OUR FAVORITE KIDS CRAFT BLOG

Sebagai ibu dari anak perempuan berumur 2,5 tahun yang sangat aktif, saya dan Nike selalu berusaha mencari ide untuk bermain dan seseruan dengan anak. Walau belum lepas seratus persen dari gadget dan ikutan terkena demam film Frozen (the girls even do a duet of “Let It Go”), tapi kami ingin sebisa mungkin mencari permainan yang bisa mengasah kreativitas dan melatih kemampuan sensorik mereka. Mulai dari melukis, main playdoh bikinan sendiri, bikin aksesori atau baju dari kertas atau koran, juga yang simpel seperti main jual-jualan atau salon-salonan :))

Salah satu yang pernah di-share Nike adalah Homemade Finger Paint. Sebenarnya mencari ide berkreasi sama anak itu cukup mudah, tinggal ngulik ada bahan apa di rumah, atau cukup googling tutorial yang ingin dicoba, langsung deh keluar beragam pilihannya. Salah satu yang cukup populer adalah Handmade Charlotte. Tapi sebenarnya masih banyak banget blog berisi ide aktivitas kreatif bareng anak yang isinya ga kalah seru dan cukup mudah dilakukan, ditambah layout yang simpel jadi foto dan langkah-langkahnya cukup jelas terlihat. Ini beberapa blog prakarya anak yang sering kami kunjungi:

1. Mermag

loving-kidsblog-mermag

Interlocking cardboards castle. Photo courtesy of Mermagblog

Istana kardus yang dihias lakban warna-warni langsung bikin saya jatuh hati sama blog ini. Ada banyak ide prakarya yang pakai bahan simpel seperti kardus, spidol, dan lakban. Merrilee, penulis blog yang juga seorang ilustrator ini juga suka berbagi ide dekor kamar anak, lho.

 

2. Made by Joel

Paper city by MadebyJoel

Paper city. Photo courtesy of Made by Joel

Pertama kali tahu waktu baca profil Joel di majalah Martha Stewart US edisi beberapa tahun lalu. Suka sekali dengan ide “Kota Kertas”nya. Ada beberapa printables yang bisa diunduh gratis, tapi idenya juga cukup sederhana untuk diaplikasikan sendiri menggunakan kertas buku gambar dan spidol hitam.

 

3. Kid Play Do

paper crown. photo courtesy of Kid Play Do

paper crown. photo courtesy of Kid Play Do

Blog dari Inggris ini membagi ide prakaryanya berdasarkan usia anak, bervariasi mulai dari umur 2-10 tahun. Ada beberapa ide garland, binatang piring kertas, sampai kaki monster dari boks tisu! Sama seperti Mermag, blog ini juga memberi beberapa inspirasi dekor kamar anak

 

4. Mr. Printables

loving-kidsblog-mrprintables

Lembar mewarnai, paper finger puppet, juga pola buah dari kertas, bisa diunduh gratis disini. Tapi yang paling bikin gemes adalah tutorial bikin pompom aneka bentuk mulai dari bunga, buah, sampai tema Halloween! Kalau mau bikin pesta ulang tahun anak, ada beberapa freebies yang bisa dipakai untuk undangan atau dekor pesta.

 

5. The Babybirds

loving-kidsblog-babybirds

Blog berisi cerita Ing, Alma, dan Rinjani ini jadi salah satu favorit kami karena postingan prakaryanya cukup simpel, dan bahan-bahannya mudah dicari, tidak seperti blog luar negeri yang mungkin beberapa material atau alatnya tidak tersedia di Indonesia. Apalagi ditambah bonus ekspresi senang Melon setiap prakaryanya jadi! ;D

Selain blog-blog di atas, kalau mau cari tutorial percobaan ilmiah kecil-kecilan, art project atau permainan yang melatih sensorik anak, coba cek The Artful Parent (mereka juga mengeluarkan buku berjudul sama dengan nama webnya, ada di Aksara), The Crafty Crow (banyaaak pilihan ide prakarya yang dikurasi dari beberapa blog lain) dan Tinkerlab (psst, ada tips membersihkan “kekacauan” setelah berprakarya). Lumayan untuk isi-isi waktu luang sama anak. Sebisa mungkin, libatkan anak dalam proses prakarya. Seing their happy expression and big smile certainly pays off the messiness!


Penyuka craft yang lebih senang dapat voucher toko buku dibanding voucher baju. Ibu satu putri yang akrab dipanggil Mamir ini selalu sibuk cari inspirasi dekor atau palet warna di internet sambil menyantap segala macam penganan yang ada di studio Living Loving. Kamu bisa menyapa Mamir di akun Instagram-nya (@mamiraz) atau mengontaknya di miranti (at) livingloving (dot) net

RELATED POST

  1. Candrika

    14 May

    Great reference! Thanks Nike n Mirantiiiii

  2. chiceniza

    16 May

    Wuohh! Thank you N+M, ini bermanfaat bingits, hehe. Biasanya selalu nyari contoh aktivitas/ crafts di Pinterest, but this is really something new…!

    • Nike Prima

      16 May

      chica, ayo ayo kita saling bagi contekan aktivitas. kamu juga sering banget kan bikin-bikin. :D

  3. isyana

    16 May

    ihh sama referensinya ya mir… mermag favorit juga. mr.printables udah koleksi sejak hamil. kalo referensi dari indonesia ngintip instagramnya @stellasutjiadi deh, brillian aktifitasnya buat anak balita. kalo buat “go to” activities paling seneng ngintip blognya puan http://neverlostneverland.blogspot.com

    • Miranti

      22 May

      IGnya private, Yan. Hehe.. ga bisa liat. Btw, kalo buat aktivitas yang ngelatih motorik halus, kebetulan temenku ada yang suka share di Path. Seneng banget liatnya, aktivitas mudah tapi ngelatih anak. Macam ngeronce pasta kering, ngelompokin warna stik es krim, dll. Dia dapetnya cuma googling “fine motor activities for kids” langsung banyak idenya.

So, what do you think?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INSTAGRAM
KNOW US BETTER