DIY MACRAME NECKLACE

Masih bermain dengan t-shirt yarns dari Tie-a-knot, kali ini kami akan memberikan inspirasi lain yaitu kalung. Cocok sekali untuk kalian yang memang kurang puas untuk membeli kalung yang di toko, kalian bisa memakai kalung buatan sendiri. Simpul yang kami gunakan hanya dua macam,  teknik yang akan kami gunakan dalam pembuatan kalung ini merupakan pola simpul dengan versi lebih sederhana dari pola simpul wall-hanging yang kami telah share beberapa pekan lalu. Yuk dilihat cara pembuatannya, selamat berkarya!

DIY-macramenecklace-material

ALAT DAN BAHAN

      • t-shirt yarns (kurang lebih 2,1m dan lebar 3mm)
      • manik-manik (4 buah)
      • jump ring (2 buah)
      • chain
      • lobster clasp
      • gunting
      • tang

LANGKAH PEMBUATAN
DIY-kalungmakrame-4

1. Siapkan 6 utas t-shirt yarn yang terdiri dari 2 utas dengan panjang 26 cm, 2 utas dengan panjang 34cm, dan 2 utas dengan panjang 44cm.

2. Lipat tiap utas yarn menjadi dua bagian, dengan proporsi panjang setiap bagian kurang lebih seperti di foto (akan mempengaruhi panjang utas yarn setelah dibuat pola simpul).

3. Siapkan rantai, pasangkan 6 utas t-shirt yarns ke rantai menggunakan simpul sederhana Larks Head, dimulai dengan melingkari bagian lipatan ke belakang lalu ke depan, kemudian masukan sisa yarn ke dalam lipatan tersebut. Sekarang jumlah bertambah menjadi 12 utas.

DIY-kalungmakrame-1
4. Buat 3 baris pola Square Knot. Simpul pertama dibuat pada dua utas tengah, lipat utas kelima ke arah kanan dengan posisi diatas utas keenam dan utas ketujuh, namun berada di bawah utas kedelapan. Lipat utas kedelapan ke arah kiri dengan melewati bawah utas ketujuh dan keenam, kemudian melewati atas utas kelima. Kencangkan simpul, lakukan hal yang sama namun dimulai dari arah yang berbeda yaitu utas kedelapan.

DIY-kalungmakrame-2
5. Lakukan simpul yang sama di baris kedua menggunakan utas ketiga hingga utas keenam, juga ketujuh hingga utas kesepuluh

DIY-kalungmakrame-3
6. Kemudian lakukan simpul yang sama juga pada utas kelima higga kedelapan di baris ketiga.

DIY-macramenecklace-bead
Setelah itu pasang manik-manik, juga di beri simpul sederhana dibawah beads agar manik-manik tidak jatuh. Sambungkan rantai dengan jump rings dan lobster claps.

Kalung buatan sendiri siap menemani aktivitas kamu! :)

 

Teks dan foto oleh Nafisa Rahmania


RELATED POST

  1. meredita

    9 February

    Mohon informasi dimana membeli bahan-bahan untuk membuat kalung ini

So, what do you think?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INSTAGRAM
KNOW US BETTER