TANAMAN HIAS UNTUK TERAS RUMAH

Bulan ini kami menulis artikel di Style and Decor edisi September tentang jenis tanaman hias untuk luar rumah. Berkat tanaman hias, tidak masalah apakah teras yang kamu punya itu luas atau sebatas balkon kecil, seperti di apartemen, kamu tetap dapat mempercantik penampilannya. Inilah lima jenis tanaman hias yang kami rekomendasikan berdasarkan kemudahan cara merawatnya.

sponsored-style-decor-tanaman-teras-sirihgadingSirih Gading (Epipremnum aureum)
Tanaman rambat semi-epifit ini beradaptasi dengan baik di mana pun ia berada, entah itu menempel di pohon, di atas pot berisi tanah, atau dalam vas kaca berisi air.
Perawatan: Sebagai tanaman gantung bermedia tanah, sirih gading cukup kamu siram satu hari sekali di dekat bagian akar. Silakan tambahkan kompos atau pupuk organik berbentuk butiran sesekali supaya tetap subur. Di dalam vas berisi air, ganti air 2-3 hari sekali dan pangkas akar saat mulai kelihatan memadati vas.
Harga: Rp40.000-Rp45.000

 

 

Lidah Mertua (Sansivieria trifasciata)sponsored-style-decor-tanaman-teras-sansevieria
Selain mempunyai bentuk yang menarik, lidah mertua bermanfaat untuk mengurangi polusi udara.
Perawatan: Lidah mertua suka media tanam yang berpori. Oleh karena itu, gunakan campuran tanah, pasir, sekam bakar, dan pupuk organik dengan perbandingan 1:1:1:1. Dua hari sekali, tempatkan pot di area yang mendapatkan sinar matahari langsung, khususnya matahari pagi. Siram di dekat akar dua kali dalam satu minggu. Sesekali, berikan pupuk yang dapat terurai dalam jangka waktu lama (slow release fertilizer).
 Harga: Rp20.000

 

sponsored-style-decor-tanaman-teras-caladium

 

Keladi Hias (Caladium sp.)
Jenis tanaman ini banyak sekali macamnya. Satu hal yang menjadi daya tarik utamanya adalah bentuk daun dengan warna dan corak yang beragam.
Perawatan: Siram tanaman sekali sehari di dekat akar. Pastikan tanaman mendapat intensitas cahaya matahari sekitar 50-70% setiap hari. Kekurangan sinar membuat warna daun memucat, sedangkan kelebihan sinar matahari membuat daun jadi kuning atau kecokelatan. Lakukan pemupukan setiap satu bulan sekali menggunakan kompos.
Harga: Rp40.000-75.000

 

Tanduk Rusa (Platycerium)sponsored-style-decor-tanaman-teras-tanduk-rusa
Tanaman ini terdiri dari dua jenis: berdaun tegak dan berdaun menjuntai. Sebagai tanaman epifit, tanduk rusa menyukai tempat hidup yang teduh atau tidak langsung memperoleh sinar matahari.
Perawatan: Lakukan penyiraman hanya bila tanaman terlihat layu. Sesekali, lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk cair. Semprotkan pupuk ke bagian akar.
Harga: Rp85.000-425.000

 

sponsored-style-decor-tanaman-teras-monstera

 

Monstera (Monstera deliciosa)
Monstera merupakan jenis tanaman yang tidak bisa terkena sinar matahari langsung. Oleh sebab itu, sebaiknya tempatkan Monstera di bagian teras yang teduh.
Perawatan: Siram tanaman setiap 2-3 kali seminggu. Pangkas daun untuk menjaga bentuknya tetap ramping dan tidak terlalu lebat. Jangan lupa pula untuk melakukan pemupukan secara berkala.
Harga: Rp37.000-Rp50.000

 

 

VARIASIKAN WADAHNYA
Nah, supaya lebih cantik, kamu bisa mainkan penataan tanaman dengan memilih wadah tanam yang berbeda. Berikut tiga cara yang kami pilih untuk men-display tanaman-tanaman tadi:

1. Tanam dalam pot
Sansevieria dan keladi hias bisa kamu tanam di pot berukuran kecil atau sedang untuk di teras atau di atas meja kecil. Sementara untuk Monstera, karena ukurannya cukup besar, coba tempatkan di dalam pot yang kokoh seperti tanah liat atau keramik, lalu posisikan di lantai di sudut ruang.

2. Tanam dalam pot gantung
Sirih gading adalah tanaman merambat yang cantik bila ditanam di dalam pot gantung. Pot gantung memungkinkan daun untuk menjuntai ke bawah. Bisa pula ditempatkan dalam pot lalu diletakkan di atas ambalan.

3. Pajang di dinding
Tanduk rusa dapat ditampilkan dengan cara ditempel pada papan kayu dengan media tanam lumut. Pasang papan tersebut menempel di dinding. Kalau menginginkan tanaman untuk menutupi permukaan dinding, coba pilih Lee Kwan Yew (curtain creeper) yang bisa tumbuh menjuntai seperti tirai, atau tanaman Dolar rambat.

Baca tulisan lengkap seputar tanaman untuk teras rumah serta ide dan inspirasi untuk mendekor bagian luar rumah di majalah Style and Decor edisi September 2017.

*teks oleh Fifi Juliana Jelita
*ilustrasi oleh Miranti Andi Kasim
*feature image oleh Nike Prima
*info harga tanaman via bibitbunga.com

 


Fifi Juliana, 33 tahun. Sempat bekerja di majalah Martha Stewart Living Indonesia selama 5 tahun, kini kegiatan ibu satu putri ini berputar pada kegiatan antar-jemput anak sekolah sambil menulis lepas, membuat prakarya, dan membaca buku sastra kesukaannya.


RELATED POST

  1. Halo Mbak Fifi, terima kasih artikelnya, memang sekarang lagi in banget ya 5 jenis itu.. apalagi Monstera hehe

    Oiya, mohon maaf, aku mau kasih masukan sedikit, untuk nama latin kata kedua harusnya huruf kecil semua.. Misalnya Epipremnum aureum. Demikian, hehe

    • Miranti

      14 September

      Terimakasih untuk koreksinya, Diny :)

  2. Tanto

    17 September

    Nice info! Monstera sepertinya bagus.

  3. Resa

    19 September

    tanaman yang bergantung panjang ke bawah itu apa namanya mbak?

    • Miranti

      19 September

      Maksudnya yang di foto pertama ya? yang menjuntai di dinding? Itu nama tanamannya biasa disebut Lee Kwan Yew. :)

  4. Terimakasih atas sharing ilmu dan pengetahuannya. Semoga selalu menjadi manfaat bagi semuanya. Salam sukses selalu. Amin
    http://jasacanopy.co

  5. MarG

    11 May

    Hi Mbak, mau lagi dong artikel tentang jenis2 tanaman.. terutama yg unik2 dan kita yang awam jarang tau namanya.. contoh yang ada di foto rumah anggi dan adit (lovely nest).. thank you

So, what do you think?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INSTAGRAM
KNOW US BETTER