READING

SIMPLE DIY HEADBOARD IDEAS

SIMPLE DIY HEADBOARD IDEAS

Saat pulang ke rumah setelah hari yang panjang, salah satu yang kita cari itu tempat tidur untuk beristirahat. Pasti kita ingin ruang tidur yang nyaman supaya istirahat kita juga maksimal. Seprai yang bersih atau bedding set yang motifnya kita sukai kadang bisa jadi faktor yang bikin kita tambah betah di kasur. Selain itu, dekorasi ruangan juga bisa membantu membangun mood ruangan sekaligus membuat kamar kita jadi makin cantik!

Ada yang bilang sebuah matras tanpa kepala dipan itu seperti setelan baju tanpa sepatu, nggak lengkap. Kalau tidak menemukan dipan dengan bagian kepala yang sesuai dengan keinginan, kamu bisa berkreasi membuatnya sendiri. Banyak cara mudah yang bisa kamu contoh dari Pinterest atau Instagram. Berikut ini beberapa ide yang kami kumpulkan.

KAIN & KARPET
Punya kain tradisional dengan motif menarik? Coba manfaatkan untuk menghias bagian kepala dipan. Caranya bisa dengan memasang kain dalam pigura atau menyampirkannya pada gagang untuk tirai yang dipasang pada dinding. Selain disampirkan, kamu bisa menyiapkan cincin gorden dengan klip untuk menjepit karpet sehingga tergantung dengan kuat. Coba pilih kain tenun yang tidak terlalu tipis agar tidak mudah tertiup angin, tapi juga tidak terlalu berat agar tidak membebani gagang tirai.

Penggunaan tekstil sebagai kepala dipan bersifat sangat fleksibel karena bisa diganti kapanpun sesuai mood. Kain pun mudah dicuci atau di-dry clean bila kotor. Bila memanfaatkan karpet, rutinlah membersihkannya dengan vacuum cleaner agar debu tak menumpuk.

Kain tenun bisa kami dapatkan di Svas Living, Alska, atau saat ke pameran seperti Inacraft. Karpet bisa dibeli di Rug House, Chic and DarlingIKEA, dan Informa. Gagang tirai bisa dibeli di toko gorden sepanjang jalan Fatmawati, Jakarta, atau di gerai Informa. Cincin gorden dengan klip atau pengait bisa dibeli di IKEA.

Kayu
Banyak cara yang bisa diterapkan untuk material ini, bahkan dengan papan kayu yang simpel dan finishing apa adanya untuk menonjolkan serat kayunya sendiri juga sudah menarik. Cara lain untuk mengeksplor material ini yaitu mengeksplor finishing kayu yang bervariasi. Yang perlu disiapkan adalah beberapa papan kayu yang diperkuat dengan balok kayu di bagian belakangnya.

Setelah papan kayu siap untuk dipasang pada dinding, kalian bisa mengatur motif pengecatan pada kayu dan menandai bidang kayu dengan bantuan pensil atau masking tape. Setelah catnya sudah kering, masking tape dapat dilepas dan hasilnya pun rapih karena tape berfungsi sebagai garis bantu.

Untuk proses yang lebih mudah dan hasil akhir yang lebih simpel, pengecatan bisa dibedakan tingkatan warnanya pada tiap papan kayu sehingga hasil akhirnya bisa berupa gradasi atau ombre.

Untuk kamu yang bertempat tinggal di Jakarta Selatan bisa membeli papan kayu seperti ini di sekitar daerah Jagakarsa, dan di Jakarta Timur bisa ke daerah Klender.

Tali
Untuk  ruang tidur bergaya bohemian, kalian bisa memasang karya macrame sebagai penghias kepala tempat tidur. Macrame bisa berperan sebagai kepala dipan terutama apabila ukuran lebarnya sesuai dengan ukuran lebar kasur yang dimiliki. Dengan teknik yang sama seperti pemasangan tekstil atau karpet, makrame digantungkan pada gagang tirai. Opsi lainnya, gantung macrame pada ranting, kemudian kaitkan ranting tersebut pada paku dinding, seperti yang kami temukan di rumah Dendy Darman.

Berbagai kreasi makrame bisa kamu lihat di The Babybirds dan Fiber Motel.

Washi Tape
Cara ini cocok untuk kalian yang nggak mau merusak dinding kamar karena tape bisa dibentuk sesuai keinginan dan bisa dilepas dengan mudah walaupun daya rekatnya kuat. Kami senang menggunakan washi tape karena setelah dilepas nggak meninggalkan residu, walaupun pemakaiannya sudah cukup lama. Desain pun bisa diubah kapanpun kita mau tanpa perlu memoles ulang dinding. Cara ini juga cocok untuk kamu aplikasikan di area kamar tidur anak dengan warna-warna kesukaan mereka.

Ada beberapa jenis washi tape yang tersedia di pasaran. Tapi dari pengalaman pribadi kami, washi tape merk MT sejauh ini yang paling bagus karena tidak merusak dinding. Warna dan motifnya pun cukup banyak pilihan. Kamu bisa membelinya di Gudily.

Dari semua pilihan simpel di atas, mana yang jadi favoritmu? Mungkin penggunaan material kayu jadi pilihan yang paling tricky tapi dengan bantuan bor listrik dan peralatan pendukung, semuanya bisa kamu kerjakan sendiri kok! Selamat mencoba ya :D

——–
*sumber foto:

Feature image dari Goodhousekeeping

Inspirasi tekstil: karpet tipis motif tribal berwarna monokrom dari Apartment Therapy, karpet tipis motif tribal berwarna dari Urban Outfitters, kepala dipan karpet biru gelap dan karpet krem dari The Design Files.

Inspirasi kayu: papan kayu dengan cat multi-warna dari Apartment Therapy, papan kayu dengan cat efek ombre dari Bloglovin’.

Inspirasi tali: makrame pada dinding biru gelap dari Remodelista, makrame tinggi pada dinding putih dari Refinery29, makrame krem ukuran sedang dari Better Homes & Gardens, makrame pada kamar tidur anak dari Vintage Revivals.

Inspirasi tape washi: desain bentuk geometris secara tidak beraturan dari Brit+Co, desain bentuk tata kota dari HomeBNC, desain bentuk tata kota dan istana dari Katathome.


RELATED POST

So, what do you think?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INSTAGRAM
KNOW US BETTER