PAPER PLAY

Salah satu kebiasaan saya adalah suka beli stationery atau craft supplies walau belum punya rencana mau diapakan barang-barang itu. Mulai dari kain katun, kertas kado, pita, washi tape, dan segala macamya. Alasannya? Yah beli aja dulu mumpung nemu yang lucu, nanti baru dipikirin mau dijadiin apa. Saya kalap belanja cuma kalau ketemu barang-barang tadi saja. Giliran kosmetik, baju, atau sepatu malah cuek. Hihi…

Nah salah satu craft supplies yang suka saya beli itu adalah kertas scrapbook. Suka sekali lihat macam-macam motif dan warna kertas yang desainnya selalu berganti tiap musim. Salah satu tempat saya berburu itu di Made With Love di Grand Indonesia. Kalau ke GI pasti mampir sini, walau ga selalu belanja yang penting cuci mata dulu. Tapi dari dulu saya justru jarang banget memakai kertas-kertas itu untuk membuat scrapbook. Seringnya saya pakai untuk membuat kartu ucapan atau bikin hiasan. Saya juga pernah bikin buku tamu hard cover untuk kawinan saya dulu dan sampulnya dilapisi dengan kertas i. Ada yang suka belanja kertas scrapbook juga? Kalau misal kertas scrapbook sudah menumpuk atau sudah beli kertas tapi merasa membuat scrapbook terlalu rumit, coba manfaatkan saja jadi bentuk kreasi sederhana seperti di bawah ini.

MINI NOTEBOOK

sponsored-mwl-2

Buku catatan sederhana bersampul manis. Saya bawa di tas untuk jaga-jaga kalau perlu mencatat sesuatu. Bisa juga dijadikan goodie bag untuk pesta anak. Cara membuatnya pun mudah: cukup potong beberapa lembar kertas HVS dan selembar kertas scrapbook seukuran A5. Lipat bagian tengahnya lalu satukan dengan stapler pada tengah lipatan. Bisa juga diisi dengan kertas bekas yang salah satu sisinya masih bersih.

GREETING CARD

sponsored-mwl-3

Punya banyak sisa guntingan kertas scrapbook yang ukurannya tidak terlalu besar? Coba potong kecil-kecil membentuk setengah elips lalu kreasikan jadi kartu ucapan berhias “perbukitan” yang terinspirasi dari karya Laura Blythman ini. (check out her beautiful artworks here)

PAPERDOLLS

sponsored-made-with-love

Saya gambar pola orang-orangan di karton putih lalu menggunting bentuk baju dari karton scrapbook bermotif. Kalau tidak bisa menggambar, bisa googling template boneka kertas di internet, atau jiplak gambar anak-anak dari dalam buku cerita. Coba buat beberapa model baju agar anak-anak bisa bermain padu-padan.

Sebagian besar kertas scrapbook punya motif di kedua sisinya, jadi hati-hati saat mau menggunakannya. Jangan sampai motif yang kamu suka jadi terpotong karena lupa mengecek sisi sebaliknya. Kemarin kami juga memanfaatkan kertas-kertas dari Made With Love untuk menghias bagian dalam rumah boneka kayu di Happy Nest Series bulan lalu. Selain kertas scrapbook, ada macam-macam embellishment, cat, tinta, pembolong kertas, dan hiasan yang bisa kamu temui di toko Made With Love. Psst..buat yang suka hand-lettering, bisa mendapatkan Wink of Stella, Kuretake Clean Color Real Brush Pens dan ZIG Brushables di sini lho. Untuk ide kreasi lain yang menggunakan perlengkapan scrapbook, coba cek instagram mereka di @madewithloveindonesia.

 


Penyuka craft yang lebih senang dapat voucher toko buku dibanding voucher baju. Ibu satu putri yang akrab dipanggil Mamir ini selalu sibuk cari inspirasi dekor atau palet warna di internet sambil menyantap segala macam penganan yang ada di studio Living Loving. Kamu bisa menyapa Mamir di akun Instagram-nya (@mamiraz) atau mengontaknya di miranti (at) livingloving (dot) net

RELATED POST

  1. Tiananda

    20 October

    Ide bagus! :D Kalo aku suka beli kertas scrapbook buat alas foto produk hehehe… Untuk dipajang di bingkai polos juga bisa yaaa…

So, what do you think?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INSTAGRAM
KNOW US BETTER