READING

PIPA METAL UNTUK DEKOR GAYA INDUSTRIAL

PIPA METAL UNTUK DEKOR GAYA INDUSTRIAL

Sekarang ini gaya industrial pastinya sudah sering kamu lihat pada interior toko retail, hotel maupun restoran. Ternyata gaya ini nggak hanya cocok untuk diterapkan di tempat-tempat komersil, tapi bisa kamu terapkan di rumah juga, lho! Biasanya salah satu ciri khas gaya industrial adalah mengekspos bentuk asli material yang digunakan. Kali ini kami terinspirasi dari pipa ekspos yang bisa diaplikasikan pada ruang manapun sesuai kebutuhan.

Material pipa metal seperti pipa galvanis yang cukup kokoh, bisa menjadi pilihan untuk menggantungkan berbagai kebutuhan rumah tangga. Arah pemasangannya, vertikal atau horizontal, bisa disesuaikan dengan benda apa yang ingin kamu pasang. Mulai dari kabel lampu, gorden, gantungan baju atau juga aksesoris dapur.

Pada dapur atau ruang makan, pipa metal ini dapat difungsikan untuk menggantungkan lampu bohlam yang diekspos pada kabel lampunya. Penerangan yang cukup itu sangat penting khususnya saat kamu mempersiapkan masakan, dan cara ini pun dapat menggantikan fungsi lampu sorot tidak langsung yang terpasang pada kabinet dapur. Area masak bisa jadi terlihat lebih seru dan menarik!

Banyak banget cara penggunaan pipa besi ekspos ini, contohnya di ruang keluarga atau kamar mandi yang digunakan sebagai gagang tirai. Di kamar tidur, untuk kamu yang lebih suka kalau koleksi bajunya terlihat jelas dan terbuka, pipa besi ini bisa jadi solusi. Dengan bantuan bor listrik dan paku, pipa besi bisa dengan kuat terpasang pada dinding.

Persiapannya nggak terlalu ribet, yang perlu kamu beli adalah pipa metal yang bisa dengan mudah ditemukan di toko besi atau juga swalayan bahan bangunan, misalnya Mitra 10. Alat bantu seperti bor listrik dan lainnya bisa kamu cari di toko-toko perlengkapan konstruksi seperti Ace Hardware. Finishing pipa besinya bisa disesuaikan dengan tema ruangan. Untuk gaya industrial yang unfinished lebih cocok dengan penggunaan warna hitam tetapi untuk suasana yang lebih ceria bisa menggunakan warna-warna lain yang lebih cerah. Bila tak yakin untuk membuatnya sendiri, coba konsultasikan dengan desainer interior atau tukang langgananmu mengenai cara pemasangan yang pas agar lebih kokoh.

 

Photo credit:
feature image from Architecture art designs
photo 2 from Bloglovin’

photo 3 from Skona hem
photo 4 from Heather Cooper Designs
photo 5 from SFbythebay
photo 6, 7 from Planete Deco

ph
oto 8 from Notonthehighstreet
photo 9 from My Paradissi


RELATED POST

So, what do you think?

INSTAGRAM
KNOW US BETTER