READING

INTRO TO CREATIVE SERIES: BLOGGING

INTRO TO CREATIVE SERIES: BLOGGING

Perkembangan industri kreatif saat ini sangatlah pesat. Banyak sekali orang yang memilih untuk menjalankan bisnis sendiri di luar pilihan untuk bekerja kantoran. Bisnisnya pun beragam mulai dari membuka usaha kuliner, clothing, sampai menjadi professional blogger. Itulah salah satu alasan kenapa saya dan Nike memutuskan membuat rubrik baru “Creative Series” di Living Loving. Kami ingin berbagi pengalaman dan tips, baik pribadi maupun dari narasumber, tentang berbagai topik yang berkaitan dengan industri kreatif ini.

The first series is about blogging. Kami melihat saat ini semakin banyak orang yang memilih untuk menseriusi blognya. Mulai dari fashion blogger, food blogger, lifestyle blogger, maupun travel blogger, banyak sekali yang mulai melirik blog bukan hanya sekedar sebagai sarana penyaluran hobi tapi juga sebagai salah satu alternatif profesi. That’s why di creative series perdana ini kami ingin membahas sedikit tentang blogging.

essentials-creativeseries-intro-1

Hal pertama dalam membuat blog tentu saja menentukan konten, karena sangat berpengaruh kepada platform apa yang dibutuhkan. Kami sendiri memilih WordPress karena blog pribadi saya dan Nike menggunakan WordPress jadi sudah terbiasa dengan cara kerjanya. Coba simak penjelasan Andri Permana, teman kami yang membantu mengurus hosting dan domain untuk Living Loving memberi sedikit masukan sebagai bahan pertimbangan:

“Kalau blogmu akan menyajikan lebih banyak konten berupa teks, saya sarankan untuk tidak memakai WordPress dengan alasan akan memakan resource yang banyak, Dotclear yang sudah lama dipakai dan Ghost yang baru diperkenalkan bisa jadi pilihan. Begitupun kalau blog tersebut akan fokus di foto, misalnya sebuah blog fotografi, saya akan menyarankan platform yang memang diperuntunkan untuk para fotografer seperti VSCO dan 500PX.

Untuk para blogger yang kontennya paduan keduanya dan berminat untuk melakukan banyak kostumisasi, saya akan menyarankan WordPress atas dasar popularitas dan ragam kostumisasinya. Semua update dapat dilakukan melalui Dashboard blog kita, baik memasukan post baru maupun merubah post yang sudah ada. Termasuk juga merubah tampilan blog secara keseluruhan (mengganti theme). Bagi yang sudah pernah membuat dan menulis blog di wordpress.com tidak ada perbedaan sama sekali dan akan sangat cepat beradaptasi.”

Kami tidak akan membahas lebih jauh soal apa perbedaan blogging platform yang satu dengan lainnya, because you can just google “blogging platform” and find 4,570,000 results in just 31 seconds. Yang kami bahas adalah lebih ke sisi praktikalnya dengan meminta beberapa teman kami untuk sharing pengalaman mereka. Seri ini akan kami bagi menjadi 4 topik: Self-hosted blog, memilih nama domain, customize layout, dan sekilas tentang content-mapping. You can read the first part here. Happy reading.


Penyuka craft yang lebih senang dapat voucher toko buku dibanding voucher baju. Ibu satu putri yang akrab dipanggil Mamir ini selalu sibuk cari inspirasi dekor atau palet warna di internet sambil menyantap segala macam penganan yang ada di studio Living Loving. Kamu bisa menyapa Mamir di akun Instagram-nya (@mamiraz) atau mengontaknya di miranti (at) livingloving (dot) net

RELATED POST

So, what do you think?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INSTAGRAM
KNOW US BETTER