READING

BOOK STORAGE IDEAS FOR APARTMENT

BOOK STORAGE IDEAS FOR APARTMENT

Beberapa waktu lalu, saya dan Maesy sempat ngobrol-ngobrol seputar ide dekorasi rumah. Maesy sedang mencari ide untuk penyimpanan buku di apartemennya. Lalu saya pun jadi penasaran udan mencari tahu ide-ide untuk rak buku yang cocok untuk ruang terbatas.  Saya mencari inspirasi dari internet sekaligus mengecek beberapa toko home decor yang ada di Jakarta.

Untuk mensiasati ruang terbatas yang biasanya jadi masalah saat mendekor apartemen, kuncinya adalah memilih furnitur yang sederhana, hemat ruang dan multifungsi. Untuk apartemen tipe studio, kamu bisa memanfaatkan rak buku besar seperti yang ada di feature image untuk menyimpan koleksi bacaan, pajangan, sekaligus berfungsi sebagai pembatas ruang.

Desain yang sederhana lebih aman dibanding yang terlalu abstrak atau berukir karena lebih menghemat tempat dan tidak memberi kesan sesak. Agar hemat ruang, mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk memanfaatkan ruang vertikal dengan memilih rak yang meninggi dibanding melebar. Coba cek rak vertikal di IKEA tipe Mulig, Lack, atau sistem Algot yang dapat dikombinasi dan diatur tinggi rendahnya sesuai dengan kebutuhan.

decor-inspiration-book-storage-apartments-3

kiri ke kanan: rak IKEA tipe Lack, Algot, dan Mulig.

Untuk rak kayu yang lebih kokoh, Smart Shelves yang disandarkan di dinding kreasi 2madison mungkin bisa jadi pilihan.

decor-inspiration-book-storage-apartments-2.jpg

Pilihan lainnya dengan memasang ambalan pada dinding. Untuk ambalan kamu bisa coba cari di ACE Hardware, Informa, atau IKEA dengan harga mulai dari Rp179.000. Untuk ruangan bergaya industrial, bisa coba berDIY ria dengan membuat rak menggunakan pipa logam.

decor-inspiration-book-storage-apartments-9

ambalan tipe Dexter. foto dari informa.co.id

decor-inspiration-book-storage-apartments-8

decor-inspiration-book-storage-apartments-7

Furnitur yang multifungsi berarti bisa menghemat budget (karena kamu mendapat dua fungsi dalam satu produk) sekaligus menghemat ruang. Contohnya coffee table yang sekaligus berfungsi jadi rak buku ini. Untuk di Indonesia saya belum menemukan meja yang serupa, tapi ada beberapa desain meja kopi dengan tempat penyimpanan di bagian bawahnya di toko-toko yang sudah disebutkan tadi. Untuk ruang tamu atau ruang tidur, coba kunjungi Arbor and Troy untuk ottoman yang stylish sekaligus multifungsi.

decor-inspiration-book-storage-apartments-5a

sumber foto: countryliving.com (kiri), arborandtroy (kanan)

Untuk menyimpan majalah di ruang tamu, manfaatkan kotak atau keranjang anyam agar bacaanmu tersimpan di satu wadah dan mudah dipindahkan. Kami suka Biscay basket dari Nagarey yang berkesan natural. Untuk pilihan yang lebih berwarna, visit Cayenne’s second floor and pick a box with your favorite color. Untuk kamar anak, ACE Hardware menjual beberapa jenis kotak penyimpanan berbentuk bus yang bisa sekaligus berfungsi sebagai tempat duduk. Bisa dimanfaatkan untuk menyimpan buku cerita anak atau mainan mereka.

decor-inspiration-book-storage-apartments-10

 

Sumber foto feature image: the every girl.


Penyuka craft yang lebih senang dapat voucher toko buku dibanding voucher baju. Ibu satu putri yang akrab dipanggil Mamir ini selalu sibuk cari inspirasi dekor atau palet warna di internet sambil menyantap segala macam penganan yang ada di studio Living Loving. Kamu bisa menyapa Mamir di akun Instagram-nya (@mamiraz) atau mengontaknya di miranti (at) livingloving (dot) net

RELATED POST

  1. Leora

    30 November

    Hi kak Nike dan Mira
    Kami Leora Desain Interior terimakasih tentang sharing decor ideas seperti ini. Dalam hal interior tentu banyak orang yang mempunyai keinginan dan ide termasuk kakak
    Jika ada keinginan untuk membuat ruangan, kami sangat senang, kami bisa membantu dari berapapun ukuran tak ada batas minimal. Berbagai bahan, terutama multiplek + hpl menjadi unggulan kami
    Kakak dan pembaca bisa lihat portofolio di leorafurniture.co.id

  2. alvarida

    29 March

    Saya suka dengan desain rak buku yang terbuat dari paralon itu, selain mudah bahannya juga gampang dan kelihatannya juga kreatif hehe
    saya juga punya beberapa macam desain interior untuk buku di portfolio saya aprointerior.com

So, what do you think?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INSTAGRAM
KNOW US BETTER