CAKE-IN-A-MUG

Beberapa tahun lalu saya pertama menjajal resep ini saat menyiapkan salah satu segmen dalam program TV yang saya kerjakan satu tim dengan Nike. Resepnya dulu dapat via Google dari website luar, tapi saya sesuaikan lagi tingkat kemanisan dan kepadatannya dan bahan-bahannya disederhanakan lagi.

Nah di saat lagi dingin-dingin hujan sekarang gini, saya jadi inget kue ini. Resep aslinya menggunakan cokelat bubuk, tapi karena mencari yg praktis, jadi saya pakai minuman cokelat bubuk instan (saya pakai Delfi Hot Cocoa). Saya coba cari resep yang bahan-bahannya paling sedikit  dan rata-rata ada di rumah atau gampang dicari di minimarket biar kalau lapar bisa langsung saya buat. Bikin dan masaknya cuma perlu waktu 5 menit!

Di resep asli adonan dicampur di mangkuk lain baru dituang ke mug. Tapi daripada nambah cucian kan ya, langsung aja semua dicampur di mug :p

mugcake-1

Bahan:
(untuk 1 mug)

– 2sdm-peres terigu
– 1 bungkus minuman cokelat instan
– 1 butir telur ukuran kecil
– 2sdm minyak goreng
– 2sdm gula
– 2sdm susu cair/ air putih

Cara:

1. Tuang bahan-bahan kering ke dalam mug: terigu, cokelat instan, gula, aduk sampai warnanya rata dan tidak ada gumpalan terigu lagi. Tambahkan susu dan minyak. Pecahkan telur, kocok rata dengan sendok sampai adonan halus. (Coba kerik bagian dasar mug. kadang suka ada bubuk yang tidak teraduk di dasarnya.

2. Masukkan ke dalam microwave, masak selama 2,5-3,5 menit, tergantung tenaga microwave di rumah. Punya saya matang dalam waktu 2,5 menit (pakai microwave 800watt). Tapi waktu bikin di rumah tante saya perlu 3,5 menit. Setel saja untuk 2,5 menit dulu, cek, kalau belum matang tambah 20 detik lagi, begitu terus. Jangan sampai terlalu matang karena jadinya akan bantat dan seperti karet.

mugcake-2

3. Saat “dimasak”, aromanya biasanya sudah mulai tercium. Setelah matang, bisa langsung dimakan dari mug atau dikeluarkan dulu ke piring. Lebih enak dimakan bareng satu skup es krim (saya suka pakai es krim Walls Oreo *ehinibukanberbayar*). mugcake-3b

Maybe it looks messy, but it’s delicious! Kalau pakai cokelat bubuk biasa (bukan yg buat minuman instan), tambahkan sedikiiit garam dan sedikit vanili bubuk. Kalau bikin untuk berdua, coba telurnya dikocok di gelas lain lalu dibagi dua. Hasilnya lebih lembut dan cocok kalau buat anak-anak. Sabria lahap banget waktu disuapi kue ini.

Resep yang saya tulis di atas versi yang dasar banget. Boleh saja ditambah chocolate chips atau cincangan kacang. There are lots of cake in a mug recipes out there! Masih ada lagi beberapa versi lain yang pakai peanut butter, Nutella , bahkan salted caramel seperti di sini. Semua sama-sama menggoda…YUMMY!


Penyuka craft yang lebih senang dapat voucher toko buku dibanding voucher baju. Ibu satu putri yang akrab dipanggil Mamir ini selalu sibuk cari inspirasi dekor atau palet warna di internet sambil menyantap segala macam penganan yang ada di studio Living Loving. Kamu bisa menyapa Mamir di akun Instagram-nya (@mamiraz) atau mengontaknya di miranti (at) livingloving (dot) net

RELATED POST

  1. pipit

    3 February

    kalo dimasak di oven gitu bisa ga?? oya, ini bisa dibikin juga dengan bahan yang sama tapi dengan cara dikukus?? *gapunyamicrowave

  2. Tyas

    5 February

    Yummmy…thanks for the idea :)

So, what do you think?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INSTAGRAM
KNOW US BETTER