-bandung-yogyakarta-living-loving-4
Kaliurang adalah kawasan wisata di Yogyakarta yang sudah umum menjadi tujuan liburan wisatawan. Namun, belum banyak yang tahu bahwa dalam perjalanan menuju ke Kaliurang, terdapat spot kuliner yang menarik di pinggir jalan raya Kaliurang. Namanya adalah Kopi Klotok. Warung makan yang menawarkan kuliner “ndeso” dengan suasana Yogya yang kental terasa dari bangunan joglo dan sawah yang mengelilinginya.

Menu andalan di tempat ini adalah sayur lodeh. Selain itu, juga terdapat dua pilihan nasi yaitu nasi putih biasa dan Sego Megono. Ada juga cemilan yang bisa dinikkmati sambil mengobrol. Areanya juga lumayan luas, jadi anak-anak bisa bermain di taman samping joglo atau di sekitar sawah yang mengelilinginya.

Alamat:
Jalan Kaliurang KM 16, Pakem, Sleman, Yogyakarta.

 

Warung Bumi – Bumi Langit Institute

sponsored-post-morin-city-guide-jakarta-bandung-yogyakarta-living-loving-5
Buat yang suka dengan wisata alam, bisa mampir juga ke kebun permakultur seluas 3 hektar di daerah Imogiri ini. Di sana ada Warung Bumi. Resto yang sebagian besar menunya dimasak dari bahan-bahan hasil panen kebun mereka sendiri. Selain itu, kita dapat membeli selai buatan rumahan, dan roti sourdough hangat yang terbuat dari sorghum. Oya, Bumi Langit Institute juga menyediakan tur kebun dengan tambahan Rp15.000 / orang, di mana kita akan diajak berkeliling kebun dan diperkenalkan dengan permakultur.

Alamat:
Jl Imogiri – Mangunan KM 3, Desa Giriloyo, Imogiri, Bantul
Jam operasional : Selasa – Minggu, pukul 08.00-16.00
Tel: 0811 195 957
Instagram: @bumilangit.official

Sebenarnya ada banyak sekali tempat lain di tiga kota ini yang juga menarik dan pas untuk keluarga. Kalau kamu mau berbagi info, boleh banget yuk isi kolom komentar di bawah blogpost ini. ;)

Oya, aktivitas seru dengan keluarga juga nggak selalu harus di luar rumah, kok. Misalnya membuat cemilan atau minuman, justru lebih menyenangkan kalau dilakukan di rumah. Nah, kamu juga bisa cek website Selai Morin untuk ide-ide resep yang bisa dipraktekkan dengan si kecil.

 

Text by Nike Prima, Miranti and Putri Santoso (Yogyakarta)
Photos by Doubletree Hilton via website, Gogirlmagz.com (Perpustakaan Umum), Nitya (Srsly Coffee), Zomato (Twinhouse), Sazkia Rosseina (Pustaka Lana), Filicia (Srsly Coffee, Miss Bee , Taman Hutan Raya), Padma Hotel via website, Swandi Ranadila (Yogyakarta)


RELATED POST

  1. menarik sekali jalan2nyaa..bisa buat referensi untuk refreshing. Mungkin kalau ke jogja lagi, bisa coba kampung labasan resort. Tempatnya seru, alami & edukatif. Cocok buat keluarga :)

  2. Aaak, makasii makasiii keren banget semua rekomendasinya :)

  3. leilaniwanda

    24 November

    Kemarin sempat ada acara di Double Tree dan alhamdulillah ya ada Kids Cornernya, hehehe…tapi jadinya nggak seluas yang di foto sih, soalnya space-nya dipakai buat perosotan, trampolin, dkk (baru kali ya?).

So, what do you think?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INSTAGRAM
KNOW US BETTER