DIY MACRAME WALL HANGING

Bingung untuk mengisi dinding kosong ruangan? Kali ini kami akan memberikan inspirasi DIY wall hanging, tenang alat dan bahannya mudah di dapat kok. Bahan utama nya yaitu t-shirt yarn dari Tie-a-knot, karena kami akan memberi warna pada yarn yang digunakan, maka kami memilih t-shirt yarn berwarna putih. Oiya,teknik pembuatan macrame ini hanya memerlukan tiga macam simpul saja lho! Selamat mencoba.

DIY-macrame-ftimages

Alat & Bahan

  • T-shirt yarns sepanjang 60 meter (kami memakai 1,5 gulung t-shirt yarns Tie a Knot lebar 3mm)
  • Batang kayu sepanjang kira-kira 100cm
  • Pewarna tekstil (kami memakai merk Dylon)
  • Garam
  • Air panas
  • Gunting
  • Ember untuk mencelup benang

Cara pembuatan:

  1. Siapkan t-shirt yarn sebanyak 12 utas masing-masing sepanjang 5 meter. Lipat masing-masing menjadi dua bagian sama panjang. Sandarkan batang kayu pada dua tiang atau bangku tinggi.
  2. Pola pertama adalah Larks Head Knot. Caranya seperti membuat simpul sederhana melingkari batang kayu. Sampirkan yarn di depan batang kayu, bagian lipatan jatuh ke belakang batang kayu. Masukkan sisanya ke dalam gelungan hingga membentuk simpul sederhana. Ulangi untuk sisa yarn yang ada. Rapikan hingga masing-masing simpul berjarak sekitar 5cm dari simpul berikutnya.
    diy-macrame-wall-hanging-1
  3. Pola berikutnya adalah 3  baris Square Knot. Masing-masing simpul dibuat dari 4 utas yarn. Mulai dengan mengikat yarn paling kiri ke arah kanan (di atas benang) dan mengikat yarn paling kanan ke arah kiri (di belakang benang. Setelah itu, buat simpul yang sama tepat di bawahnya, tapi mulai dari yarn paling kanan. Kali ini yarn kanan diletakkan di atas benang, dan yarn kiri diletakkan di bawah benang. Jadi lakukan sebanyak 7 kali, berganti-gantian dari kiri dan kanan. Ulangi pada sisa utas yarn yang ada di sebelahnya. Usahakan posisinya sejajar.
    diy-macrame-wall-hanging-4
  4. Untuk baris kedua Square Knot, buat simpul dengan memasangkan 2 utas yarn dari kiri dan 2 utas yarn dari kanan agar membentuk belah ketupat. Biarkan 2 utas yarn paling kiri dan paling kanan tak usah disimpul.
  5. Untuk baris ketiga Square Knot, ulangi langkah ketiga.
  6. Buat divider dengan satu baris simpul sederhana. Ambil yarn paling kiri, kaitkan dengan helai yarn yang tepat bersebelahan lalu buat simpul hidup berjarak sekitar 5cm dari atas. Gunakan helai yarn pertama (yang awalnya berada paling kiri) untuk membuat simpul di helai yarn yang berada tepat di sebelah simpul pertama, turunkan posisi simpul sekitar 1,5cm agar hasilnya nanti miring. Lanjutkan hingga mencapai helai yarn yang berada tepat di tengah.
    diy-macrame-wall-hanging-6
    diy-macrame-wall-hanging-2b
  7. Lakukan langkah yang sama dengan langkah ketiga di atas, tapi dimulai dari helai yarn yang paling kanan. Setelah mencapai bagian tengah, buat simpul mati. Hasil akhirnya nanti akan membentuk huruf V
  8. Selanjutnya adalah satu baris pola Half Knot (Spiral). Teknik simpul ini hampir sama dengan simpul Square Knot, namun helai yarn yang dipakai selalu dimulai dari arah yang sama. Kami menggunakan 4 utas yarn, dan simpul selalu dimulai dari satu sisi yang sama, kami memulai dari helai yang paling kiri. Mulai dengan mengikat yarn paling kiri ke arah kanan (di atas benang) dan mengikat yarn paling kanan ke arah kiri (di belakang benang). Buat simpul tepat di bawahnya, dimulai dari yarn paling kiri diletakkan di atas benang. Buat sepuluh simpul untuk masing-masing bagian. Hasil akhirnya akan seperti tangga yang terpilin.
    diy-macrame-wall-hanging-5
    diy-macrame-wall-hanging-3
  9. Untuk mengakhir macrame, buat teknik simpul sederhana yang sama dengan langkah keenam dan ketujuh namun dengan arah berlawanan. Awali dari yarn paling pinggir dengan posisi sekitar 15cmdi bawah Half Knot, berlanjut ke helaian yarn di sebelahnya sambil sedikit-sedikit menaikkan posisi simpul. Hasil akhirnya membentuk motif Ʌ.
    diy-macrame-wall-hanging-8
  10. PEWARNAAN: Isi baskom besar atau ember dengan air panas kira-kira setinggi 5cm. Taburi satu sendok makan garam. Tuang pewarna bubuk dengan warna yang diinginkan. Kami menggunakan warna Rose Pink dari Dylon sebanyak 2 sendok teh untuk menghasilkan warna pink lembut. Celup sekitar 70-100cm rumbai bagian bawah macrame selama 10 menit. Lalu angkat sedikit (kira-kira 20cm) agar bagian bawah macrame terendam pewarna lebih lama, kira-kira 10 menit. Lalu celupkan macrame hingga mendekati batas bawah simpul terakhir, diamkan selama satu menit. Proses ini akan menghasilkan nuansa ombre pada macrame. Jemur macrame sambil digantung hingga kering.
    diy-macrame-wall-hanging-7
    DIY-macrame-dying1
    DIY-macrame-dying2
  11. Setelah kering, gantung batang kayu macrame pada 2 buah paku di dinding. Rapikan rumbai bagian bawah macrame dengan gunting agar tidak menyapu lantai. Kami tidak ingin hasil yang terlalu simetris jadi kami potong miring ke arah kanan dengan sedikit berantakan.

DIY-macrame-hasil jadi 3

Ya awalnya mungkin terdengar sedikit rumit. Tapi begitu sudah mencoba simpul-simpul dasarnya, terasa mudah dan menyenangkan lho! Karena T-shirt yarn dari Tie-a-knot ini berbahan katun, jadi dapat menyerap pewarna dengan baik dibanding kalau menggunakan tali atau benang sintetis. Kami mendapatkan batang kayu di Artland, tapi kamu juga bisa memanfaatkan ranting pohon yang cukup kokoh atau pipa aluminium.

Selain bisa untuk menghias dinding, macrame wall-hanging ini juga bisa dijadikan latar untuk photo booth di acaramu. Coba buat 3 buah wall hanging dengan tinggi yang berbeda. Atau buat satu buah macrame wall hanging besar yang dibuat dari 24 utas yarn agar hasil akhirnya lebih lebar.

Teks dan foto: Nafisa Rahmania


RELATED POST

  1. yudhi puspa tia

    30 November

    ya ampunn… mesti coba inih. makasih LL :*

  2. Anik Fitriana

    12 December

    Livingloving pernah adain acara semacam seminar/workshop ga? Atau bikin komunitas yang sering adain pertemuan untuk bikin D.I.Y bareng? Ak mau join dong.. Pengen belajar sambil tambah temen” baru juga.. :)

So, what do you think?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INSTAGRAM
KNOW US BETTER