READING

DIY PAPER FLOWER MONOGRAM WITH SIBEBO

DIY PAPER FLOWER MONOGRAM WITH SIBEBO

Tahun 2014 ini rasanya kami penuh dengan bunga. Maret lalu, acara Afternoon Delight yang kami adakan diisi dengan sesi membuat bunga dari kertas. Lalu, beberapa minggu lalu kami melihat Nella Mareti dari Sibebo mengunggah foto monogram dari bunga-bunga kertas di akun Instagram-nya. Kami pun langsung bertanya deh ke Nella, kira-kira dia bersedia nggak ya membagi cara membuat dekorasi cantik tadi. Ternyata Nella bersedia. Yay!

Cara membuat monogram ini juga nggak susah. Bahan dan alatnya juga gampang didapat. Asal kita memilih kombinasi warna yang tepat, pasti hasilnya bagus. Nella sendiri memilih warna-warna yang terang dan kontras, jadi monogram ini langsung menarik perhatian saat dipajang di dinding.

Bahan dan alat:

  1. Gunting
  2. Lem
  3. Pensil
  4. Jangka
  5. Stapler
  6. Tissue paper
  7. Kertas krep

Tools

 

Monogram ini menggunakan 3 macam bunga. Jadi, hal yang pertama kali kita lakukan adalah membuat 3 pola bunga. Bunga pertama terdiri dari beberapa kelopak yang disusun bertumpuk. Jadi buatlah pola berbentuk kelopak. Sementara dua bunga lainnya memiliki pola berbentuk lingkaran. Perbedaannya hanya cara mengguntingnya, yang satu menggunakan gunting biasa dan sekeliling lingkaran dibuat bergelombang. Sementara satu lagi dengan gunting bergerigi.

Bunga 1

  1. Gambar pola berbentuk kelopak di selembar kertas lalu gunting dan jadikan ini panduan untuk menggunting kelopak.
  2. Gunting tissue paper mengikuti pola kelopak yang sudah dibuat tadi. Satu bunga membutuhkan sekitar 8 kelopak.
  3. Setelah itu gunting sedikit bagian tengah pangkal masing-masing kelopak dan tekuk sedikit hingga kedua ujungnya bertumpuk (seperti di gambar).
  4. Tumpuk dan rekatkan kelopak satu demi satu dengan lem sehingga membentuk sebuah bunga.
  5. Buat bagian putik dengan tissue paper berwarna kontras yang dibentuk bola kecil. Rekatkan dengan lem di bagian dasar bunga.

Bunga 2 dan 3

  1. Gambar pola berbentuk lingkaran di selembar kertas krep/tissue lalu gunting. Bunga kedua digunting dengan gunting biasa namun tepinya dibuat bergelombang, sementara bunga ketiga dengan gunting gerigi.
  2. Tumpuk 4-5 lembar kertas berbentuk lingkaran tersebut lalu staples bagian tengahnya sebanyak dua kali sehingga membentuk huruf X.
  3. Mulai membentuk bunga dengan mengangkat masing-masing lembaran dimulai dari yang paling di atas (seperti di gambar)

Setiap huruf membutuhkan jumlah bunga yang berbeda. Coba buat bunga dengan ukuran yang berbeda juga supaya komposisinya saat disusun nanti lebih cantik. :)

IMG_0358-edit

 

DIY-sibebo-paper-flower-monogram-for-livingloving-collage-3DIY-sibebo-paper-flower-monogram-for-livingloving-collage-2

Sekarang mari membuat huruf yang akan dipakai sebagai dasar sekaligus alas untuk menempel bunga-bunga yang sudah dibuat. Ini caranya!

Cetak huruf yang diinginkan di kertas A4 (atau sesuai dengan keinginan). Kami sarankan untuk memilih huruf dengan tipografi yang nggak tipis atau terlalu rumit. Ya, seperti keluarga Sans Serif, deh. Di sini sih kami menggunakan font serif karena di ujung huruf ada “ekor”nya, tapi nggak begitu berpengaruh dengan tampilan akhir. Kemudian, tempel kertas yang sudah dicetak tadi di atas lembaran styrofoam, lalu potong  hingga membentuk huruf dengan menggunakan cutter.

DIY-sibebo-paper-flower-monogram-for-livingloving-5DIY-sibebo-paper-flower-monogram-for-livingloving-4DIY-sibebo-paper-flower-monogram-for-livingloving-6

Kemudian susun bunga-bunga hingga membentuk komposisi yang pas, dan lem. Jika perlu, trim beberapa bunga supaya lebih rapi. Siap dipajang!

Oya, monogram bunga ini cukup ringan. Jadi bisa juga digantung atau ditempel di dinding. ;)

DIY-sibebo-paper-flower-monogram-for-livingloving-8

DIY-sibebo-paper-flower-monogram-for-livingloving-8-nella-maretiDIY-sibebo-paper-flower-monogram-for-livingloving-9

DIY-sibebo-paper-flower-monogram-for-livingloving-7

 

Voila!

DIY-sibebo-paper-flower-monogram-for-livingloving-11DIY-Paper-Flower-monogram-for-livingloving-11

Terimakasih banyak Nella yang sudah menyempatkan diri buat berbagi. Terimakasih juga untuk Veve dari Pixel Paper Asia yang rela meluangkan waktunya untuk foto-foto DIY kali ini. Kisses and big hugs!

 


Simple, functional, modern, in love with details. Nike menghabiskan masa kecilnya di Kepulauan Riau dan Sulawesi Tenggara, membuatnya merasa berbeda sejak kembali tinggal di Jakarta dan suka menikmati tempat baru. Mulai blogging sejak tahun 2000, bahkan ketika istilah blog belum ada. Ketertarikannya akan dunia media dan kreatif sudah ada sejak masih sekolah. Sebelum menjalankan Living Loving, Nike bekerja selama 7,5 tahun di industri media, kreatif dan digital. Kamu bisa melihat dan menyapanya juga di Instagram (@nikeprima) dan nike (at) livingloving (dot) net

RELATED POST

  1. Tia

    16 September

    Lovely! Would like to try it ;)

So, what do you think?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INSTAGRAM
KNOW US BETTER