READING

LONDON’S CRAFTY FOX MARKET

LONDON’S CRAFTY FOX MARKET

Di London, hampir setiap akhir pekan ada pasar-pasar craft kecil di beragam lokasi. Salah satunya adalah Crafty Fox Market yang biasa diadakan setahun empat kali. Isinya beragam produk buatan tangan, mulai dari aksesoris hingga benda dekorasi rumah. Yang membuatnya menarik, pesertanya adalah hasil kurasi. Para crafter melamar lalu kemudian dipilih yang terbaik oleh badan penyelenggara. Jadi isi pasarnya berkualitas, tidak hanya orang yang mampu membayar harga sewa stand.

travel-andin-crafty-fox-4

Saya menghadiri beberapa market yang mereka adakan, terakhir adalah awal bulan lalu.  Trend yang sangat terlihat jelas adalah perhiasan yang terbuat dari akrilik. Juga kreasi-kreasi screenprinting, keramik, dan benda – benda kerjanina berbahan kayu. Pengrajin favorit saya adalah Little Moose, karena menurut saya desain perhiasannya unik dan fun.

travel-andin-crafty-fox-2

Saya juga membeli hiasan keramik berbentuk kaktus kecil dari stand This Way to the Circus.

travel-andin-crafty-fox-1

Bagi yang punya rencana berlibur ke London dan ingin mencari alternatif menarik selain tempat wisata turis, kunjungan ke craft fair mungkin bisa dimasukkan ke dalam to-do list kamu. Coba cek situs atau instagram Crafty Fox untuk tahu jadwal acara mereka berikutnya. Kamu juga bisa mengecek daftar pengrajin yang berpartisipasi, karena peserta pasar tidak selalu sama. Bahkan jika mereka mengadakan dalam dua hari berurutan, belum tentu partisipan setiap harinya sama. Tentunya rata-rata pengrajin ini juga memiliki toko online, jadi jika terlewati, benda-benda dapat di beli walau acaranya sudah berlalu.

Selain Crafty Fox Market, ada beberapa pasar-pasar kreatif lain yang tak kalah seru. Dua yang paling populer adalah London Renegade Craft dan London Artisan. Bulan Desember, Maret dan Juli, biasanya adalah waktu ramainya craft fair di London. Baik Crafty Fox Market maupun London Renegade Craft tidak memungut biaya tiket masuk.

Pasar-pasar craft ini tempatnya tersebar dan kadang pindah-pindah. Jadi untuk akomodasi mungkin sebaiknya cari yang berlokasi di dekat stasiun kereta, misalnya dekat Kings Cross. Kalau memesan tempat menginap via airbnb bisa cari tempat yang berlokasi di daerah East London. Atau bisa coba menginap di ACE Hotel, boutique hotel di daerah Shoreditch yang kemarin jadi salah satu tujuan design festival.

text and photo (cactus & necklace) by Andine Joyonegoro. Letterpress picture and feature image taken from Crafty Fox Market Instagram.

About Contributor
Andine Joyonegoro is a campaigner of accessible arts and culture based in England. In love with beautiful books, illustration, Indonesia, traveling, good food, watermelon and ice cream. Check out her blog, Indonesia in My Pocket, for more travel, illustration and book related posts.


Penyuka craft yang lebih senang dapat voucher toko buku dibanding voucher baju. Ibu satu putri yang akrab dipanggil Mamir ini selalu sibuk cari inspirasi dekor atau palet warna di internet sambil menyantap segala macam penganan yang ada di studio Living Loving. Kamu bisa menyapa Mamir di akun Instagram-nya (@mamiraz) atau mengontaknya di miranti (at) livingloving (dot) net

RELATED POST

So, what do you think?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INSTAGRAM
KNOW US BETTER