DIY CURTAIN BELT

Nggak seperti sarung bantal yang bisa dengan mudah kita gonta-ganti warna serta motifnya untuk menciptakan suasana tertentu, gorden biasanya kita pilih berdasarkan bentuk dan warna yang aman supaya bisa masuk ke suasana dekor yang lebih beragam tanpa harus repot memasang atau mencopotnya sering-sering.

Cuma kadang, pun dengan gorden yang rasanya sudah “terpilih” sekalipun, perasaan bosan pasti muncul. Itu juga kira-kira yang sedang kami alami. Gimana cara praktis untuk menciptakan napas baru bagi si gorden tanpa harus menggantinya sekarang juga?

Gorden yang biasa menggantung di studio itu, memang sengaja kami pilih yang modelnya simpel, polos, dan terbuat dari blacu supaya bisa gampang dicopot untuk dicuci–dan di saat yang sama juga nggak mengganggu keberadaan aksesori ruang yang lainnya (terutama aksesori dengan motif dan warna yang kuat). Namun, setelah 2 tahun bertengger, rasanya, kok, mulai bosan ya melihatnya. Mau ganti, belum sempat. Setelah ngintip-ngintip berbagai referensi, muncul, deh, ide untuk menambahkan aksesori tanpa harus mengotak-atik gorden yang sudah ada. Kami memutuskan untuk membuat hiasan pada tali pengikat gorden.

Kebetulan, kami punya sisa bahan keramik siap pakai yang pernah digunakan saat kelas kreatif membuat kalung bersama KAR tahun lalu. Dari bahan itu, kami merancang beberapa buah aksesori berpadu dengan tassel sederhana untuk kemudian disisipkan di tali pengikat gorden. Buat kamu yang juga ingin bikin-bikin untuk gorden di rumah, ini bahan dan langkah pembuatannya.

Alat dan Bahan:
Stone powder clay
– Air
– Benang rajut
– Gunting
– Cat akrilik
– Kuas

Langkah Pencampuran dan Pembentukan Clay:
1. Campurkan bubuk clay dengan air secukupnya hingga terasa cukup liat seperti tanah lempung.
2. Cetak membentuk bundaran, segitiga, atau balok, sesuai keinginan. Jangan lupa beri lubang di atas hasil cetakan dengan menggunakan bantuan tusuk gigi untuk tempat memasukkan benang rajut nanti.
3. Setelah jadi, warnai permukaan clay dengan cat akrilik dengan motif dan warna yang kamu suka. Setelah selesai, sisihkan. Sementara itu, kita buat tassel.

Langkah Pembuatan Tassel:
1. Lilitkan benang rajut ke atas jari tangan sebanyak 30 – 50 lilitan (semakin banyak lilitan, akan semakin tebal tassel yang dihasilkan.
2. Setelah membentuk lilitan, gunting bagian ujung. Lepaskan benang perlahan-lahan dari tangan. Dalam bentuk lingkaran, selipkan seutas benang ke dalam lingkaran dan ikat kuat seluruh benang di satu sisi. Gunting bagian yang berlawanan dengan ikatan benang. Persis di bagian bawah ikatan benang, lilitkan seutas benang lagi (membentuk sekitar 3 lilitan) untuk menyatukan kedua sisi benang yang sudah terbagi.

Langkah Pembuatan Aksesori:
1. Siapkan bentuk clay dan tassel yang kamu suka. Padukan antara bentuk bundar dengan kotak untuk hasil yang dinamis. Rangkai menggunakan benang rajut. Pastikan ikatan benang antar-aksesori sudah kuat agar tidak mudah terlepas saat digantung.
2. Sisipkan aksesori ke atas tali pengikat gorden.
3. Susun sekitar 2-3 aksesori.

Gorden yang biasanya tampil polos pun sekarang bisa terlihat lebih berwarna! :D


RELATED POST

  1. Ah cakep. Ditambahin pompom juga lucuk kayanya ya.

    • iya, bener.. bisa ditambah pompom kalo mau keliatan lebih playful.. :)

So, what do you think?

INSTAGRAM
KNOW US BETTER