PAPER AND INK

Ketika melihat Instagram akhir-akhir ini, banyak sekali feed berupa quotes yang ditulis dengan gaya hand-lettering. Banyak juga yang tertarik untuk berlatih seni menulis ‘cantik’ ini. Salah satu akun instagram lokal yang menurut kami memiliki kreasi hand-lettering menarik adalah @eindraw milik Erwin Indrawan. Selain mengeksplor beraneka macam pena dan teknik, Erwin juga kreatif memadu madankan warna dan jenis font yang digunakan. Coba simak obrolan kami dengan Erwin mengenai hand-lettering.

Sejak kapan mulai tertarik dengan hand-lettering?
Sejak pertengahan 2013, saya mulai tertarik dengan hand-lettering karena melihat video kaligrafi seorang seniman muda dari St.Petersburg bernama Pokras Lampas. Tangannya yang luwes dalam menulis kaligrafi Blackletter membuat saya kagum dan tertarik untuk mencari tahu lebih banyak tentang kaligrafi. Dari banyak menggali ini pula saya mengetahui bahwa hand-lettering itu mencakup 2 disiplin: Kaligrafi dan Lettering. Secara sangat disederhanakan, kaligrafi adalah menulis huruf sedangkan lettering adalah menggambar huruf.

source: sallysanders.com

source: sallysanders.com

Gambar di atas adalah contoh kaligrafi, tangan bergerak seperti menulis.

source: abduzeedo.com

source: abduzeedo.com

Gambar di atas adalah contoh lettering, tangan menggambar huruf. (Hand lettering by Tobias Saul)

Siapa hand-lettering artist favorit atau yang menjadi influence?
Wah banyak sekali seniman kaligrafi dan lettering yg saya kagumi dan mereka semua punya pengaruh besar pada disiplin saya dalam berkarya, namun ada 1 orang seniman kaligrafi yg paling saya idolakan sejak awal sampai sekarang, dia bernama Luca Barcellona

Saya mengaguminya karena dia adalah seorang kaligrafer matang dalam hal teknis maupun substansial. Dia membuat saya percaya bahwa kemampuan dasar (basic skill) adalah hal yg terpenting yg harus dikuasai sebelum mengeksplorasi lebih jauh ke gaya individual.

Tools apa saja yang biasa digunakan?
Tools yang digunakan dalam kaligrafi & lettering sangat tergantung pada jenis huruf yg ingin dihasilkan. Misalnya untuk brush calligraphy tentu saja tools nya adalah brushpen atau real brush, untuk chalk lettering bisa memakai kapur tulis atau chalk pencil atau pastel, dan sebagainya.

Biasanya yg paling mudah didapat adalah tools untuk lettering karena hanya membutuhkan pensil, penghapus dan spidol/marker.

Basic tools apa saja yang harus dimiliki untuk pemula yang ingin belajar hand-lettering?
Untuk lettering bisa dimulai dengan pensil dan penghapus. Untuk kaligrafi bisa mulai belajar dengan double-pencil (dua pensil yg direkatkan satu sama lain) sebelum beralih ke pena & tinta. Alat sederhana ini sangat efektif untuk melatih keseimbangan dan struktur dalam menarik garis.

tips-lettering-eindraw7\ tips-lettering-eindraw4

Seperti apa pengaruh pemakaian jenis tools yang digunakan dengan hasil font yang ingin dihasilkan?
Sejujurnya saya percaya bahwa tools hanyalah sekedar alat untuk mewujudkan ide/ekspresi seorang seniman menjadi sesuatu yg nyata/berwujud, tidak lebih dari itu. Tools bukanlah hal yg terpenting dalam berkarya, yg lebih penting adalah ide/konsep dan skill yang matang. Jika seseorang telah mencapai kematangan dalam skill maka tools apapun yg digunakan akan tetap bisa menghasilkan karya yg berkualitas.

