READING

YEAR IN REVIEW AND 2016 BLOG PLAN

YEAR IN REVIEW AND 2016 BLOG PLAN

November lalu kami menghabiskan waktu 2 minggu untuk meeting, pra-raker, dan raker. Ya, Raker alias rapat kerja untuk mengevaluasi perkembangan Living Loving selama 2015 dan membahas rencana untuk tahun 2016. Mungkin terdengar serius sekali untuk sebuah blog ya. But we do treat our blog seriously. Kami merencanakan setiap post sejak sebulan sebelumnya, menginvestasikan waktu untuk mencari referensi, membuat mood board, mempersiapkan pemotretan, mengedit naskah, sambil mengurus media sosial dan bertemu klien juga teman baru.

Kami punya banyak hal untuk dievaluasi dan direncanakan, makanya raker pun jadi cukup intens dan menghabiskan waktu seharian walau yang meeting cuma berdua. Karena banyak yang perlu dibahas, kami masing-masing mempersiapkan bahan dalam bentuk presentasi beberapa hari sebelumnya agar raker lebih efektif dan ga perlu dimulai dari nol. Oh sedikit tips, siapkan banyak stok camilan untuk menjamin kelancaran raker..haha..

Living Loving Reader Survey 2015

Salah satu bahan evaluasi kami adalah hasil survey yang sempat kami lakukan bulan Juli lalu. Beberapa highlight yang kami catat adalah:

  • Kategori Decor masih menjadi favorit pembaca diikuti oleh kategori Design dan Craft.
  • Gaya desain favorit masih dipegang oleh gaya Skandinavia/ Mid-century, Industrial/ modern, lalu diikuti oleh Vintage/Retro.
  • Untuk usulan rubrik, sebagian besar minta agar post DIY dan home decor ditambah dan topiknya lebih variatif.
  • Untuk offline event masukannya adalah untuk menambah workshop di luar Jakarta. Plus menambah variasi workshop non-craft.

Selain itu, data dari Google Analytics juga menjadi masukan untuk kami. Ada beberapa perubahan cukup signifikan dari sisi demografis dan teknis.

  • Usia pembaca kami yang terbanyak berada di rentang 25-34 tahun, diikuti dengan pembaca usia 18-24 tahun.
  • Persentase pembaca pria bertambah dari sekitar 10% menjadi 20%.
  • Pageviews bertambah 115% juga jumlah users dan sessions yang bertambah 10-11%.
  • Dan yang membuat kami senang adalah, angka rata-rata bounce rate kami berkurang dari 69.12% sepanjang tahun 2014 menjadi 11,17% di tahun 2015 ini. Desember ini kami juga mencatat bounce rate sebesar 2,85%. Yay!

Living Loving's Google Analytics Comparison 2014-2015

Living Loving Google Analytics for December 2015

Melihat hasil survey, Google Analytics, juga setelah mengubek-ubek puluhan situs referensi (literally, mulai dari blog fashion, teknologi, blogging tips, sampai pinterest board) kami berdua memutuskan untuk lebih fokus pada topik-topik seputar Home & Living untuk 2016 nanti. Bukan berarti kami akan menghilangkan kategori lain seperti Craft, Travel, Recipes dan lainnya. Hanya saja kami merasa kalau porsi dari konten home decor dan creative living kami perlu diprioritaskan.

We have lots of plans and dreams for the upcoming 2016. So expect to see more home and living inspirations in our blog. More lovely nest posts, more home decor inspirations, more DIY decor tutorials, more design tips from the experts, and of course, more creative living workshops. Bagaimana denganmu? Apa rencanamu untuk 2016?

*we’re using Papercrane’s Weekly 2016 Everyday Planner – Navy for the feature images. You can get yours via Papercrane’s website for Rp375.000. Available in other cover designs such as Fleuri, Mint, and Rainbow.


Penyuka craft yang lebih senang dapat voucher toko buku dibanding voucher baju. Ibu satu putri yang akrab dipanggil Mamir ini selalu sibuk cari inspirasi dekor atau palet warna di internet sambil menyantap segala macam penganan yang ada di studio Living Loving. Kamu bisa menyapa Mamir di akun Instagram-nya (@mamiraz) atau mengontaknya di miranti (at) livingloving (dot) net

RELATED POST

  1. filicia

    22 December

    Woaaaa, sukses terus ya Mamir dan kak Nike untuk Living Loving di th 2016! Senang banget liat-liat yang di balik layar nya blog orang lain heheh

So, what do you think?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INSTAGRAM
KNOW US BETTER