HOW TO UNWIND

Selama empat bulan terakhir ini, saya tidak dibantu nanny saat mengurus Kira. Capek? Pasti. Apalagi anak perempuan saya ini termasuk golongan anak aktif, dan saya juga ada kegiatan lain seperti mengurus Living Loving dan made by n. Meski ada asisten rumah tangga yang datang sekitar 3 jam di pagi hari, aktivitas saya dari pagi hingga tengah malam seringkali nonstop. Belum lagi kalau pakai acara menyetir yang biasanya memakan waktu 2-4 jam sehari. Badan jadi mudah sekali lelah dibanding sebelumnya.

Memang, salah satu kesalahan utama saya sekarang adalah belum menyempatkan diri berolahraga. Mungkin sudah saatnya ya cari YouTube channel olahraga yang bisa saya ikuti di rumah (kalau ada rekomendasi boleh banget, lho). Tapi, sambil mencari waktu yang pas untuk rutin olahraga, saya ada beberapa cara supaya badan lebih rileks setelah beraktivitas.

Pijat. Buat yang sudah kenal banget sama saya pasti tau banget kalau saya suka sekali yang namanya spa dan pijat, terutama sejak hamil dan punya anak. Pijat sudah jadi rutinitas sekaligus cara untuk relaksasi sejenak. Kalau saya sempat ke tempat pijat dan Kira bisa dititip ke suami atau Ibu saya, biasanya saya langsung ke Relax Living atau Bersih Sehat. Tapi kalau sekarang saya memilih untuk pijat di rumah. Kebetulan ada Amara Home Spa di daerah rumah saya, Bintaro (ada di Bandung dan Jakarta Selatan juga). Saya tinggal telepon atau WhatsApp aja buat janjian, nanti terapisnya akan datang ke rumah lengkap dengan perlengkapannya seperti alas kain, aromatherapy hingga music player. Biasanya saya pilih full body massage durasi 90 menit. Itu sudha cukup banget untuk bikin badan yang sebelumnya kaku jadi ringan lagi. Biayanya juga nggak terlalu mahal, Rp150.000. Saya juga tenang karena nggak perlu ninggalin Kira hanya untuk pijat. Meski Kira suka penasaran dan ngajak main, tapi sejauh ini sih nggak sampai berujung acara massage-nya gagal.

Manjakan tubuh sebelum tidur. Biasanya, sebelum tidur selain rutin mengoleskan krim malam di wajah (I’m embracing my 30s haha), saya juga mengoleskan body butter dari The Body Shop ke kaki dan tangan. Pilihan saya kalau bukan shea butter ya cocoa yang memang cocok buat kulit kering dan wanginya menyenangkan. Selain bagus buat kulit, proses membalurkan krim itu ternyata menenangkan. Kalau sedang merasa agak tegang dan lelah, saya suka mengoleskan body oil ke bagian leher dan pundak kemudian saya pijat ringan. Kalau body oil ini saya pakai dari Vimala.

living-svasti-living-essential-oil-livingloving-1

living-svasti-living-essential-oil-livingloving-2

Aromaterapi. Nah, setelah itu biasanya saya meredupkan lampu kamar dan menyalakan aromaterapi. Dulu, saya suka memasang lilin atau tungku aromaterapi, dan sempat ingin mencoba menggunakan diffuser yang kabarnya lebih efektif. Eh beberapa waktu lalu SVASTI berbaik hati mengirimkan diffuser dan beberapa essential oils untuk dicoba. Sebagai pengantar istirahat, saya pilih essential oil aroma Lavender. Lavender ini fungsinya untuk menciptakan ketenangan dan perasaan. Selain itu bisa meredakan sakit kepala dan susah tidur. Hasilnya saya juga lebih rileks saat menjelang tidur. Padahal saya termasuk orang yang cukup sering membawa segala bentuk pikiran ke tempat tidur. Apalagi sejak full mengurus anak, kadang masih suka kepikiran pekerjaan serta printilan lain yang bikin otak dan badan jadi susah untuk cooling down.

living-svasti-living-essential-oil-livingloving-3

Nah, kami sempat juga menyalakan aromaterapi + diffuser ini ke studio kami dan kami nyalakan saat bekerja. Aroma yang kami pilih lemongrass alias sereh yang berfungsi membantu meningkatkan fokus. Bahkan, kalau yang saya baca di keterangan dari SVASTI, juga bisa meredakan emosi, mental yang lelah dan rasa malas. Kadang kami juga menggunakan yang peppermint karena punya efek meningkatkan fokus juga.

