READING

INSTAGRAM RECOMMENDATION: BOTANICAL WATERCOLOR ART...

INSTAGRAM RECOMMENDATION: BOTANICAL WATERCOLOR ARTIST

Cat air adalah medium seni yang saya kenal sejak jaman sekolah dasar. Saya nggak pernah suka krayon karena susah diaplikasikannya dan hasilnya suka nggak rata. Entah bagaimana beberapa anak pada masa itu bisa jago mewarnai dengan krayon sampai bisa teknik ombre segala. Sementara saya lebih senang pakai cat air karena…lebih cepat kelar, hihi. Plus rasanya senang bisa campur-campur warna cat sambil main air.

Pas sekarang-sekarang ini baru berasa melukis pakai cat air itu, susyaah! Kemarin coba-coba bikin untuk ilustrasi artikel tanaman dalam ruang, tapi masih merasa hasilnya kurang berdimensi. Sebagai pengguna cat air modal sotoy, saya masih penasaran dengan cara layering, belajar shadow dan highlight, dan teknik melukis lainnya. Makanya suka salut kalau ada orang yang jago melukis pakai cat air. Nah, untungnya ada Instagram! Banyak banget kreasi cat air yang bagus dan bikin hati senang. Saya mau berbagi beberapa akun watercolor artist inspiratif yang saya follow. Siapa tahu bisa jadi inspirasi juga untuk kalian.

Untuk blogpost ini, saya akan membahas watercolor artist yang memilih tanaman sebagai objek utama lukisan mereka. Saya pribadi, lebih suka melihat ilustrasi dedaunan dibanding bebungaan. Rasanya kok lebih netral, gitu. Ini tiga nama yang jadi favorit saya.

JENNY KIKER – @livingpattern
Dari tiga nama di daftar ini, hanya Jenny yang mengkhususkan diri hanya membuat ilustrasi dedaunan. Lukisan Monsteranya jadi favorit banyak orang. Tapi saya sendiri justru lebih senang lukisan tanaman paku dan sukulen miliknya karena lebih kaya detail.

Oh, selain punya karya yang cantik, sesekali Jenny juga menampilkan foto studio atau ruang tamunya yang bisa banget jadi inspirasi dekor rumah. Kalau misal tertarik beli karyanya, bisa cek Livingpattern.net. Kalau tidak salah, karya ready stock adalah karya versi reproduksi, sementara karya lukisan asli hanya dijual pada saat-saat tertentu saja.

Image source: instagram.com/livingpattern

SARAH SIMON – @themintgardener
Hijau kebiruan, hitam, biru gelap, dan abu-abu adalah palet warna yang sering sekali dipakai oleh Sarah. Ini salah satu hal yang saya suka dari feed-nya karena rasanya jadi tak terlalu feminin. Selain cat air, Sarah juga sering berkarya dengan memakai gouache, alias sepupu dekat cat air.

Selain lukisan tanaman, Sarah juga punya kreasi menarik lain seperti ilustrasi seri Florence, perempuan yang wajahnya selalu tertutup. Ilustrasi karya Sarah bisa dibeli di halaman Etsy miliknya.

Image source: instagram.com/themintgardener

YIRANG KIM – @dang_go
Saya paling suka lukisan wreath buatannya karena idenya variatif dan tidak biasa. Seperti lukisan wreath menggunakan bunga kapas. Gemes banget lihatnya! Tapi sebenarnya karya Yirang tidak melulu gambar tanaman. Ia juga mengerjakan custom portrait dan lukisan hewan. Sempat juga membuat ulang ilustrasi poster film dan mengaplikasikan ilustrasi buatannya ke masking tape.

Sayangnya, caption Instagramnya pakai bahas Korea. Jadi saya nggak mengerti apa yang dia tulis, padahal dia sering share tools yang dipakai. Kalau misal penasaran dengan caranya melukis, kamu bisa menyimak video proses melukis Yirang di channel Youtube miliknya, Painter_Yirang.

Image source: instagram.com/dang_go

Kalau sudah browsing ilustrasi di Instagram, apalagi yang watercolor, saya bisa lupa waktu deh. Kalau kamu sendiri, gimana? Punya rekomendasi akun Instagram serupa? Yuk berbagi di sini.

*photo courtesy of Jenny Kiker, Sarah Simon, and Yirang Kim.


Penyuka craft yang lebih senang dapat voucher toko buku dibanding voucher baju. Ibu satu putri yang akrab dipanggil Mamir ini selalu sibuk cari inspirasi dekor atau palet warna di internet sambil menyantap segala macam penganan yang ada di studio Living Loving. Kamu bisa menyapa Mamir di akun Instagram-nya (@mamiraz) atau mengontaknya di miranti (at) livingloving (dot) net

RELATED POST

  1. Inayah

    8 May

    woooww ini sih kudu banget aku follow, thanks yaa recommendationnya

So, what do you think?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INSTAGRAM
KNOW US BETTER