READING

BIRDWATCHING PLAYDATE WITH KITTY MANU

BIRDWATCHING PLAYDATE WITH KITTY MANU

Selama tinggal di Jakarta, saya sempat mengira kalau jenis burung liar yang bisa dilihat di kota ini hanya burung gereja saja. Burung mungil satu ini memang sering beredar dimana-mana. Mulai dari di depan rumah sampai ke dekat gedung perkantoran juga ada. Tapi waktu kemarin ikutan A Playdate to #GoDiscover The Bird bareng Kitty Manu dan SimPATI 11 April lalu, saya baru tahu ternyata ada banyaaaak sekali burung kota yang bisa ditemui di Jakarta (dan beberapa kota besar lain di Indonesia). Selain Living Loving dan Kitty, ada juga Claradevi dari Lucedale, Sonia Eryka, dan Martha Puri dari Ideku Handmade. Kami bergabung dengan para pemenang kuis #GoDiscover yang diadakan oleh SimPATI di Instagram.

sponsored-birdwatching-3

sponsored-birdwatching-1

Taman di wilayah Monas, selain ramai oleh pengunjung dan pedagang juga ternyata banyak burung yang beterbangan kesana kemari. Teman-teman dari Burung Indonesia yang mendampingi kami membagikan brosur berupa daftar nama dan ilustrasi burung-burung yang habitatnya di perkotaan. Kalau dilihat sepintas, apalagi untuk orang awam seperti saya, semua burung terlihat seperti burung gereja yang berwarna cokelat. Tapi begitu melihatnya melalui teropong, ternyata tampilannya jauh lebih berwarna-warni! Kami berhasil menjumpai burung Betet dan burung Tekukur. Karena para peserta rata-rata hanya membawa kamera saku atau kamera ponsel untuk memotret, jadi kami bergantian mengambil gambar burung-burung cantik itu melalui teropong.

sponsored-birdwatching-6

sponsored-birdwatching-4

sponsored-birdwatching-5

Matahari pun bertambah terik, jadi kami menyudahi kegiatan meneropong dan mulai menggelar piknik di bawah pohon. Berbekal brosur dan buku mengenai ragam burung di Indonesia, kami pun mulai asyik bermain dengan kuas dan cat air. Dua bocah, Sabria dan Sophie yang sedari awal antusias mencari burung dalam brosur juga ikutan menggambar bersama kami. Saya memilih menggambar burung Betet biasa (Psittacula alexandri) yang sempat saya lihat bertengger di salah satu pohon. Gambarnya mencontoh dari brosur. Suka sekali burung ini karena warnanya bagus dengan nuansa hijau-pink.

sponsored-birdwatching-7

sponsored-birdwatching-8

sponsored-birdwatching-9

sponsored-birdwatching-10

Walau panas bukan main, tapi saya dan Sabria senang sekali deh bisa punya kegiatan alternatif untuk menghabiskan akhir pekan. Terimakasih Kitty dan SimPATI sudah mengajak kami playdate sambil menambah pengetahuan. Terimakasih juga untuk teman-teman dari Burung Indonesia untuk sharingnya. Ini dia video keseruan kala Birdwatching kemarin.

photos courtesy of Claradevi Handriatmaja of Lucedale


Penyuka craft yang lebih senang dapat voucher toko buku dibanding voucher baju. Ibu satu putri yang akrab dipanggil Mamir ini selalu sibuk cari inspirasi dekor atau palet warna di internet sambil menyantap segala macam penganan yang ada di studio Living Loving. Kamu bisa menyapa Mamir di akun Instagram-nya (@mamiraz) atau mengontaknya di miranti (at) livingloving (dot) net

RELATED POST

  1. seru banget yaa acaranya

  2. nianastiti

    11 May

    Ternyata di Jakarta banyak burung ya. Seru sekali huntingnya :D

So, what do you think?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INSTAGRAM
KNOW US BETTER