Bikin-bikin prakaryaan itu menyenangkan, apalagi kalau hasilnya bisa langsung digunakan. Clay salah satu prakarya yang mudah dibuat dan bisa dibentuk macem-macem. Mulai dari clay wall hanging yang juga sudah pernah kami buat pada post sebelumnya, atau bisa juga dibentuk sesuai keinginan dan dijadikan pajangan.

Nah kalau kemarin hasilnya menjadi hiasan saja, sekarang kami membuat clay yang hasil akhirnya bisa langsung digunakan menjadi tempat pernak-pernik kamu. Seperti ini caranya!

DIY-clay-bowl-livingloving-7

 

DIY-clay-bowl-livingloving-1

Alat dan Bahan:

Polymer Oven-Baked Clay

-Pisau clay (bisa menggunakan cutter atau penggaris besi jika tidak ada)
-Penggiling

-Mangkuk atau wadah tahan panas (bentuk menyesuaikan keinginan)

-Cat dan kuas

Cara Pembuatan:

Uleni clay sampai mudah untuk dibentuk. Gulung clay hingga berbentuk seperti cacing. Ukuran gulungan sesuai dengan warna yang ingin menjadi dominan. Semakin tebal gulungan semakin dominan warna yang dihasilkan nantinya. Untuk contoh yang kami buat, yang paling tebal adalah warna putih (kurang lebih berdiameter 1cm) sedangkan warna lainnya dibuat lebih tipis.

 

DIY-clay-bowl-livingloving-2Setelah itu, lilit semua gulungan yang sudah dibuat. Pilin bersama-sama hingga menjadi satu gulungan clay dengan warna yang mulai bercampur. Panjang gulungan kedua ini kurang lebih 2 kali dari panjang gulungan pertama.

 

DIY-clay-bowl-livingloving-4

Lilit kembali gulungan clay yang sudah bercampur seperti contoh gambar. Setelah itu remas menjadi satu hingga berbentuk bola. Jika warna ingin lebih abstrak dan lebih menyerupai marmer, kamu bisa membagi dua bola clay tadi dan kembali satukan di sisi yang berbeda, bentuk kembali menjadi bola.

 

IMG_0700

 

DIY-clay-bowl-livingloving-6Giling bola clay ke arah yang berbeda-beda sehingga terjadi percampuran warna. Giling hingga ketebalan kurang lebih 0.5 mm. Rapikan pinggiran dengan tangan atau kalau ingin lebih rapih bisa dibantu dengan cetakan (sesuai bentuk yang ingin dibuat) dan rapihkan pinggiran menggunakan pisau clay.

DIY-clay-bowl-livingloving-5

 

Taruh clay di dalam mangkuk atau wadah tahan panas (bisa menggunakan pyrex) sesuai bentuk yang diinginkan. Panggang dalam oven sesuai ketentuan pada kemasan clay (kami menggunakan clay merek FIMO dengan ketentuan pemanggangan temperatur 110˚C selama kurang lebih 30 menit).

Setelah selesai dipanggang, diamkan clay dalam mangkuk atau wadah sampai benar-benar dingin untuk dikeluarkan. Hindari perbedaan suhu drastis agar clay tidak retak.

Voila! Jadi deh clay bowl/dish dengan motif marmernya! Siap menjadi pajangan sekaligus tempat pernak-pernik. Kalau mau, kamu bisa memberi warna pinggiran wadah dengan menggunakan cat.

diy-clay-bowl-livingloving-2

Photo and text by Diah Ayu Wulandari

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.