Ternyata selain musik, aromaterapi juga bisa jadi pendukung yang pas untuk bekerja dan beraktivitas. Kita saja yang perlu menyesuaikan essential oil dengan kebutuhannya. Informasi mengenai jenis-jenis essential oil dan manfaatnya cukup mudah kok ditemukan di internet. Oya, selain diaplikasikan pada diffuser, essential oils ini juga bisa digunakan untuk pijat dan berendam. Tapi penggunaannya harus dengan carrier oil seperti minyak sayur atau minyak kelapa.

Jalan santai. Satu bulan terakhir ini saya merasa gampang banget capek, stres dan badan terasa kaku. Lalu sempat baca di sebuah artikel kalau jalan kaki di luar ruang bisa membuat badan dan pikiran lebih santai. Ini kegiatan yang bagus juga buat yang punya anak kecil. Anak-anak memang butuh kegiatan di luar ruang untuk menstimulasi motorik kasarnya. Akhirnya sekarang saya selalu menyempatkan diri mengajak Kira jalan sore meski hanya keliling komplek rumah karena biasanya kami baru keluar jam 5 sore. Cuaca sedang panas minta ampun, 32-34 derajat celsius, jadi baru sanggup keluar saat matahari menjelang terbenam.

Kira-kita itu beberapa solusi saya supaya nggak gampang merasa capek dan stres. Rata-rata semuanya membutuhkan waktu nggak lebih dari 1,5 jam. Kalau kamu punya cara lain yang ampuh, boleh sekali lho dibagi di sini. :D

 


Simple, functional, modern, in love with details. Nike menghabiskan masa kecilnya di Kepulauan Riau dan Sulawesi Tenggara, membuatnya merasa berbeda sejak kembali tinggal di Jakarta dan suka menikmati tempat baru. Mulai blogging sejak tahun 2000, bahkan ketika istilah blog belum ada. Ketertarikannya akan dunia media dan kreatif sudah ada sejak masih sekolah. Sebelum menjalankan Living Loving, Nike bekerja selama 7,5 tahun di industri media, kreatif dan digital. Kamu bisa melihat dan menyapanya juga di Instagram (@nikeprima) dan nike (at) livingloving (dot) net

RELATED POST

  1. arninta

    30 June

    ayo mbaak mulai olahraga, aku kadang males minta ampun…tp dipaksain bgt dan efeknya kerasa di badan lebih fit beraktifitas :) btw, jd oengen coba home spa ah nanti stelah melahirkan hehehe…

    • Nike Prima

      1 July

      Iyaaa Nin…harus banget ini :))
      Tampaknya badan kekurangan oksigen karena kurang bergerak. Mudah lesu, deh.

  2. Blogilates boleh dicoba :) kalau lebih suka yoga bisa ke yogawithadriene..

  3. Justin Larissa

    25 November

    Mba Nike, apakah sejauh ini aroma lemongrass sukses bikin Mba lebih fokus?

    • Nike Prima

      26 November

      Hai, kalo untuk bekerja aku justru jarang terlalu bergantung pada aromatherapy. Jadi kurang bisa aku ukur apakah yang bikin aku fokus itu memang oil-nya atau faktor lain (suasana tenang, kondisi tubuh kenyang).
      Yang justru terasa sekali adalah saat mau rileks, kalau pakai essential oil (lavender) biasanya aku langsung merasa nggak terlalu tegang lagi. :)

  4. Devi

    31 May

    Blogilates <3

So, what do you think?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INSTAGRAM
KNOW US BETTER