D.I.Y. NAPKIN RING

Kalau melihat tumpukan koran yang dibaca setiap hari rasanya sayang karena hanya dibiarkan menumpuk. Sebenarnya sudah ada banyak ide untuk mengolah ulang koran bekas, jadi kertas daur ulang misalnya. Tapi kertas koran juga bisa dijadikan bahan dekorasi murah meriah untuk di rumah, lho! Misalnya diubah jadi napkin ring bentuk bunga ini. Di Indonesia mungkin jarang yang memakai napkin ring untuk acara sehari-hari. Tapi tak ada salahnya membuat meja makan jadi lebih cantik dengan menambah sedikit pernak-pernik, kan?

Napkin Ring - Step 1
1. Cuma perlu 2 bahan untuk bikin napkin ring ini: koran, dan kawat bulu. Siapin cutter untuk memotong koran, jauh lebih praktis dibanding gunting ;)

Napkin Ring - Step 2
2. Ambil selembar koran bekas (saya pakai satu halaman koran Kompas). Kalau bisa pilih halaman yg mayoritas berisi tulisan, bukan foto (jangan seperti saya di atas krn hasilnya nanti bisa belang warnanya). Lipat 4, lalu belah dengan cutter.

Napkin Ring - Step 3
3. Lipat lagi menjadi 4 bagian dengan lebar yang makin mengecil. Saya hanya mengira-ngira saja saat melipat tapi lebar masing-masing bagian sekitar 9cm, 8cm, 6,5cm, dan 5cm. Bisa juga lipat 2-3 lembar sekaligus untuk menghemat waktu.

Napkin Ring - Step 4
4. Tumpuk 4 lembar koran dgn lebar berbeda, rata tengah. Lipat salah satu ujungnya selebar kira-kira 0,5cm lalu ulangi melipat bolak-balik seperti kalau mau membuat kipas kertas, hingga mencapai ujung satu lagi.

Napkin Ring - Step 5
5. Siapkan kawat sepanjang 25-30cm, tekuk dua kawat di tengahnya. Jepit bagian tengah lipatan kertas dgn kawat, puntir 2 kali agar kertas tak bergeser.

Napkin Ring - Step 6
6. Mekarkan lipatan kertas biar mudah membuka tiap lembarnya (bisa juga langsung menempel dua ujung kertas tanpa perlu dibuka untuk buat napkin ring bentuk medalion). Pelan-pelan buka tiap lembar koran mulai dari lembar paling atas. Hati-hati karena kertas mudah robek. Lanjutkan membuka sambil menarik perlahan tiap lembar agar bentuknya sedikit bergelombang.

Napkin Ring - Step 7
7. Setelah semua kertas terbuka dan tiap helainya terpisah, rapikan bentuknya agar menyerupai kelopak bunga. Setelah itu, lingkarkan bagian kawat pada serbet yg sudah digulung, lalu puntir ujung kawat untuk mengamankan posisi. Jadi deh cincin serbet murah meriah!

Info:
Kawat bulu bisa dibeli di Toko Maju, Mayestik, Jakarta, seharga Rp. 2.000,-/batang. Kalau susah menemukan kawat bulu, bisa juga diganti pakai kawat hijau untuk merangkai bunga.


Penyuka craft yang lebih senang dapat voucher toko buku dibanding voucher baju. Ibu satu putri yang akrab dipanggil Mamir ini selalu sibuk cari inspirasi dekor atau palet warna di internet sambil menyantap segala macam penganan yang ada di studio Living Loving. Kamu bisa menyapa Mamir di akun Instagram-nya (@mamiraz) atau mengontaknya di miranti (at) livingloving (dot) net

RELATED POST

So, what do you think?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INSTAGRAM
KNOW US BETTER