DECORATING WITH NEUTRALS

Beberapa waktu lalu kami sempat membahas dekorasi rumah berwarna cerah dan colorful. Kali ini, kami ingin membahas aplikasi warna netral pada dinding rumah. Dinding berwarna netral membuat rumah memiliki kesan teduh dan bersahaja. Warna yang dapat menjadi penawar gaya hidup modern, yang kadang terlalu padat dengan rutinitas hingga dapat memicu stres.

Warna netral memiliki sifat timeless, fleksibel, dan nyaman untuk dilihat. Selain mudah untuk diterapkan, palet warna netral juga lebih membebaskan kita menambah warna, pola, atau tekstur lain ke dalam ruang—layaknya kanvas kosong—membuat pilihan dekorasi jadi lebih beragam. Nah, kali ini kami memilihkan tiga buah warna netral dan ide paduan warnanya untuk rumah.

PUTIH
Dinding warna off-white, yang tidak terlalu terang tapi juga tak terlalu kelabu, bisa kita terapkan sebagai latar belakang bagi warna lainnya. Di kamar tidur, dinding putih menjadi fleksibel dan memudahkan kita dalam urusan gonta-ganti seprai dan tirai. Kita bebas menerapkan aneka warna dan corak tanpa takut menimbulkan pertentangan warna yang mungkin terjadi bila kita hanya memilih satu warna kuat, seperti merah, untuk seluruh ruangan.

Supaya warna putih tidak terasa membosankan, kamu bisa memadukan elemen dekoratif dalam warna terang seperti sofa kuning, atau pigura merah. Alternatif lainnya bisa mengecat satu dinding dengan warna kontras sebagai aksen ruangan. Warna hijau tua, misalnya. Atau tambahkan warna terang untuk “menandai” area tertentu, misalnya cat peach di area rak buku.

Dinding putih bisa diaplikasikan untuk ruangan bergaya scandinavian, modern, vintage, rustik, bahkan bohemian. Cukup sesuaikan furnitur dan elemen dekoratifnya saja.

ABU-ABU
Abu-abu memiliki intensitas dan kadar kepekatan warna yang beragam. Abu-abu muda dapat melahirkan ruang yang terlihat segar dan tampak selalu baru. Warna abu muda cocok dipadukan dengan warna tembaga, pink pastel, indigo, atau material sederhana seperti kayu pinus.

Abu-abu yang lebih gelap bisa dipadukan dengan warna yang lebih “deep” seperti kuning mustard. Tapi kalau memakai warna abu gelap, mungkin bisa diaplikasikan di sebagian dinding saja untuk mencegah ruangan terkesan sempit.

BEIGE
Mungkin tak semua orang sepaham warna mana yang terklasifikasi sebagai beige. Apalagi variasi warnanya beragam, mulai dari cokelat susu, cream, khaki, latte, sand tone, sebutannya bisa berbeda-beda. Kesamaannya adalah, warna ini menciptakan kesan hangat, apalagi saat berpadu dengan produk interior bermaterial kayu.

Beige “hangat” dengan nuansa kekuningan cocok dipadukan dengan warna biru muda atau tosca. Beige terang bisa dipadukan dengan hijau gelap atau hijau pupus. Beige yang sedikit lebih gelap cocok dipadukan dengan warna merah. Beige dan hitam atau cokelat tua memberikan kesan maskulin. Untuk tampilan lebih lembut, coba padukan beige dengan pink pucat. Agar tidak terkesan kusam, coba padukan dinding beige dengan beragam variasi material dan tekstur.

Ketiga warna tersebut juga dapat dipadukan satu sama lain. Dinding paduan putih dan abu-abu memberi kesan modern pada ruangan yang menggunakan furnitur tua. Dinding berwarna beige berpadu manis dengan sofa abu-abu dan elemen dekoratif bermaterial tembaga. Sementara aksen pink pucat pada paduan dinding putih, beige, dan abu membuat ruangan terlihat lebih berwarna tanpa membuat mata lelah.

Untuk terapan warna netral dan ide dekorasi rumah lainnya, bisa dilihat di Pinterest kami.


*photo sources:

Feature image from Behr

Paint palette from Better Home and Garden

White walls inspirations: white walls yellow couch from Trendir, dark green accent wall from Good Housekeeping, peach accent wall from Decoist, Justina Blakeney bohemian room from One Kings Lane, white and navy blue scandinavian room from My Scandinavian Home

Gray walls inspirations: gray gallery walls from Norsu, gray-pink nursery room from from Destination Nursery, dark gray panelled wall from About Room, dark gray and mustard nursery from Gray Label, light gray and indigo room from Apartmenttherapy

Beige walls inspirations: beige and dark wood bedroom from Houzz, light beige and green bedroom from Style Me Pretty, beige and aqua room from Studio Gailzavala, beige and black living room from Try Decor.

Combo color inspirations: white and gray walls with vintage table from Apartmenttherapy, beige-gray-copper living room from Brit+Co, beige-white-gray-navy living room from GnG Magazine.

 


RELATED POST

  1. Inayah

    30 December

    damaaiii

  2. ternyata dengan majalah ditumpuk setinggi itu mlah lebih enak dilihat yaa, ditambah dengan tanaman di atasnya. good idea

So, what do you think?

INSTAGRAM
KNOW US BETTER