LOOKING FOR A NEW TOY

Saat memulai Living Loving, kami berdua berbekal kamera pocket masing-masing. Miranti dengan Canon PowerShot S90 dan saya dengan Canon PowerShot S95. Iya, kami memang suka terlalu kompak. Selain anak kami lahirnya berdekatan, kamera kami pun tipenya sama. Hanya beda satu generasi aja. Padahal nggak janjian lho belinya.

Kami suka sekali dengan kamera ini. Awalnya saya sempat agak kagok, karena sebelumnya saya memakai Canon S5IS Canon G12 di mana banyak fungsinya bisa dioperasikan melalui tombol dan layarnya bisa diputar. Namun ukuran S95 yang lebih kecil dan ringan bikin saya nggak menyesal. Kamera ini sering saya bawa ke mana-mana. Mayoritas foto untuk konten di blog ini pun memakai kamera pocket kami berdua.

life-camera-livingloving-1Namun akhir-akhir ini, saya malah lebih sering menggunakan kamera dari HP daripada S95. Soalnya saya nggak perlu mikir untuk mindahin data, mengedit lalu upload lagi. Sekarang, aplikasi photo editing sangat beragam dan praktis sekali untuk menghemat waktu membuat konten Living Loving.

Tapi, menjelang usia blog dua tahun. Kondisi dan rencana membuat kami merasa kebutuhan untuk konten visual semakin besar. Jadi kami berencana untuk membeli satu kamera DSLR. Nah, berhubung kami masih terhitung pemula buat urusan fotografi. Jadi kami ingin minta pendapat teman-teman. Kamera DSLR  dan lensa apa yang cocok untuk pemula tapi juga bisa menampilkan foto berkualitas baik. Kebutuhan kami adalah untuk indoor dan outdoor, terutama untuk siang hari. Biasanya kamera kami butuhkan untuk foto produk atau barang, dan juga acara. Mood atau tone yang ingin dihasilkan adalah lembut, tidak terlalu crisp. Lalu, mengingat kami pemula. Kami ingin kamera yang mudah dioperasikan. Jangan terlalu njelimet sampai akhirnya kami menghabiskan banyak waktu mengutak-atik.

life-camera-livingloving-3

Hingga saat ini kami ada beberapa kandidat, Canon 650D atau 700D. Sempat melirik kamera mirrorles juga seperti Canon EOS-M dan seri X Fuji. Selain terbiasa memakai Canon, kami juga tertarik Fuji karena suka dengan warna dan mood yang dihasilkan. Fuji X-M1 tampaknya menarik dan masih masuk dengan budget kami.

Jadi, kami pengen tahu nih. Kalau teman-teman pakai kamera apa? Atau ada yang punya rekomendasi kamera yang menurut kalian cocok buat kami? Bagi saran dan tips di sini, yuk! :)

 

camera photos credit: canon.co.uk, dpreview.com, fujifilm.com


Simple, functional, modern, in love with details. Nike menghabiskan masa kecilnya di Kepulauan Riau dan Sulawesi Tenggara, membuatnya merasa berbeda sejak kembali tinggal di Jakarta dan suka menikmati tempat baru. Mulai blogging sejak tahun 2000, bahkan ketika istilah blog belum ada. Ketertarikannya akan dunia media dan kreatif sudah ada sejak masih sekolah. Sebelum menjalankan Living Loving, Nike bekerja selama 7,5 tahun di industri media, kreatif dan digital. Kamu bisa melihat dan menyapanya juga di Instagram (@nikeprima) dan nike (at) livingloving (dot) net

RELATED POST

  1. munjul

    10 November

    Kayaknya mendingan Fuji aja deh mbak, warna yang dihasilkan bikin mata adem :D

  2. rarerare

    16 November

    hi nike & mira..for the last 10 years, aku pernah pakai bbrp brand DSLR tapi bbrp tahun belakangan aku beralih ke micro four third camera (olympus pen) karena bentuknya yg ringkas dan compact dengan result setara dslr.

    jd mungkin dr 4 option diatas canon eos-m cukup ok ..jgn lupa sediain fixed lens f1.8 atau f2.8 yaksss bokehnya bagus :)

  3. mr jahe

    24 November

    Suka dengan hasil jepretan Fuji juga. Tapi harga lensa lumayan mahal. Siapa tahu harus membeli lensa ber-aperture dibawah f2.0 untuk berfoto di indoor. Alternatifnya, kamera keluaran Olympus (PEN series) atau Sony bisa jadi pertimbangan.

    Pilihan terbaik sepertinya kamera Canon. Tidak menyarankan EOS-M. Seri Canon lain yang disebut diatas boleh juga.

    • Miranti

      25 November

      Iya lensa Fuji katanya memang lebih mahal ya. Terimakasih buat masukannya :)

  4. aquirel

    11 January

    kalau antara slr canon dgn mirrorless fuji, mending fuji. kualitas gambar setara slr plus bentuknya lebih kecil, jadi gak berat”in klo dibawa jalan jauh. oiya fuji sekarang udah bisa transfer foto langsung ke media sosial, seperti instagram, jadi gak perlu repot” mindahin foto.
    hope that help
    *i don’t work with fuji, i’m an amateur dslr user who wants to change into fuji

So, what do you think?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INSTAGRAM
KNOW US BETTER