MAKE YOUR OWN HAND WASH

Sejak tahun lalu, kami mulai familiar dengan produk perawatan tubuh buatan rumah dengan kandungan kimia minimal seperti sabun, body scrub dan lip balm. Lalu beberapa bulan ini, Nike juga mulai menggunakan essential oils yang diteteskan ke dalam diffuser sebelum tidur supaya istirahat lebih nyaman.

Nah, beberapa minggu lalu kami bertemu dengan Cindy dan Astrid dari Organic Supply Co. dan kami senang sekali. Soalnya jadi belajar banyak tentang manfaat essential oils dan dapat banyak ide meramu produk sendiri. Selama ini kita kan sering melihat kandungan produk sabun atau shampo yang dijual bebas itu kandungannya njelimet banget. Ternyata kita bisa lho membuat sabun, shampoo, lotion hingga lipbalm kita sendiri di rumah dengan bahan alami, less-njelimet dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau selera kita. Organic Supply Co ini memudahkan mereka yang tertarik untuk meramu produk mereka sendiri karena semua bahan hingga wadahnya sudah disediakan. Jadi kami mengajak Cindy dan Astrid untuk berbagi resep produk yang bisa kami coba. Ini dia salah satunya, sabun cuci tangan organik.

Bahan utamanya adalah Castile soap. Castile soap adalah sabun berbahan dasar minyak tumbuhan. Produk Castile soap yang punya sertifikat organik umumnya bebas dari kandungan deterjen sintetis. Selain lebih aman untuk kulit, Castile soap ini juga lebih ramah lingkungan. Cairan ini bisa dijadikan bahan dasar dari macam-macam produk pembersih, mulai dari perawatan badan sampai cairan pembersih rumah.

diy-organic-supply-handwash-1

NOURISHING NON-TOXIC HAND WASH

Bahan-bahan
80 ml Castile Soap organik
40 ml air mineral atau air biasa yang direbus lalu didinginkan
5 ml atau 1 sdt kapsul vitamin E oil (bisa tidak dipakai)
10 ml atau 2 sdt nourishing carrier oil, misalnya Avocado oil
10 tetes minyak esensial Tea Tree
6-8 tetes minyak esensial Jeruk
1 botol plastik

Cara pembuatan:
1. Tuang air ke dalam mangkuk kaca atau gelas kaca, lalu tuang Castile soap ke dalam botol perlahan-lahan.
diy-organic-supply-handwash-2

2. Tambahkan minyak Avocado (bisa diganti dengan carrier oil lain, misalnya Sweet Almond)
diy-organic-supply-handwash-3

3. Tambahkan minyak esensial Tea Tree dan Jeruk. Aduk rata. Kalau mau kamu bisa tambahkan vitamin E dari kapsul lunak yang banyak dijual di farmasi atau gerai perawatan wajah. Vitamin E ini bisa memperpanjang masa kadaluarsa sabun cuci tangan. Tapi kalau tidak dipakai pun tidak masalah.
diy-organic-supply-handwash-4

4. Tuang cairan ke dalam botol plastik. Jangan lupa tempelkan label agar tidak tertukar dengan produk lain.
diy-organic-supply-handwash-5

diy-organic-supply-handwash-6

Tekstur sabun cuci tangan ini memang sedikit cair dan tidak sekental produk komersil yang ada di pasaran. But it’s a good alternative to use less chemical in your everyday life. :)


Penyuka craft yang lebih senang dapat voucher toko buku dibanding voucher baju. Ibu satu putri yang akrab dipanggil Mamir ini selalu sibuk cari inspirasi dekor atau palet warna di internet sambil menyantap segala macam penganan yang ada di studio Living Loving. Kamu bisa menyapa Mamir di akun Instagram-nya (@mamiraz) atau mengontaknya di miranti (at) livingloving (dot) net

RELATED POST

  1. Karina Anggraeni

    13 October

    This is a brilliant idea. Yes Castile soap sangat multifungsi, aku pakai ini buat bersihin brush make-up :)

    thank you for sharing!

  2. stephanie

    15 October

    Ini gak perlu pengawet?

    • Miranti

      19 October

      Hai Stephanie. Iya, ini tidak memakai pengawet karena memang ingin dibuat sealami mungkin.

  3. Tia putri

    19 October

    Bahan-bahan yang dipakai diatas nama pasarannya apa dan bisa dibeli dimana? Apakah tersedia di toko bahan kimia biasa ? terima kasih jawabannya :)

    • Miranti

      19 October

      halo Tia, Semua bahan-bahan di atas bisa dibeli di http://www.organicsupply.co. Kami kurang tahu apakah di toko bahan kimia biasa menyediakan atau tidak, karena bahan-bahan yang dipakai ini semua organik. :)

So, what do you think?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INSTAGRAM
KNOW US BETTER