IDE PENATAAN MEJA RIAS

Walaupun belum tentu sering dandan, tapi rasanya tetap perlu menyiapkan area khusus untuk merias diri. Paling tidak untuk tempat menyimpan aksesoris dan berbagai produk perawatan kulit. Dari mulai mengaplikasikan tabir surya dipagi hari, berias ketika akan beraktivitas, hingga menghapus make-up dan mengaplikasikan perawatan kulit sebelum tidur. Sebelum membahas bagaimana cara menata barang-barang di meja rias, ada baiknya kita mengenal dulu apa saja sih yang kita butuhkan saat merias diri…

Dengan begitu banyak produk kecantikan dan pilihan pernak-pernik untuk dipakai, nggak heran sih kalau penataan meja rias atau vanity juga harus diperhatikan biar nggak berantakan. Tanpa disadari, kalau kondisinya rapi itu berpengaruh banget ke efisiensi waktu. Jadi sebenernya bisa banget tuh mempersingkat waktu dandan. Prove all them boys wrong! Hahaha… Setiap bepergian jadi nggak telat cuman karena sibuk cari-cari peralatan yang tercecer. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menata area dandan di rumah.

1. Pencahayaan yang cukup
Selain furnitur seperti meja, kursi dan kaca, penerangan yang baik tentunya juga sangat berpengaruh saat kita dandan. Oleh karena itu, pemilihan tata letak meja rias di suatu ruangan merupakan hal pertama yang harus dipertimbangkan. Area terbaik dalam meletakkan meja rias merupakan area dekat jendela. Hal ini disebabkan karena area tersebut terkena cahaya matahari dan udara pun bersirkulasi dengan baik sehingga alat-alat kecantikan seperti sponge dan brush nggak gampang lembab.

Untuk yang area ruangannya kurang memungkinkan untuk mendapatkan cahaya alami dari luar rumah, bantuan cahaya buatan bisa disolusikan dengan penggunaan lampu meja. Kap lampu yang bersifat fleksibel dan bisa disesuaikan arahnya sesuai arah sorot yang diinginkan membantu banget dalam proses merias. Berhubung cahaya ini berfungsi sebagai flash test supaya riasan di mukamu photo-ready, lampu ini bisa jadi alternatif yang lebih simpel ketimbang cermin rias yang sudah dilengkapi dengan lampu di bingkainya. Lampu-lampu meja ini bisa kamu pilih dalam varian yang cukup beragam di IKEA.

2. Atur sesuai kebutuhan
Hal yang agak tricky dalam menyimpan produk di atas meja rias adalah kita nggak hanya ingin menyimpannya dengan rapi tapi juga memajangnya sehingga mudah terlihat ketika ingin dipakai. Berbagai macam box dan vanity organizer bisa menjadi alternatif dalam menjaga alat rias biar tetap rapih.

Setiap alat kecantikan dan aksesoris pun memiliki karakteristik sendiri yang menentukan kebutuhan spesifik tempat penyimpanannya. Contohnya, aneka produk untuk bibir kalau bisa disusun bertingkat biar mudah saat memilihnya, alat make-up seperti brush harus diberdirikan biar nggak cepat rusak, serta aksesoris seperti kalung juga harus digantung biar nggak saling menyangkut.

Pemilihan bentuk hingga material tempat penyimpanan juga patut dipertimbangkan supaya meja rias dapat digunakan secara maksimal tapi tetap indah. Salah satu cara mensiasati agar area rias tetap bisa mengekspresikan kepribadian kita adalah dengan memainkan warna serta bentuk dari tempat penyimpanan yang digunakan. Dominasi satu sampai dua warna netral bisa jadi pilihan biar fokus utama meja rias tetap produk berias kesukaan serta bayangan tampilan kita pada kaca.

Tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran, tempat penyimpanan manis dari Kemala Home Living ini bisa menjadi opsi dalam menyimpan aksesoris. Penyimpanan yang serupa bisa kamu lihat di Serendipicky. Selain box dan vanity organizer yang biasanya terbuat dari kaca, penggunaan wire grid ternyata juga dapat menjadi opsi dalam menyimpan aksesoris, lho! Penggunaan wire grid pun kita temukan pada saat mengunjungi kediaman Diana Henry untuk rubrik Lovely Nest beberapa saat lalu. Ketuk dan IKEA jadi pilihan kami untuk mencari elemen dekoratif ini.

3. Percantik dengan tanaman
Disamping barang-barang yang kita pakai, nggak ada salahnya menambahkan sentuhan dekorasi seperti tanaman di atas meja rias agar suasana saat merias diri jadi semakin segar dan menyenangkan. Nah tapi, sebaiknya nggak berlebihan karena berbagai macam produk dan tempat penyimpanan pasti sudah membuat meja rias kelihatan ramai.

Beberapa vas bunga dan tanaman yang kami taksir bisa ditemukan di 1309homenliving dan Zara Home. Untuk tanamannya, coba percantik dengan berbagai jenis daun, misalnya daun silver dollar yang cukup tahan lama dan bentuknya tetap cantik walau sudah kering.

Sebagai area me time setiap wanita, area berias tentunya dapat menjadi pelarian sejenak dari hiruk pikuk kesibukan di rumah. Walaupun area yang kita miliki untuk merias diri nggak luas dan seadanya, menciptakan meja rias yang sederhana namun mengekspresikan karakter kita tentu bisa mengangkat semangat saat beraktivitas di area tersebut. Have fun tidying up!

 

Teks oleh: Dinna Marcellina & April Ramadhan
Photos Courtesy
Feature Image: makeitboho
Vanity with pink fluffy stool: lustliving
Vanity with Piping Legs: SFgirlbybay
Make-up storage: Stylemagazin
Vanity glass box: kemala home living
Golden wire grid: Ke.tuk
Black and White Vanity: Homeyohmy
Round Mirror Vanity: Rockmystyle


RELATED POST

  1. Wahh bagus2 banget ini meja riasnya. Kalau mengingat habis dandan meja pasti berantakan, lgs ngiler liat ini. Satu lagi tempat hunting makeup storage itu Muji. Drawer acrylic yang bisa ditumpuk itu andalan dr sblm versi onlinenya banyak. Lacinya banyak dan pas buat naro2 lipstick dkk. Mine is more than 5 years old rasanya dan ga berubah warna kuning. Happy ?

So, what do you think?

INSTAGRAM
KNOW US BETTER