READING

IDE PENATAAN BALKON KECIL

IDE PENATAAN BALKON KECIL

Kalau lagi jenuh dan butuh inspirasi, “udara segar” biasanya bisa jadi obat yang mujarab, yang bisa ngembaliin mood atau pikiran jadi terang kembali. Di hunian mungil, terutama mungkin buat yang tinggal di apartemen, kesegaran yang kita temukan seperti halnya kalau kita ke taman biasanya akan terdengar mustahil karena suasana dan lahan yang terbatas. Tapi ternyata, belum tentu. Kita bisa, kok, bikin area santai yang bisa menyegarkan hati dan pikiran, bahkan di lahan yang sempit sekalipun, seperti balkon dan teras. Apa saja yang kita perlukan untuk itu? Kami mengumpulkan beberapa ide dan inspirasi gaya penataan yang kayaknya bisa bikin kamu jadi makin betah di rumah.

Ya, boleh-boleh juga, kalau lagi butuh perubahan suasana, tetap ke luar dan jalan-jalan di taman umum. Tapi, kalau sedang perlu penyegaran yang instan, tinggal buka pintu balkon, duduk-duduk sebentar, dan suasana hati dan pikiran jadi segar kembali, tentu menarik juga untuk dicoba.

Pot & Rak Tanaman
Ruang bersantai biasanya akan terasa lebih efektif saat ada sentuhan kehijauan di dalamnya. Kamu bisa memasukkan unsur tersebut dengan menempatkan tanaman sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan lahan. Kalau area balkon atau teras di hunianmu cukup lapang, coba tempatkan pot-pot tanaman beraneka bentuk dan ukuran untuk menciptakan dinamika visual yang menarik. Posisikan pot di beberapa sudut supaya kesan hijau yang kamu mau terwujud. Misalnya, di meja, menempel di dinding, hingga menggantung dari langit-langit.

Kalau ruang di balkon atau terasmu terbatas, kamu bisa memanfaatkan rak. Rak akan menampung semua jenis tanaman koleksimu, mulai dari tanaman hias hingga tanaman rempah atau sayur-mayur dengan baik. Posisikan rak di ujung balkon sebagai titik pemandangan saat kita berada di sana. Selain sebagai wadah, rak juga bisa menjadi aksesori interior yang menarik. Pilih model yang sesuai dengan kepribadianmu—bisa yang simpel atau playful.

Pot-pot keramik yang lucu dan nggak biasa antara lain bisa kamu temukan di Kuma Living. Wadah dari anyaman rotan di Kemala Home Living. Sementara yang jenisnya enamel bisa dicari di Paisley Things. Tapi, kadang, kalau sedang beruntung kita bisa juga nemu yang menarik di pusat-pusat perbelanjaan umum macam ACE Hardware, Informa, dan Scoop. Nah, kalau mau lebih banyak pilihan, silakan intip juga tulisan soal pot dan wadah tanaman beberapa waktu lalu, ya.

Kursi Santai
Setelah tanaman siap, sekarang kita menambahkan tempat untuk menikmatinya. Kalau ruangannya cukup, coba masukkan kursi yang nyaman untuk dijadikan tempat bersantai. Kamu bisa pilih yang model satuan atau seperti dipan yang akan memuat orang lebih banyak tetapi nggak makan tempat. Soal material, kalo kami menyarankan kursi yang terbuat dari besi atau rotan karena lebih tahan banting terhadap cuaca daripada kayu. Tapi kayu juga bisa jadi ornamen yang seru buat mereka yang suka konsep rustik karena tektur dan warna kayu biasanya berubah setelah sering terpapar oleh matahari dan hujan. Aneka kursi rotan dengan model yang keren bisa kamu cari di Dua Kayu atau 2Madison.

