THE LITTLE THINGS SHE MADE

Saat-saat bermain dengan anak pasti menyenangkan. Sesekali, cobalah berkreasi bersamanya, misalnya membuat prakarya dari bahan kertas, menggunting dan menempel bahan yang ada. Seperti Mindy, seorang ibu satu anak yang saat ini menetap di Bad Aibling, Jerman. Dalam blog nya, “Mindoel“, ia berbagi tentang cerita kesehariannya, termasuk sesi prakarya bersama anaknya, Medea (4 tahun). Tidak cuma membuat, hasil jadinya juga bisa dipajang dalam rumah. Selain jadi ornamen yang membuat tempat tinggal terasa lebih homey, anak pun bangga melihat hasil karyanya dipajang.

Selain hasil prakarya, Mindy juga memajang souvenir khas daerah yang ia kunjungi bersama keluarga nya. Kreasi prakarya dan souvenir tradisional itu menjadi personal touch yang ia masukkan dalam interior rumahnya. Mindy juga berbagi sedikit cerita di balik ide dekorasi rumahnya.

1. Darimana asal inspirasi home decor Mindy?
Inspirasinya dari tempat-tempat yang pernah saya dan suami kunjungi sewaktu backpacking. Sebisa mungkin kami membeli souvenir liburan yang tidak hanya berfungsi sebagai pajangan, namun juga yang punya fungsi lain, misalnya bed cover dari Meksiko juga berfungsi untuk kain piknik namun juga untuk sofa cover. Saya dan suami memegang prinsip less is more dalam home decor.

2. Bagaimana cara Mindy menambahkan aksen pribadi ke dalam dekorasi ruangan?
Sering saya mix and match dengan hiasan DIY sesuai dengan musim pada saat itu, ataupun juga acara yang sesuai, misalnya Natal, St. Nikolaus, Paskah. Kartu pos kiriman keluarga, teman, kerabat serta acara tukartupos mamarantau juga saya suka jadikan unsur dalam home decor.

3. Ruangan/pojok apa yang menurut Mindy paling nyaman untuk menghabiskan waktu?
Ruang keluarga yang juga merupakan ruang makan dan ruang tamu. Satu ruangan penuh cahaya berlimpah, tempat untuk semua kegiatan sehari-hari dalam rumah. Entah itu di meja makan ataupun di sofa, maupun juga sambil bermain board game di lantai.

Decor-Make-Your-House-a-Home-Mindoel-4

4. Bagaimana dengan si kecil, apakah Mindy membuat ruang/area khusus untuk bermain? Di mana bagian rumah yang jadi area favoritnya?
Medea punya pojok bermain yang berisi papan tulis, play shop, dan beberapa mainan. Dia juga punya meja tulis dekat jendela yang menghadap ke kebun. Tapi dia tidak hanya main di pojok bermainnya atau menggambar/prakarya di meja kecilnya. Kalau Medea sedang role play, ruang keluarga jadi area bermainnya.

5. Mindy beberapa kali berbagi cerita membuat dekorasi dengan kreasi DIY di blog, apakah Medea ikut terlibat?
Medea sudah makin terlibat dalam pembuatan dekorasi DIY. Ada beberapa yang juga merupakan proses learn through play. Misalnya di musim gugur, saya dan Medea membuat landak dari daun. Kami berdua juga membuat display dari daun-daun kering. Atau juga saya dan Medea membuat bird feeder dari toilet roll untuk digantung di kebun. Selain menggunting, menempel, dia juga saya tanya soal lokasi hiasan DIYnya, digantung atau ditempel dengan washi tape. Waktu saya akan mengecat ruang tamu, untuk pojoknya dia memilih warna biru, warna kesukaannya.
Decor-Make-Your-House-a-Home-Mindoel-8

Decor-Make-Your-House-a-Home-Mindoel-2

Decor-Make-Your-House-a-Home-Mindoel-3

6. Apakah dari dulu Mindy memang suka dengan prakarya? Atau baru senang berkreasi sejak ada Medea?
Dari dulu saya memang sudah suka dengan prakarya, apalagi kerajinan dengan kertas. Keberadaan Medea membuat saya lebih menyukai prakarya. Dan sekarang juga jadi senang me-recycle atau me-reuse barang lama jadi yang baru. Bingkai foto IKEA paling saya suka untuk di-reuse, misalnya jadi Easter wreath atau ribbon wreath untuk hiasan pintu.

7. Apakah Mindy punya tips untuk orang tua yang tidak terbiasa berprakarya? Bagaimana memulainya?
Agak sulit menjawabnya. Sesuatu itu kan jadi bisa karena terbiasa. Untuk yang tidak terbiasa, mungkin bisa mencoba porsi kecil secara berkala. Jadi seiring waktu, porsinya juga bisa ditambah. Selain itu faktor fun – untuk orang tua dan juga anak – jadi prioritas pertama sewaktu berprakarya.

8. Apa wishlist Mindy dalam hal mendekor dan berkreasi yang belum tercapai?
Wish list saya punya rak khusus untuk perabotan prakarya saya. Mengerjakan DIY dari keramik dengan Medea juga masuk wish list saya.

Decor-Make-Your-House-a-Home-Mindoel-9

Kami setuju dengan Mindy, berkreasi bersama anak itu menyenangkan! Apalagi saat ini sudah banyak situs di internet yang menyediakan template atau printables untuk aktivitas kreatif dengan si kecil. Merasa tak cukup terampil? Tidak apa, karena yang dilihat adalah proses berkreasinya. Bukan hanya dari hasil akhir semata. Yang penting anak dan orang tua sama-sama menikmati momen kebersamaan ini.

Thank you for sharing, Mindy. Semoga wishlistnya tercapai dan bisa berkreasi semakin seru dengan Medea;)

text by Nitya Krisna
photo by Mindy Jordan
IG dan Twitter: @mindoel
Blog: mindoel.blogspot.de

LL mamarantau
*This post is written in collaboration with Mamarantau. Do check out the other side of Mindy on Mamarantau’s blog.


RELATED POST

  1. Jalan2Liburan

    18 February

    ahhhh Mak Mindoel dan nona Medea :)

    • Mindy

      19 February

      xo tante Febbie

    • Mindy

      19 February

      Thanks LivingLoving for this post. Kolaborasi postingannya dengan Mamarantau buat aku blushing. Sukses terus ya… xo

      • Nike Prima

        19 February

        Sama-sama Mama kreatif, Mindy. Senang sekali dapat kesempatan “ngintip” rumah dan kreasinya. Xx

  2. arninta

    19 February

    ayo donk buat ses craftng brg anak2 d studo LL ^^

    • Nike Prima

      19 February

      Ide bagus! Waktu itu memang sempat kami buat dengan teman-teman Rumah Bambu. :D

So, what do you think?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INSTAGRAM
KNOW US BETTER