FAMILY PACKING TIPS

Dua hari lagi saya, suami dan anak kami, Kira (2 tahun) akan liburan ke Singapura. Ini bukan pengalaman liburan pertama kami. Saya dan suami sangat suka jalan-jalan. Bahkan cenderung nggak betah di rumah. Jadi kami sudah mengajak Kira ke luar kota sejak ia berumur 7 bulan. Hingga saat ini, sudah sekitar 8 liburan ke luar kota yang Kira alami (termasuk Lebaran).

Sejak punya anak, saya menghilangkan kebiasaan mengemas barang sehari sebelum berangkat. Persiapan pun jadi jauh lebih awal. Namun berhubung keputusan liburan kali ini agak mepet, yaitu sekitar dua minggu sebelum hari H. Jadi saya baru mulai survei sejak minggu lalu. Nah, apa saja sih yang perlu diperhatikan saat menyiapkan liburan dengan batita. Saya coba buat daftarnya, ya.

ITINERARY

Ini sangat penting. Bahkan ketika kota tujuannya pun sudah cukup familiar buat kita. Biasanya langkah pertama adalah membuat jadwal dulu. Setelah jadwal sudah cukup rapi, baru membuat daftar barang yang harus dibawa. Kalau membawa bayi di bawah 1 tahun, sebaiknya buat jadwal makannya juga. Do your research. Kumpulkan informasi penting yang bisa mengurangi keribetan saat liburan. Misalnya peta. Meski ada yang namanya Google Maps, tapi saya sarankan tetap ada peta versi cetak. Begitu juga informasi tempat yang akan dikunjungi, seperti jam buka, harga tiket, dll. Cari tahu supermarket dan restoran siap saji yang dekat dari penginapan.

1 KOPER, 1 RANSEL DAN 1 STROLLER

Semua perlengkapan Bapak-Ibu-Anak harus masuk dalam 1 koper. Cari tahu bagaimana cara mengemas yang efektif. Kalau rajin, bisa juga pakai kantong plastik lalu divakum. Kecuali kamu pergi ke daerah terpencil, bawalah barang yang benar-benar perlu. Tisu, diapers, kudapan dan perlengkapan mandi bisa dibeli saat sampai di tujuan. Sisakan tempat ekstra atau siapkan tas lipat besar untuk barang-barang yang akan dibeli di sana. Nggak perlu bawa banyak mainan. Melihat banyak hal menarik di tempat tujuan nanti nggak akan membuat anak bosan dan butuh mainan.

Gunakan 1 ransel yang cukup besar untuk keperluan anak yang dibutuhkan selama perjalanan. Masukkan juga keperluan Ibu di dalamnya. Tas cantik andalan Ibu disimpan dulu di koper dulu saja, yah.

travel-with-kids-1

BIJAK MEMILIH PAKAIAN

Inilah gunanya membuat daftar barang. Supaya kita tidak berkemas seperti orang yang mau pindahan rumah. Kalau tempat tujuannya punya cuaca tropis, lebih baik pilih pakaian berbahan ringan. Selain lebih nyaman, bisa menghemat tempat di koper juga.

OBAT DAN KAWAN-KAWAN

Wajib bawa buku catatan medis si kecil dan obat-obatan. Jangan lupa masukkan obat-obatan dan vitamin yang mungkin kita perlukan juga. Kalau akan bepergian dengan pesawat, siapkan earplugs untuk anak.

Tips perjalanan lainnya bisa diintip juga di blog saya, dream out loud. Saya mungkin nggak akan bisa posting di Living Loving dalam seminggu ke depan, tapi kita bisa sapa via Twitter atau Instagram. We’re going to this Camp Symmetry music festival at Gardens by The Bay, Singapore. Check out their lovely trailer. Have a nice day, lovely friends. Xx

Camp Symmetry 2013 from SymmetrySG on Vimeo.

 


Simple, functional, modern, in love with details. Nike menghabiskan masa kecilnya di Kepulauan Riau dan Sulawesi Tenggara, membuatnya merasa berbeda sejak kembali tinggal di Jakarta dan suka menikmati tempat baru. Mulai blogging sejak tahun 2000, bahkan ketika istilah blog belum ada. Ketertarikannya akan dunia media dan kreatif sudah ada sejak masih sekolah. Sebelum menjalankan Living Loving, Nike bekerja selama 7,5 tahun di industri media, kreatif dan digital. Kamu bisa melihat dan menyapanya juga di Instagram (@nikeprima) dan nike (at) livingloving (dot) net

RELATED POST

  1. Baju nya Kira lucu-lucu banget kak Nikeee!
    Selamat berlibur, ditunggu review perjalanan ke Singapur nya ✿❀✿❀✿

    • Nike Prima

      30 October

      Terimakasiiih Aulia :* Iya, pasti akan ada laporan jalan-jalannya :D

  2. ninit

    31 October

    selamat jalan2 nike :) have fun…
    btw, pake kompartemen enak deh ke. praktis & rapi di koper. gw beli di muji.

    • Nike Prima

      31 October

      waaa sekarang udah packing dan ga sempet ke MUji lagi. Padahal 2 hari lalu ke PIM. :|
      Tapi ini bisa banget buat jalan-jalan selanjutnya yang banyak itu. *amin*
      Terima kasih, teh Ninit

  3. giratri

    4 November

    ummm.. maaf oot. itu pajangan mercusuarnya yg di gambar beli dmn ya? pengen bgt deh. :)

    dan oya, sy fans livingloving, inspiring bgt! cheers.

    • Nike Prima

      4 November

      Hai Giratri :D terima kasih sudah mampir, yaa.
      Pajangan mercusuarnya beli di Informa sekitar tahun lalu :)

So, what do you think?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INSTAGRAM
KNOW US BETTER