Karpet Kecil atau Selimut
Di balkon, apalagi di apartemen yang terletak di lantai tinggi, udara biasanya cukup berangin. Supaya kaki nggak terasa kedinginan saat menjejak di lantai, kamu bisa melapisi lantai balkon dengan kayu atau alas seperti tikar lampit dan karpet-karpet bermotif yang akan menambah nilai estetika. Coba cek Rug House. Karpet-karpet kanvasnya mungkin bisa jadi pilihan.

Selain itu, karena suasana yang berangin, kita juga pasti nggak mau kedinginan atau malah masuk angin. Karena itu, kamu bisa menempatkan selembar selimut yang nyaman dan bisa digunakan kapan saja saat dibutuhkan. Selain sebagai penghangat, selimut juga bisa berfungsi sebagai aksesori ruang saat tidak digunakan. Selimut yang biasanya jadi favorit kami dalam kondisi kayak gini, antara lain milik Svas Living dan Ruang Rusa.

Lampu, Lilin, dan Hiasan Lainnya
Pelengkap berikutnya yang nggak boleh ketinggalan adalah lampu atau lilin. Saat matahari mulai turun, suasana akan terasa semakin hangat dan syahdu dengan keberadaan lampu atau lilin. Kamu bisa memanfaatkan penerangan model lentera yang mudah dipindah atau lampu gantung yang akan menciptakan kesan semarak. Silakan juga kalau hanya ingin menerapkan lilin untuk mendapatkan kesan temaran yang menenangkan. Lengkapi penampilan dengan ornamen senada untuk semakin menguatkan tema yang kamu mau tampilkan. Misalnya, bantal-bantal rajut, tangga bambu, botol-botol kaca, atau buku dan majalah. Kami pernah nemu lentera dan pernak-pernik lucu bertema maritim di JYSK. Untuk tangga bambu, coba lihat koleksi Nagarey.

Oh iya, sebelum mulai nata-nata, ada beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan, misalnya.

1. Kondisi cuaca di area hunianmu, entah itu berangin, cenderung terik, atau sering hujan. Ini akan berpengaruh pada pemilihan materi dekorasi untuk balkon. Saran kami coba pilih yang bahannya cukup tahan air dan mudah dibersihkan.
2. Kebijakan yang diberlakukan oleh pihak gedung, berkenaan dengan modifikasi eksterior. Kalau unit apartemen yang kamu tempati adalah jenis sewaan, sebaiknya sih jangan melakukan perubahan yang bersifat permanen karena kemungkinan akan ada biaya tambahan dari pihak penyewa.
3. Pastikan semua pot dan wadah tanaman terpasang dengan stabil untuk menghindari terjadinya kecelakaan. Nggak lucu kan kalo pot bungamu jatuh dan menimpa orang yang ada di bawah.
4. Kalau tipe balkon di apartemenmu berbentuk teralis, kamu bisa memasang lembaran polikarbonat bening. Jadi, bisa aman untuk anak-anak (walaupun tetap harus ada orang dewasa yang menemani ya) atau mencegah mainan menggelinding jatuh ke luar teralis.

Ide-ide penataan balkon di atas juga bisa diterapkan untuk teras kecil di rumah. Semoga idenya bisa bikin balkon atau teras jadi lebih bermanfaat dan menyenangkan untuk kamu dan orang-orang tersayang, ya.

Photos Courtesy
Feature Image: craftifair.com
Opener: IKEA
Hanging Planter: notonthehighstreet.com & lifewall.in
Outdoor Chair: craftifair.com & homedezign.net
Throw: craftifair.com
Lamp and Ladder: inrichting-huis.com


Sempat bekerja di majalah Martha Stewart Living Indonesia selama 5 tahun. Ibu satu putri ini adalah kontributor untuk artikel seputar tanaman, inspirasi dekor, dan DIY project.

RELATED POST

  1. nianastiti

    1 November

    Cakep meski minii menyegarkan :D

So, what do you think?

INSTAGRAM
KNOW US BETTER