SCARVES IN STYLE: HOW TO WEAR IT

Bisa dibilang, scarf itu aksesori fashion yang sangat multifungsi.

Saat udara panas dan kering, selembar scarf tipis bisa kita pakai untuk menjaga kepala dari sengatan sinar matahari atau melindungi pernafasan dari debu dan kotoran yang berterbangan. Sementara ketika cuaca dingin atau di tengah musim hujan, lilitan kain scarf yang tebal pada leher bisa memberikan kehangatan yang kita butuhkan.

Bukan hanya soal fungsi, alasan lain mengapa scarf jadi menarik untuk kita bahas, yaitu karena scarf juga memiliki bentuk, ukuran, dan corak yang bermacam. Beberapa kali pernah kami mendapat pertanyaan dari pembaca tentang cara menggunakan scarf, seperti yang Nike terapkan di beberapa kesempatan. Nah, ini adalah jawabannya!

Tahu nggak, pada zaman Romawi dulu, scarf itu hanya dipakai oleh laki-laki, lho. Itu pun sebatas kain untuk lap keringat bagi mereka yang bekerja di luar ruangan. Fungsi scarf baru beranjak jadi aksesori fashion pada sekitar awal abad 19. Para selebriti, terutama aktor dan aktris Hollywood, menerapkan scarf sebagai salah satu benda wajib dalam penampilan mereka, baik itu di dalam film ataupun dalam kehidupan sehari-hari.

Masih inget nggak, sosok Holly Golightly/Lula Mae Barnes yang diperankan oleh Audrey Hepburn dalam film Breakfast at Tiffany’s (1961)? Di film itu, ada beberapa kali, ia mengenakan scarf sebagai pelengkap penampilan. Pertama, saat duduk di tepi jendela apartemen sambil memainkan gitar, menyanyikan lagu “Moon River”. Di atas kepalanya, melilit selembar kain berwarna putih. Lepas dari yang memakai scarf itu adalah Audrey Hepburn, (ya sudahlah, dia memang sudah kece dari lahir. He-he), tapi penempatan scarf dengan cara mengikatnya sederhana di atas kepala itu tampak manis banget. Lalu, di akhir film. Ia memadukan scarf dengan polo shirt hitam dan rok herringbone hitam bersama jaket panjang beige dan kacamata hitam, menampilkan kesan anggun yang rasanya akan terus melekat di kepala siapa pun, sampai kapan pun juga, ya.

Kali ini, kami coba mengkreasikan beberapa gaya, menggunakan beberapa scarf dengan ukuran yang berbeda. Scarf persegi besar milik Coucou Co. sedangkan scarf persegi kecil dari Sukkhacitta.

Scarf persegi besar itu memiliki tekstur kain yang agak mengkilap dan jatuh saat dikenakan. Jadi mungkin penerapannya harus lebih dipertimbangkan, terutama kalau ingin dikenakan di rambut. Takutnya merosot merosot terus. Mungkin kalaupun mau dikenakan di rambut, coba bantu dengan jepit kecil di bagian kiri dan kanan, ya. Kalau scarf kecil terbuat dari katun sehingga lebih ajek saat dikenakan di rambut. Selain itu, bisa juga dililit di leher sebagai aksen supaya terlihat lebih chic.

Gaya 1: Headband
Ini gaya yang paling sering Nike kenakan. Alasannya sederhana: sebagai pelindung kepala dan penahan keringat saat hari panas atau kamuflase saat bad hair day.. Hehe. Buat Nike, headband juga aksesori yang simpel tapi lumayan signifikan. Headband juga nggak bikin repot saat beraktivitas, apalagi buat Ibu yang anaknya masih menyusui atau sering digendong.

Gaya 2: Dililit di leher
Bisa untuk menangkal angin atau sebagai aksen untuk pakaian bergaya simpel.

Untuk scarf persegi besar, selain dilipat segitiga dengan kedua ujung menjuntai di depan, bisa juga dengan mengikat dua ujungnya lalu diletakkan di belakang supaya motif scarf juga lebih terlihat. Selain itu, tetap bisa juga kok dipakai di kepala.

Memilih bahan scarf, terutama jika ingin dipakai di kepala, memang harus jeli. Apalagi saat ini rata-rata scarf dijual online jadi kita nggak bisa pegang langsung. Memang paling enak kalau bahan scarf-nya adalah katun yang tipis supaya nggak licin dan nggak panas. Kalaupun berbahan satin, pilih yang tipis dan lemas supaya lebih mudah dibentuk. Sejauh ini  dari semua scarf koleksinya, Nike paling suka bahan scarf dari Sejauh Mata Memandang dan Sukkhacitta. Oya, untuk ukuran scarf kecil. Menurut Nike yang paling nyaman sekitar 45-55cm.

Di antara gaya-gaya tadi, kamu suka yang mana? Atau, kamu punya gaya kamu sendiri, boleh dong berbagi, siapa tau bisa jadi ide gaya baru. ;)

Ps: untuk cara menggunakan scarf lainnya bisa kamu intip juga di Instagram Coucou Co.


RELATED POST

  1. Inayah

    25 January

    lagi hits scart scart warna unyu

  2. yang terakhir, hehe. simple bisa buat hiasan juga kalau pakali jilbab polos

  3. rietsi vicia

    27 January

    Luccuu… jadi pengen pake juga..

  4. Erny Kurnia

    31 January

    Asyiiik gayanya suka. Kalau aku berhubung berjilbab, scarf kupakai as jilbab atau scarf leher hihi :)

So, what do you think?

INSTAGRAM
KNOW US BETTER