A PLACE CALLED HOME

Salah satu hobi saya dan Nike kalau sedang ada waktu luang adalah melihat-lihat inspirasi desain rumah. Saat ini saya masih tinggal di rumah orang tua. Tapi dari sebelum menikah sudah mengumpulkan ide-ide home decor untuk membayangkan bagaimana saya akan menata barang kalau nanti punya rumah sendiri. Cukup browsing di Pinterest atau Google lalu bermunculanlah hasil pencarian berupa gambar-gambar rumah yang semua bikin ngiler itu. Saya dan suami selalu ingin rumah dengan halaman yang cukup luas agar anak-anak bisa puas lari-larian. Tapi kan harga rumah dan tanah semakin meningkat ya, jadi yaah..paling tidak ada halaman kecil atau teras belakang yang cukup lapang untuk bersantai di sore hari.

sponsored-niro-kuis-foto1

sumber: homedsgn.com

Desain rumah simpel tapi punya banyak ruang penyimpanan tersembunyi juga selalu menarik perhatian saya. Seperti yang ada di program televisi Before After atau House Paradise di channel LI TV. Programnya semacam home makeover dan house visit rumah-rumah di Jepang. Salah satu episode favorit saya adalah yang memanfaatkan bata rooster sebagai penutup dinding sekaligus tempat penyimpanan. Suka karena idenya solutif, multifungsi, dan tetap memperhitungkan sirkulasi udara, cahaya, juga keperluan setiap anggota keluarga. Terlebih lagi, semua rumah yang diliput berada di lahan sangat terbatas. Jadi pas buat inspirasi desain rumah kecil.

Saya selalu berkhayal punya rumah dengan dapur yang jendelanya menghadap taman. Pojokan kecil yang nyaman untuk membaca buku sambil selonjoran atau bikin prakarya sama anak. Saya juga suka sekali dengan tampilan lantai kayu. Tapi biaya perawatannya lumayan tinggi dan di Indonesia kan rawan rayap, jadi pilihannya bisa diakali dengan penutup lantai motif kayu. Dinding warna putih agar bisa cocok dengan aksesori rumah dan furnitur warna apapun. Satu dinding berwarna untuk aksen agar terlihat cerah. Ingin ada ruangan loteng, tapi kalau di Indonesia kok kayanya gerah ya..haha..

Sementara kalau rumah impian Nike adalah rumah dengan dominasi putih, langit-langit tinggi dan bukaan yang lebar supaya terkesan luas. Biasanya inspirasinya diambil dari Houzz, Pinterest, majalah MILK  decor dan blog yang berisi rumah bergaya modern. Proyek rumah buatan MUJI, home and living brand dari Jepang juga selalu jadi inspirasi utama Nike. Referensi rumah impian Nike bisa dicek juga di board ‘Nike’s Dream House‘ yang dia buat di Pinterest.

Buat Nike, rumah yang terasa lega dan hangat akan membuat mereka yang tinggal merasa nyaman. Terutama area keluarga, kamar, ruang makan dan dapur. Kenapa? Karena sebagian besar aktivitas penghuni rumah ada pada area tersebut. Area terbuka yang cukup untuk anak-anak bermain dan anggota keluarga lain bersantai juga penting, karena ini sudah jadi kebiasaan keluarganya setiap pagi dan sore.

sponsored-niro-kuis-foto2

Untuk dindingnya sebagian besar akan berwarna putih atau abu -abu muda dengan lantai plester atau berwarna abu-abu muda atau beige, kecuali area kamar dan kamar mandi. Nike dan suami sempat terpikir juga untuk memasang tegel berwarna yang polos di area dapur. Warna cat dan lantai yang netral dan terang akan memberikan ruang bagi penghuni untuk mengisi furnitur dan dekorasi yang lebih berwarna.

Gimana dengan kamu? Seperti apa rumah impianmu? Berbagi yuk dengan kami. Sekalian ikutan kontes “Dreams Well Engineered” yang diadakan Niro Granite Indonesia. Caranya cukup dengan menulis seperti apa rumah impianmu di blog pribadi (atau Facebook notes kalau tak punya blog), lalu share linknya di social media dengan mention Facebook Niro Granite Indonesia dan Twitter @nirogranite. Fotonya bisa menggunakan gambar dari nirogranite.co.id, dokumentasi pribadi, atau memakai foto yang ditemukan dari internet, tapi jangan lupa tulis sumbernya ya. Untuk syarat dan keterangan lengkapnya bisa dilihat di sini. Kuis ini berlangsung dari tanggal 1-31 Agustus 2015. Satu pemenang yang beruntung akan mendapatkan hadiah Bathroom Makeover! ;D


Penyuka craft yang lebih senang dapat voucher toko buku dibanding voucher baju. Ibu satu putri yang akrab dipanggil Mamir ini selalu sibuk cari inspirasi dekor atau palet warna di internet sambil menyantap segala macam penganan yang ada di studio Living Loving. Kamu bisa menyapa Mamir di akun Instagram-nya (@mamiraz) atau mengontaknya di miranti (at) livingloving (dot) net

RELATED POST

  1. nana

    6 August

    Bookmark dulu ;)
    Ah, ya. Saya dan teman teman suka sekali liat Li TV ttg makeover rumah dan rumah yg berdesain unik, rasanya dpt ‘ide segar’ seusai menontonnya :)

  2. arninta

    6 August

    mau banget ikuuuuut! ^^

  3. duuuhh hadiahnya bikin ngiler! pengen ikuuuut ^^

    • Nike Prima

      6 August

      Ibu Arsitek ayo ikutan, pasti bisa detil deh nyeritainnya. :D

  4. adynura

    6 August

    aku satu selera sama nike prima…. juga sama Miranti sih, :p

  5. duniadiny

    19 August

    Halo kakak kakak, makasi ya cerita-cerita dan info lombanya.. setelah baca tulisan ini, aku akhirnya ikutan juga nih.. semoga menang hehe http://dinyh.blogspot.com/2015/08/rumah-impian.html

So, what do you think?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INSTAGRAM
KNOW US BETTER