CERITA MAMIR: MEMILIH BAHAGIA

Apa sih yang biasa memengaruhi mood kamu setiap hari?

Kalau saya sih, asal perut kenyang, hati pun senang. Ahaha… Tapi jujur, buat saya memang sesimpel itu cara untuk memperbaiki mood. Saya sendiri kebetulan memang bukan tipe orang yang moody. Kalau lagi kesal atau stres atau capek, biasanya nggak terlalu lama pengaruhnya. Biasa dibawa santai saja. Kalau lagi pusing atau nggak semangat, cukup ditawarin rujak buah segar atau green tea crepes-nya Pancious juga udah girang lagi.

Menurut saya, menjaga biar suasana hati agar tetap cerah itu penting. Karena ngaruh banget ke aktivitas kita yang lain. Apalagi kalau kesehariannya biasa bekerja dan berinteraksi dengan banyak orang. Saya merasa kalau orang lain semangat, saya juga jadi ikut semangat. Kalau orang lain ada yang moodnya lagi kurang baik, suasana kerja juga terasa jadi nggak enak.

Pernah bertemu dengan orang yang auranya kayak Dementor? Maksudnya orang yang selalu melihat hal dari sisi jeleknya saja, selalu menempatkan dirinya sebagai obyek penderita, or basically just gives you bad vibes . Saya pernah, dan rasanya capek kalau dekat dengan orang seperti itu lama-lama karena merasa mood jadi ikut suram dan energi kaya tersedot. Persis seperti bayangan saya kalau lagi baca Harry Potter adegan Dementor datang mendekat.

Nah, saya nggak mau jadi orang seperti itu. Karena saya tahu setiap orang punya masalah masing-masing yang mungkin lebih berat dari masalah yang kita hadapi. Jadi saya mencoba untuk bersikap lebih positif. Bukan berarti saya nggak pernah punya masalah. Tapi rasanya kalau suasana hati lagi enak, saya jadi lebih bisa tenang dan berpikir jernih saat menyelesaikan masalah tersebut.

Dulu waktu saya masih kerja di stasiun TV, salah satu narasumber kami, Rene Suhardono, pernah berujar: You can choose. So choose to be happy. Dia bilang, setiap hari saat memulai pagi, kita bisa menentukan akan seperti apa hari ini berjalan. Walau kita tak bisa memastikan semua hal di hari itu akan berjalan lancar, tapi kita bisa memilih bagaimana sikap kita menyikapinya. Misal lagi naik bis, nggak dapat duduk, dan ketemu kemacetan panjang. Tentu nggak ada orang yang memilih untuk terjebak dalam situasi seperti itu. Tapi kita bisa memilih bagaimana menyikapi kondisi tersebut. Apa mau marah-marah sama pak supir. Atau menghabiskan waktu dengan mendengarkan musik atau ngobrol dengan sesama penumpang.

Tapi saya juga tahu nggak semua orang secuek saya. Mungkin ada yang memang lebih sensitif. Saya tahu nggak mudah mengubah suasana hati. Lha kadang kan hati nggak bisa diatur ya. Kalau seperti itu, mungkin bisa cari cara untuk memancing mood baikmu kapapun saat kamu memerlukannya. Misal kalau suka musik, siapkan playlist Spotify yang bisa bikin semangat untuk menemani kamu bekerja. Suka makan? Sekarang banyak akun Instagram berisi video makanan atau info tempat makan baru. Bisa juga coba cara Nike yang memanfaatkan essential oil untuk memperbaiki moodnya. Sampai dia punya aromatherapy diffuser untuk di mobil. Dan cara itu berhasil buat Nike. Just find anything that works for you and can lift up your mood. Dengan begitu, mudah-mudahan kita bisa lebih positif dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Selamat menikmati hidup!


Penyuka craft yang lebih senang dapat voucher toko buku dibanding voucher baju. Ibu satu putri yang akrab dipanggil Mamir ini selalu sibuk cari inspirasi dekor atau palet warna di internet sambil menyantap segala macam penganan yang ada di studio Living Loving. Kamu bisa menyapa Mamir di akun Instagram-nya (@mamiraz) atau mengontaknya di miranti (at) livingloving (dot) net

RELATED POST

So, what do you think?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INSTAGRAM
KNOW US BETTER