POT DAN WADAH TANAMAN

Sedikit sentuhan “hijau” akan membuat perbedaan besar di dalam rumah, terutama kalau area yang kita punya nggak terlalu besar. Di samping membantu menyegarkan mata dan udara—apalagi kalau pikiran sedang suntuk—, penempatan tanaman sebagai bagian dari interior juga membuat suasana jadi lebih sejuk.

Nah, sebelum memutuskan untuk membawa pulang tanaman untuk ditempatkan di rumah, perlu kamu ingat bahwa tanaman itu membutuhkan tempat yang layak untuk tumbuh. Oleh karena itu, pot atau wadah juga penting untuk diperhatikan. Selain fungsi, tentu hal yang patut menjadi pertimbangan saat kita memilih pot atau wadah tanaman adalah bentuknya.

Kalau umumnya di tukang-tukang tanaman biasa, tanaman dijual dalam pot-pot plastik hitam standar, sekarang mulai banyak penjual yang mulai memikirkan masalah estetika dengan menyediakan pot yang keren saat melepaskan tanamannya kepada pembeli. Jadi, nggak perlu bingung, sampai di rumah tanaman bisa langsung kita taruh di area yang kita mau. Ada pot khusus untuk di lantai, digantung, bahkan disusun menempel di atas dinding. Pilihannya sekarang lumayan banyak. Makanya, kami memutuskan untuk mengumpulkan beberapa rekomendasi buat kamu supaya urusan berburu wadah tanaman jadi lebih ringkas.

KUMA LIVING
Punya tanaman cantik, tapi kalau hanya ditaruh di wadah sekadarnya, tuh, kadang bikin tanaman jadi kelihatan sekadarnya juga. Begitu pun sebaliknya. Kalau wadah yang kita pakai sudah cantik, tanaman sesimpel apa pun biasanya jadi kelihatan lebih istimewa. Iya, nggak, sih? Setidaknya itu yang kami alami. Buat kamu yang mencari bermacam pilihan pot atau wadah tanaman yang terbuat dari bahan dasar tanah liat, koleksi Kuma Living boleh banget diintip. Manis manis banget… Pilihannya mulai dari pot yang bentuknya polos tanpa pelapis, dicat satu warna dengan pilihan monokrom atau pastel, atau dengan cat aksentuasi emas atau polkadot yang centil. Simpel tapi bikin ruangan jadi kelihatan lebih hidup dan ceria.

SHOP WITH SKY
Anyaman, kayu, keramik, besi; semua ada. Shop with Sky memang baru berusia setahun tampil di dunia tanaman dan perlengkapannya, tetapi macam produk yang ditawarkan cukup variatif dan lucu lucu. Kami sekarang lagi suka banget dengan besi gantungan pot berwarna hitam ini. Coba intip katalog mereka untuk melihat jenis wadah lainnya juga tanaman apa yang cocok dipadukan dengan wadah itu, mulai dari yang bergaya rustik, industrial, hingga skandinavia. Kalau masih ragu untuk memutuskan saking naksir semuanya, jangan sungkan untuk bertanya, ya. Pemilik Shop with Sky suka berbagi ilmu dan kecintaannya terhadap tanaman. Senangnya lagi, semua produk bisa diantar ke seluruh Indonesia. Jadi, nggak terbatas di wilayah tertentu, siapa pun bisa membubuhkan cantiknya nuansa kehijauan di rumah mereka.

GROW AND GROW
Bukan hanya di pot, tanaman juga akan terkesan artistik kalau kita susun di atas meshboard seperti alat tulis dalam ruang kerja. Grow and Grow menyediakan meshboard berukuran 50 x 60 cm seharga Rp145.000 berwarna hitam. Meshboard bisa kamu tempatkan di teras atau di ruang mana pun di dalam rumah untuk kesan penataan yang berbeda dari biasanya.

NANEM TANEMAN

Pot untuk tanaman hias itu banyak macamnya. Di Nanem Tanenman, selain bisa menemukan berbagai tanaman hias yang unik, kita juga bisa menemukan pot tanaman yang sesuai dengan karakter tanaman yang kita beli. Wadah rotan untuk sansevieria atau atau pot berbahan baku tanah liat yang digantung dengan tali macrame untuk sirih gading misalnya. Semua dirancang sesuai dengan kebutuhan tanaman yang bertengger di atasnya. Lebih lengkapnya, langsung saya meluncur ke Nanem Taneman, ya.

