DIY: UPCYCLED MILK BOX

Saya termasuk orang yang suka ceroboh. Urusan ponsel, sudah tak terhitung berapa kali HP jatuh tak sengaja, “hilang” tertimbun barang-barang, atau terkena saus atau cipratan air waktu di-charge. Jadi saya coba buat wadah untuk menyimpan  ponsel di dekat tempat nge-charge. Selain jadi mudah ditemukan, HP juga selamat dari kemungkinan terinjak karena diletakkan di lantai waktu di-charge.

Alat & Bahan:
– kotak susu cair
– cutter
– gunting
– penggaris
– pulpen/ spidol
– double tape

Cara pembuatan:milk-2b

1. Cuci bersih kotak susu dengan air sabun, siram air panas, jemur hingga kering. Potong kotak susu sesuai pola dengan bantuan cutter. Sisi depan setinggi 4cm, belakang setinggi12cm, bagian samping masuk2,5cm lalu dipotong diagonal ke tepi atas. Sisi samping yang dipotong diagonal ini bikin charging station jadi lebih kokoh dibanding kalau dipotong tegak lurus dengan bagian belakang karton. Simpan bagian atasnya kalau mau dimanfaatkan menjadi frame . Rapikan tepian yang tidak rata dengan gunting. milk-3   2. Buat lubang pada bagian belakang sesuai besar stop kontak dan charger. Saya membuat lubang bentuk persegi berukuran 4x4cm. Sebelum dibungkus, coba jajal pasang charger dan letakkan HP di dalamnya. Kalau bagian sisinya masih mengganjal, bisa dipotong sedikit lagi.

3. Tutupi bagian luar kotak susu dengan double tape. Bisa juga menggunakan lem putih yang diaplikasikan merata. Bungkus dengan kertas kado. Kalau mau terlihat lebih rapi, lapisi bagian dalam kotak dengan kertas kado yang sama.

milk-4Dan seperti inilah hasilnya! Memang tidak semua ponsel bisa muat karena kotak susu yang saya pakai juga tak terlalu lebar. Sebagai gambaran, HP saya layar 4-inci, lebar 6cm. Jadi kalau ukuran HPnya agak besar mungkin tidak muat. Karton susunya sendiri lebarnya memang hanya 7cm. Tapi untuk ukuran ponsel rata-rata masih cukup. Kalau takut menggantungnya langsung di atas charger, bisa memasang hook semi-permanen yang tinggal ditempelkan ke dinding. Jadi tidak merusak dinding tapi ponsel tetap bisa disimpan di dekat charger.


Penyuka craft yang lebih senang dapat voucher toko buku dibanding voucher baju. Ibu satu putri yang akrab dipanggil Mamir ini selalu sibuk cari inspirasi dekor atau palet warna di internet sambil menyantap segala macam penganan yang ada di studio Living Loving. Kamu bisa menyapa Mamir di akun Instagram-nya (@mamiraz) atau mengontaknya di miranti (at) livingloving (dot) net

RELATED POST

  1. Radira

    26 July

    Mbak, wadahnya ini kuat kan untuk menampung HP yang tergantung lama gitu?

So, what do you think?

INSTAGRAM
KNOW US BETTER