Apakah ada aturan-aturan tertentu tentang tipografi untuk hand lettering? Seperti misalnya tinggi huruf, ketebalan, dsb.?
Ada. Setiap huruf dalam kaligrafi & lettering memiliki aturan baku dalam bentuk, ukuran, proporsi dan spasinya. Tujuan dari aturan ini adalah agar supaya sebuah karya/desain enak dilihat oleh mata hingga pesannya dapat dicerna oleh publik.

tips-lettering-eindraw3

Adakah tips-tips flourish untuk hand lettering seperti kapan bisa menambah dekorasi seperti  swirl dan kapan saatnya menahan diri untuk menambahkan ornamen?
Flourish dalam karya kaligrafi & lettering adalah sebuah hiasan. Aturan sederhananya adalah hiasan tidak boleh mengalihkan perhatian orang dari karya utamanya yaitu huruf dalam kata-kata. Flourishing adalah seni tersendiri karena sangat bergantung pada selera seseorang, namun sebuah flourish yg baik adalah flourish yg dapat menjadi counter-form bagi huruf di dekatnya dan merata negative-space nya.

Boleh share sedikit tips untuk yang ingin mempelajari hand-lettering?
Kuasai kemampuan dasar terlebih dahulu, pelajari dan patuhi semua peraturan hingga benar-benar mengerti. Barulah setelah itu kita dapat mulai mengeksplorasi bahkan ‘melanggar’ peraturan tersebut. Idealnya setiap orang terlebih dahulu berlatih kaligrafi sebagai basic skill sebelum beralih ke lettering karena kaligrafi melatih mata agar peka terhadap letter form & letter spacing yg konsisten.

Apakah ada rekomendasi buku atau website seputar hand lettering?
Website yang selalu saya rekomendasikan kepada semua org yg ingin memulai berlatih kaligrafi adalah http://www.iampeth.com karena di situs inilah semua resource tentang kaligrafi tersedia secara lengkap dan terkategori dengan baik. Dan tentu saja Instagram, Pinterest, Dribbble dan Behance.

Untuk buku, saya merekomendasikan:

tips-lettering-eindraw6

  1. Calligraphy Studio by Christopher Calderhead (ada di TB. Gunung Agung Sency)
  1. HAND TO TYPE by Jan Middendorp (ada di Kinokuniya PS dan Aksara PI)
  1. Calligraphy Tools & Techniques by Gaye Godfrey-Nicholls (ada di Gramedia GI)

 

Terimakasih Erwin Indrawan yang sudah berbagi mengenai hand-lettering dan tips-tipsnya. Now its time for you, readers, to grab your tools and start practicing! :)

photo credit: Erwin Indrawan’s Instagram (lettering photos), Amazon.com (books cover)
written by: Diah Ayu Wulandari

tips-lettering-eindraw-profileErwin Indrawan adalah seorang desainer grafis yg telah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Sekitar pertengahan 2013 Ia mulai tertarik untuk menekuni kaligrafi dan dengan cepat berubah menjadi sebuah hobi yg serius.

Menganggap dirinya sebagai otodidak dan mencari ilmu kaligrafi dasar dari buku-buku serta menganalisa karya-karya seniman yg dikaguminya. Setahun sejak mulai menekuni kaligrafi, Ia memutuskan utk membagi pengetahuannya dalam brush calligraphy melalui sebuah kelas/workshop. Workshop pertamanya diadakan di bulan September 2014 dan sejak itu Erwin telah mengadakan 6 workshop di Jakarta, Bandung dan terakhir di Singapura pada awal Mei 2015.

Lebih lanjut tentang Erwin bisa dilihat di Instagram: @eindraw.


Penyuka craft yang lebih senang dapat voucher toko buku dibanding voucher baju. Ibu satu putri yang akrab dipanggil Mamir ini selalu sibuk cari inspirasi dekor atau palet warna di internet sambil menyantap segala macam penganan yang ada di studio Living Loving. Kamu bisa menyapa Mamir di akun Instagram-nya (@mamiraz) atau mengontaknya di miranti (at) livingloving (dot) net

RELATED POST

So, what do you think?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INSTAGRAM
KNOW US BETTER