THE BLOGGING LIFE

Apa sih yang biasa ditulis bloggers saat baru memulai blognya? Dari obrolan dengan sesama teman blogger, rata-rata mereka yang memulai blog lebih dari 5 tahun lalu mengawali isi blognya dengan curhat. Entah yang terang-terangan bagaikan nulis diary, atau ya agak terselubung lewat puisi, cerita atau foto. Kami juga melaluinya, kok lewat blog pribadi masing-masing.

Sekarang, pemikiran blog sebagai tempat curhat rasanya sudah bergeser. Banyak penggiat digital, khususnya bloggers, semakin memperhatikan kontennya. Kenapa? Ya salah satunya karena fakta kalau blogging bisa menghasilkan. Tapi, sebelum kita bicara tentang bagaimana mengembangkan blog menjadi bisnis, yang perlu diperkuat adalah akar dari blog, yaitu konten. Kami dan teman kami, Andra Alodita ingin mengajak kamu ngobrol tentang ini.

Sehangat-hangatnya keinginan untuk mendapat profit dari blog, atau bahkan menjadikan blogging sebagai sumber ekonomi utama kamu, konten adalah hal pertama yang perlu diperhatikan. Blogging is all about content. Making good content means making an investment to your future blog life and this is why we’ve been taking our blog content seriously.  

Menjalankan blog berdua mungkin terlihat mudah, apalagi sekarang kami juga dibantu 1 penulis, Fifi Juliana. Namun pada prakteknya ya nggak sepraktis itu, lho. Sekitar 80% dari blog post yang kami buat itu adalah produksi sendiri. Artinya, kami memakai foto dan teks sendiri atau milik kontributor. Bukan mengambil artikel dari website luar dan menerjemahkannya. Sisanya yang 20% adalah artikel inspirasi yang biasanya mengompilasi foto ide atau inspirasi dari sumber lain, namun teks tetap kami buat sendiri.

Sebagian besar konten di blog ini adalah hasil persiapan dari mulai mengumpulkan ide, memilih referensi, mencari sisi yang unik dari setiap post hingga memproduksi foto dan tulisan. Dalam membuat 1 blog post, nggak jarang kami berbagi tugas. Misalnya, Fifi yang menulis, Miranti yang mengatur visualnya, dan saya yang memotret. Semua itu nggak bisa dilakukan sendiri-sendiri, harus dengan diskusi dan koordinasi. Kami melakukan ini sepanjang waktu, non stop (kecuali libur Lebaran), sejak 2013 hingga sekarang dengan jadwal posting 2-3 kali seminggu. 
Nah, beda lagi dengan teman kami yang juga blogger, Andra Alodita. Andra selalu menulis blognya sendiri. Jadi, perkembangan konten blog Andra tentu lebih organik. Namun menjalani blog sendiri tentu ada tantangannya juga, dan biasanya sering berkaitan dengan kreativitas dalam menulis konten.
Tahun lalu, Andra sempat berbagi cerita dengan Living Loving tentang bagaimana ia membuat konten blognya di Creative Series: Blogging. Topik inilah yang akan kami bawa di Creative Session yang akan diadakan bulan depan di mana kami dan Andra akan berbagi cerita dan tips tentang bagaimana mengembangkan konten blog.

Di Creative Session dengan topik Blogworthy ini, Miranti dan saya akan banyak membahas tentang bagaimana cara kami menyusun dan mengelola konten blog. Sementara Andra akan berbagi tips seputar creative writing yang bisa membantu kita dalam mengembangkan konten blog. Peserta juga akan kami ajak untuk mencoba mind-mapping konten blog dan menyusun blogging plan pribadi.

Seperti intimate gatherings yang biasa kami lakukan selama ini, kami ingin menjaga sesi kreatif kami tetap hangat dan semua peserta punya kesempatan untuk bertanya. Jadi 1 sesi akan berlangsung selama 3 jam dan dibatasi hingga maksimal 15 orang.

img_0510.jpg

Untuk registrasi, dapatkan tiket Creative Session di bobobobo.com/livingloving. Registration fee sudah termasuk minuman dari Nescafe Dolce Gusto, cemilan dari Happy Foods Catering, dan note book dari Living Loving.


Simple, functional, modern, in love with details. Nike menghabiskan masa kecilnya di Kepulauan Riau dan Sulawesi Tenggara, membuatnya merasa berbeda sejak kembali tinggal di Jakarta dan suka menikmati tempat baru. Mulai blogging sejak tahun 2000, bahkan ketika istilah blog belum ada. Ketertarikannya akan dunia media dan kreatif sudah ada sejak masih sekolah. Sebelum menjalankan Living Loving, Nike bekerja selama 7,5 tahun di industri media, kreatif dan digital. Kamu bisa melihat dan menyapanya juga di Instagram (@nikeprima) dan nike (at) livingloving (dot) net

RELATED POST

  1. Hayu Putri Hapsari

    16 November

    Hai Nike Prima. Saya tertarik sekali ikut acara ini, tapi sayang saya tidak tinggal di Jakarta. Senang sekali kalau acara serupa bisa diadakan di kota saya Malang (berharap sekali hehe). Sukses buat acaranya.

  2. Abi

    24 November

    Sayang sudah penuh ya kuotanyabuntuk tgl 3 besok

  3. vadaritia

    24 November

    saya ingin sekali mengikuti acara ini tapi sayang sudah sold out, bisa ditambah kuota kah mba?

  4. Dewi Nila

    15 March

    Uhw… Kapan ke Semarang ? Sudah kama sekali pengen belajar blogging. Sayangnya venue nya selalu diluar Semarang. Let me know kalau ngadain di Semarang ya

So, what do you think?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INSTAGRAM
KNOW US BETTER