MOVING MEMORIES

Kalau lagi liburan, bawaannya nggak pengen pulang (Semua juga gitu, haha…). Selain rindu masa liburan karena bisa rileks dan istirahat, yang juga nggak kalah bikin kangen adalah suasana tempat yang didatangi. Apalagi kalau tempat liburan itu baru pertama kita datangi. Seperti Nike yang girang waktu liburan sekaligus nonton U2 di London atau waktu saya ke Perancis mengunjungi kakak sekalian road trip ke beberapa negara. Foto-foto tentu saja jadi hal wajib yang harus-kudu-mesti dilakukan. Paling nggak kalau ga mau foto diri ya minimal foto tempat yang didatangi. Eh tapi foto diri perlu juga sih buat bukti kalau kita sempat eksis disana :p

Tapi kadang ada kalanya foto kurang bisa menangkap suasana saat liburan. Pilihan berikutnya adalah mengabadikan momen atau mood liburan melalui video. Jadi saat menonton ulang di rumah lebih mudah untuk mengingat suasana tempat liburan kita. Seperti Nike yang kemarin mengemas momen perjalanannya dalam bentuk video. Nah, apa aja sih yang perlu kita siapin untuk bikin dokumentasi video. Teman kami, Tommy yang juga videografer berbagi tips membuat travel video.

Tommy, yang saat ini berdomisili di Paris, cukup sering memotret atau mengerjakan project video bernama Videoparis. Salah satu karyanya adalah travel video. Tertarik untuk membuat video perjalanan liburanmu? Tommy berbagi beberapa tips berikut ini:

1. Peralatan apa aja yang minimal harus kita punya biar bisa bikin travel video sederhana?
Kamera atau smart phone. Biasanya hampir semua kamera digital sekarang ada feature video juga.

2. Persiapan apa yang biasa dilakukan sebelum syuting sewaktu traveling?
Ekstra baterai dan ekstra memory card. Kalau kamu memakai smartphone yang kapasitas memory nya kecil. Bisa dengan trik ini: setiap malam kirim video kalian dr phone ke email kalian sendiri, lalu hapus file di smartphone, sehingga ada kapasitas lagi untuk ambil video lainnya. Jadi setelah pulang, kalian bisa men-download file tersebut dari email dan mulai mengedit.

Mengambil gambar perjalanan tidak perlu panjang durasinya, cukup beberapa detik, karena nantinya akan dijadikan satu video di proses editing. Klip video berdurasi pendek ini juga demi menghemat kapasitas memory card. Selain itu varian gambar yang kita bisa rekam pun makin banyak.

3. Biasanya kita suka bingung mau nge-shoot apa. Punya tips untuk dapat objek dan angle yg menarik?
Sebenarnya karena ini video perjalanan kamu, ambil saja semua yang kamu anggap menarik dan/ atau ingin kamu dokumentasikan, apa saja tidak ada aturannya.

Bisa pose kalian atau keluarga di depan kamera atau seolah mengikuti dari belakang saudara atau teman. Bisa juga dari segi pandang kalian. Monumen, makanan, alat transportasi, barang di pinggir jalan yang kalian anggap unik. Apa saja.

Ambil juga beberapa video pendek di dalam pesawat, kereta, bus, atau mobil yang kalian tumpangi. Klip ini nantinya bisa berguna saat editing untuk transisi gambar dari satu tempat ke tempat lain.

4. Biasanya ngedit pakai program apa? Ada rekomendasi program video editing yg cukup mudah dimengerti buat temen-temen yang baru mau coba bikin video travel?
Saya menggunakan Final Cut Pro, tetapi banyak program lain yang lebih mudah seperti iMovie (untuk produk Apple). Kalau untuk komputer dengan sistem operasi Windows mungkin bisa pakai Movie Maker yang simpel. Atau juga banyak aplikasi editing gratisan yang bisa diinstall di atau tablet/ iPad.

5. Apa tips biar hasil editannya enak dilihat?
Fungsi editan agar kalian dapat hanya menampilkan visual yang menarik dan menyenangkan. Coba masukkan klip video perjalanan kalian secara kronologis. Kemudian edit dan masukan lagu yang cocok dengan mood perjalanan tersebut. Coba tampilkan visual yang banyak tawa atau unik, sehingga secara keseluruhan bisa dapat kesan video perjalanan yang menyenangkan.

Itu tadi tips dari Tommy untuk membuat video perjalanan. Waktu liburan saya ke Perancis musim panas tahun lalu, Tommy yang menemani saya dan keluarga menjelajahi sudut-sudut kota Paris. Tommy juga berhasil menangkap mood dan suasana cantik kota Montmartre dalam video yang dia buat. Dan kalau lihat yang seru-seru gini, Sabria pun penasaran dan minta ikutan bantuin deh..hihi.

tips-travel-video-paris2

Thanks a lot, Tommy! We really love it! Here’s the video…

 

ABOUT TOMMY

OLYMPUS DIGITAL CAMERATommy Hartanto, sebelumnya bekerja sebagai Art Director di Advertising Agencies di Jakarta. Setelah menyelesaikan sekolah film di Paris, kini ia mencoba tantangan baru bekerja sebagai videographer dan photographer. Lihat kreasinya di www.videoparis.net


Penyuka craft yang lebih senang dapat voucher toko buku dibanding voucher baju. Ibu satu putri yang akrab dipanggil Mamir ini selalu sibuk cari inspirasi dekor atau palet warna di internet sambil menyantap segala macam penganan yang ada di studio Living Loving. Kamu bisa menyapa Mamir di akun Instagram-nya (@mamiraz) atau mengontaknya di miranti (at) livingloving (dot) net

RELATED POST

  1. Mia

    7 April

    Waaa videonya kereen bgt! Ah iya bener juga. Kalau klipnya terlalu panjang ngeditnya melelahkan ya

    • Nike Prima

      11 April

      Thank you, Mia. Iya, kalo klip terlalu panjang jadi menghabiskan waktu banget saat mengedit. apalagi output video yang diinginkan biasanya ga lebih dari 3 menit. :)

  2. bagus banget videonya :)
    buat tips edit nya dong hehe.

    Makasih

    • Nike Prima

      11 April

      hai mba, iya semoga nanti bisa segera kasih tips buat editingnya. sekarang ini sih, aplikasi/software editor sudah lumayan mudah dioperasikan.

  3. “Tapi kadang ada kalanya foto kurang bisa menangkap suasana saat liburan. Pilihan berikutnya adalah mengabadikan momen atau mood liburan melalui video. Jadi saat menonton ulang di rumah lebih mudah untuk mengingat suasana tempat liburan kita.”

    Tulisan di atas persis dg konsep yg aku pakai ahir2 ini ketika aku lg liburan :) Kalo tba2 inget sama tempat liburan yg dulu pernah didatengin, tinggal liat video yg udah dibikin, dan emang ngingetin sama suasana liburan yg udah dicapture dlm video.

    *Jadi semangat ngedit materi2 video liburan yg ampe skrg belum sempet diedit, plus smangat nabung buat beli stabilizer biar video yg dibikin makin cinematic

    Tks livingloving :)

  4. Tiananda

    11 May

    Bagus banget videonya <3 apalagi soundtracknya la vie en rose, berasa ikutan ke Paris hihihii.. Penempatan motion dengan lagu juga pas banget ya, di lagu ada suara akordeon, ehhh di videonya juga pas ada akordeon :D

So, what do you think?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INSTAGRAM
KNOW US BETTER