READING

ORGANIZE YOUR SPACE WITH PEG BOARD

ORGANIZE YOUR SPACE WITH PEG BOARD

Siapa sih yang nggak suka kalau meja kerja masing-masing rapih dan semua barangnya tertata? Nggak cuma enak dilihat secara visual, tapi juga bikin nyari barang jadi lebih gampang. Dengan meja yang lebih terorganisir, kerja pun jadi lebih semangat. Untuk cara yang lebih praktis, kami mencoba penggunaan papan berlubang atau disebut juga dengan peg board.

Kemarin kami sempat mencoba peg board Raku Pegu buatan Jepang. Papan ini nggak harus selalu dipasang ke dinding, bisa hanya disandarkan saja. Panel berbahan plywood berlapis vinyl berukuran 60×60 cm ini juga bisa disambungkan dengan panel lainnya yang serupa, sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan.

Lubang pada papan bisa kamu lengkapi dengan beberapa model gantungan dan kaitan. Penempatan gantungannya juga kamu yang atur sesuka hati. Jadi saat fungsi dan penataan pada papannya pengen diubah, kamu tinggal utak-atik tanpa harus merusak dinding atau apapun di sekitarnya. Pindahan pun nggak masalah karena papan ini beratnya nggak lebih dari 1 kg, ringan banget!

Dengan warna papan yang netral, nggak merusak skema ruangan dan apapun yang dipasang jadi nggak terkesan ‘nabrak’. Hal lain yang kami suka dari sistem penyimpanan ini, semua barang yang disimpan terlihat jelas. Untuk yang suka ngumpulin inspirasi dan bikin moodboard pas lagi nentuin konsep desain, tinggal siapin selotip atau masking tape dengan motif kesukaan dan pasang deh di peg board-nya. Simpel banget.

Kalau bosan dengan tampilan papan yang polos, kamu bisa menghiasnya dengan mudah menggunakan benang wol. Pada contoh yang kami buat, bentuk silang sederhana ala cross-stitch memberi sedikit aksen warna pada papan penyimpanan ini. Nggak butuh effort yang banyak tapi hasilnya bikin papannya makin terlihat manis. Teknik “menyulam” ini bisa kamu aplikasikan sesuai bentuk namamu, apalagi untuk mengidentifikasi kepemilikan mejanya (kalau kamu terapin sistem ini di kantor).

Produk ini bisa kamu dapatkan di Smartyhands, dengan memasukkan keyword “Raku Pegu” pada kolom search. Untuk versi plywood tersedia dalam 3 pilihan warna yaitu kayu natural, putih, dan hitam. Sementara untuk Raku Pegu versi MDF tersedia dalam warna putih dan almond pink. Aksesoris pendukung pun lengkap. Kalau ada kendala di jumlah stok yang mereka miliki saat ini, semua bisa dipesan untuk diimpor dari Jepang. Prosesnya kira-kira memakan waktu sekitar dua minggu. Di situs Smartyhands juga kamu bisa lihat banyak referensi desain yang bisa diterapkan untuk sistem penyimpanan ini.

Produk lain yang mendukung penggunaan papan ini adalah frame dan standing dengan bingkai aluminium. Kalau kamu mau pasang di dinding ada satu set paku yang perkuatannya dipasang pada setiap sudut papan. Sedikit pesan dari kami, tampilan situsnya mungkin agak membingungkan untuk yang belum biasa berbelanja di Smartyhands. Agar lebih jelas, kamu bisa membaca panduan belanja di link ini.

Kalau mau mencari craft supplies, Smartyhands juga membagi produknya ke dalam beberapa kategori seperti Paper Craft, Sewing and Quilting, Jewelry, Swarovski, dan lain sebagainya. Kategori ini ada di kolom paling kiri dan bisa kamu klik untuk mencari alat dan bahan sesuai material prakaryamu. Hati-hati kalap ya…hihi..

Peg board Raku Pegu Plywood, warna putih, Rp199.000
Hook set assortment, 51 buah, Rp 494.000 
Box, ukuran kecil, Rp143.000
Rak metal, 116 cm x 260cm, Rp205.000


Ibu satu anak yang suka mempercantik rumah. Sebelumnya bekerja sebagai desainer interior di IKEA. Sangat suka menulis dan menonton film yang realistis, dan penggemar berat karya-karya Woody Allen. Kamu bisa menyapa April lewat editorial (at) livingloving (dot) net

RELATED POST

  1. Ovie Asykari

    15 October

    Kyaaa! Ini kok pas bangett aku lagi nyari2 info aksesoris pegboard x)

So, what do you think?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INSTAGRAM
KNOW US BETTER