EMILLIE GARDEN
Keterbatasan lahan di rumah kadang membuat kita urung untuk berurusan dengan tanaman. Padahal, untuk hidup dan tumbuh, tanaman nggak selalu membutuhkan tempat yang luas. Setidaknya itu yang terjadi dengan kokedama.

Kokedama adalah seni menanam tanaman pada bola lumut yang berasal dari Jepang. Nggak melulu lumut, media tanam kokedama sekarang lebih luas. Pemilik Emillie Garden, Nelza Yesaya, mengembangkan teknik tanam menggunakan sekam yang memang lebih mudah ditemui dan aplikatif untuk di negara tropis seperti Indonesia. Sekam diikat dengan tali membentuk bola-bola berukuran mungil. Emillie Garden menyediakan berbagai jenis kokedama yang cocok untuk ditempatkan di rumah dengan lahan terbatas. Pilihan tanamannya mulai dari kaktus, sukulen, sirih gading, lili paris, philodendron, hingga monstera. Kamu bisa menempatkannya di atas rak, meja, atau digantung.

Di atas meja, supaya gak menggelinding, kokedama bisa kita tempatkan di atas piringan kayu yang berfungsi sebagai penahan. Piringan seharga Rp40.000 ini selain menjaga kokedama tetap pada tempatnya juga akan melengkapi penampilan kokedama jadi kelihatan cantik berkelas.

LIVING WITH LOF
Buat yang tinggal di Jakarta, khususnya di Jakarta Selatan, tempat yang satu ini nggak mungkin terlewatkan, sih. Di Lots of Flowers (LoF), aneka jenis wadah tanaman tersedia, mulai dari terarium untuk sukulen dan kaktus, airplants, tanaman hias kecil dan besar, hingga untuk tanaman gantung dan rambat. Kita bisa pilih mau yang seperti apa, ada yang terbuat dari kayu, terakota, anyaman, hingga rangka besi.

 

Selain wadah dan tanaman, di sini juga menyediakan perlengkapan untuk merawat tanaman. Contohnya semprotan kaca transparan. Kalau kamu merasa nggak terlalu paham soal tanaman, di sini kamu bisa belajar langsung cara perawatannya kepada para penjaga toko yang memang paham cara-cara merawat tanaman sesuai kebutuhan. LoF nggak hanya membangun keinginan kita untuk punya tanaman tetapi juga memupuk keinginan untuk bisa berhasil merawatnya dengan baik.

Lof
Jl. H. Junaedi No. 2A
Cipete Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan
Tuesday – Sunday, 10.00 – 18.00
Telp. (021) 7512414

Selain di tempat-tempat yang sudah kami sebutkan tadi, tentunya pilihan yang kerap menjadi persinggahan kami saat mencari pot atau perlengkapan tanaman adalah di toko perlengkapan rumah tangga seperti ACE Hardware, Informa, dan IKEA atau di tukang tanaman di pinggir jalan. Di tempat-tempat tadi, kalau kita jeli banyak juga, loh, benda-benda menarik yang bisa kita jadikan wadah sekaligus aksesori interior.

Pada intinya, selain berhubungan dengan estetika visual di dalam interior, tujuan kita memilih pot atau wadah adalah untuk menahan jumlah media tanam yang tepat untuk tanaman. Jadi, paling utama, wadah yang kamu pilih tentunya harus sesuai dengan kebutuhan tanaman, terutama ukurannya. Letakkan tanaman kecil di dalam wadah kecil dan tanaman besar dalam wadah besar.

Kalau tanaman sudah tumbuh semakin besar, jangan lupa pindahkan ke wadah yang lebih besar sehingga ia bisa tumbuh lebih maksimal. Wadah yang terlalu kecil membuat pertumbuhan akar menumpuk, bikin tanaman gampang terguling, dan pastinya membuat penampilan tanaman secara keseluruhan juga jadi nggak enak dilihat.

Foto: Dok. pribadi tiap-tiap brand


Sempat bekerja di majalah Martha Stewart Living Indonesia selama 5 tahun. Ibu satu putri ini adalah kontributor untuk artikel seputar tanaman, inspirasi dekor, dan DIY project.

RELATED POST

  1. vicasso

    31 August

    indah dan menawan sekali ya kak..
    sangat menginspitatif sekali..
    jika pengunjung kakak tidak ingin repot menata rumahnya kami menyediakan jasa desain interior bisa di lihat di http://www.vicasso-interior.com

So, what do you think?

INSTAGRAM
KNOW US BETTER