READING

FIERY STUFFED MUSHROOM

FIERY STUFFED MUSHROOM

Jamur. Salah satu makanan favorit saya yang kayanya enak diolah jadi apa saja. Nah, kebetulan beberapa waktu lalu membeli blackpepper goat cheese dari Moloka. Karena suka jamur, saya langsung terpikir membuat jamur isi. Membuatnya mudah, cepat, dan soal rasa, well..you can almost never go wrong with mushroom and cheese.

LL-mushroom-foto2

Bahan:
– Jamur champignon (pilih yg besar-besar dan tebal. Bisa juga pakai jamur Portobello)
– Blackpepper goat cheese (saya pakai punya Moloka)
– Smoked beef atau bacon (cincang kasar, tumis hinga kering)
– parsley, cincang (atau bisa pakai parsley kering)

LL-mushroom-foto3b Cara membuat:
1. Bersihkan jamur, jangan direndam, cuci sebentar saja di air keran atau lap pakai tisu tebal lembap agar jamur tak terlalu soggy atau benyek. Saya pakai cara kedua karena pengalaman pribadi buat jamur panggang yang dicuci air terlalu lama, jamurnya jadi terlalu lembek. Lepaskan batang jamur. Bisa dibuang atau disimpan untuk diolah jadi makanan lain (enak buat bikin kaldu, lho!)

2. Tata beberapa buah jamur di atas loyang. Letakkan topi jamur terbalik (bagian serat menghadap atas). Atur jarak antar jamur, jangan terlalu rapat. Lumuri dengan sedikit minyak zaitun atau minyak kanola.

3. Hancurkan blackpepper goat cheese jadi remah-remah. Letakkan sejumput remah-remah goat cheese di atas topi jamur terbalik. Taburkan daging asap ke atas topi jamur, di atas remah keju. Tambah sedikit parsley di atasnya.

4. Panaskan oven, panggang sampai jamur matang. Saya manggang cuma pakai oven toaster, jadi ga bisa diatur suhunya, harus rajin pantengin oven buat cek jamur sudah matang atau belum. Punya saya sudah matang dalam waktu 5 menit. Tapi bisa saja membutuhkan 15 menit.  Lamanya memanggang tergantung besar dan tebal jamur. Tandanya jamur matang: lembut tapi tak kelembekan. Setelah matang, angkat, santap selagi masih hangat.

Paling pas pakai jamur yang tebal karena rasa blackpepper cukup kuat, jadi kalau jamurnya ketipisan bisa kalah sama rasa lada hitamnya dan kurang seru dimakan. Kalau kurang suka rasa goat cheese bisa diganti dengan ricotta, cream cheese atau cheddar parut. Tapi mungkin harus dibumbui lagi dengan sedikit garam dan lada.

And let’s take a closer look of the result

LL-mushroom-foto4b

Lembutnya jamur ketemu creamy-nya goat cheese, daging asap garing, dan lada hitam spicy, membuat sensasi rasa pedas, gurih, dan nikmat…NYAM!


Penyuka craft yang lebih senang dapat voucher toko buku dibanding voucher baju. Ibu satu putri yang akrab dipanggil Mamir ini selalu sibuk cari inspirasi dekor atau palet warna di internet sambil menyantap segala macam penganan yang ada di studio Living Loving. Kamu bisa menyapa Mamir di akun Instagram-nya (@mamiraz) atau mengontaknya di miranti (at) livingloving (dot) net

RELATED POST

  1. Aduh aku jadi lapar liat ini tengah malem, besok pagi mau coba bikin aaaahh. Thank you n+m! :)

So, what do you think?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INSTAGRAM
KNOW US BETTER