READING

TIPS MELIPAT DAN MENYIMPAN SEPRAI

TIPS MELIPAT DAN MENYIMPAN SEPRAI

Tumpukan seprai berantakan saat ditarik dari lemari? Atau sudah memasang seprai tahu-tahu kehilangan satu sarung bantal? Sebenarnya ada cara sederhana yang bisa membantu kamu menata tumpukan seprai agar lebih rapi dan mudah diambil. Saya sendiri pertama kali tahu cara ini waktu dulu bekerja di majalah Martha Stewart Living Indonesia. Trus saat dipraktekkan, ternyata cukup membantu penyimpanan seprai di rumah.

Kalau seprai kamu berupa sehelai kain lebar dengan sudut rata, melipatnya sih lebih mudah. Tapi seprai tipe fitted sheet yang memiliki karet di keempat ujungnya memang sedikit trickyΒ saat dilipat. Kalau mencuci seprai di laundry sih, kita bisa duduk anteng di rumah dan menerima seprai sudah dalam keadaan terlipat rapi. Tapi kalau kamu terbiasa mencuci seprai sendiri di rumah, coba cara ini untuk melipat seprai agar rapi dan tak tercecer.

1. Bentangkan seprai, pegang sisi yang memanjang. Masukkan tangan dan posisikan ujung jari pada bagian sudut jahitan seprai.

2. Pertemukan kedua ujung seprai. Cubit ujung seprai dari dalam dengan tangan kiri agar tidak bergeser saat dibalik. Balik sisi seprai dengan tangan kanan. Rapikan lipatan hingga sudut seprai bagian bawah juga saling bertemu.

3. Bentangkan seprai yang sudah terlipat dua. Masukkan tangan dan posisikan ujung jari pada bagian sudut jahitan seprai, mirip seperti langkah pertama.

4. Pertemukan kembali kedua ujung seprai. Balik salah satu sisi dengan cara yang sama seperti langkah kedua.

5. Lipat bagian atas hingga sejajar dengan bagian sudut yang berkaret. Letakkan seprai di atas meja atau lantai.

6. Rapikan lipatan seprai, usahakan sisi-sisinya membentuk persegi selurus mungkin agar lebih rapi saat dilipat. Biasanya bagian karet akan sedikit menumpuk.

7. Lipat tiga seprai melintang. Bagian yang ada karet berada di dalam.

8. Lipat sedikit bagian atasnya. (kalau seprainya ukuran besar, lipat sepertiga bagian). Tumpukkan sarung bantal atau sarung guling yang sudah dilipat rapi di atasnya. Sisakan satu sarung bantal.

9. Masukkan tumpukan seprai ke dalam sarung bantal yang tersisa. Posisikan tumpukan pada salah satu sudut sarung.

10. Lipat kedua sisi sarung bantal. Kini sepraimu sudah siap disimpan di lemari.

Ide menyimpan set seprai dalam sarung bantal ini juga saya dapat dari salah satu artikel Martha Stewart Living. Setelah dipikir-pikir, benar juga sih idenya. Sederhana tapi bisa mencegah sarung bantal atau sarung guling tercecer dari seprai. Ini video langkah demi langkah melipat seprai agar lebih terbayang caranya. Selamat mencoba!


Penyuka craft yang lebih senang dapat voucher toko buku dibanding voucher baju. Ibu satu putri yang akrab dipanggil Mamir ini selalu sibuk cari inspirasi dekor atau palet warna di internet sambil menyantap segala macam penganan yang ada di studio Living Loving. Kamu bisa menyapa Mamir di akun Instagram-nya (@mamiraz) atau mengontaknya di miranti (at) livingloving (dot) net

RELATED POST

  1. Erny Kurnia

    13 September

    Nggak nyangka kalau ternyata yang aku lakuin pas ngelipet sprei udah bener

So, what do you think?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INSTAGRAM
KNOW US BETTER