READING

KOLEKSI ANEKA PECAH BELAH DI SANGO

KOLEKSI ANEKA PECAH BELAH DI SANGO

Paling susah rasanya tiap masuk toko perabot atau dekorasi rumah tanpa ada keinginan untuk beli ini-itu. Langsung ngebayangin peletakannya di rumah lalu di mix & match dengan dekorasi apa saja. Iluk Reskiyana menggambarkan banget perasaan itu, dan untuknya kasus ini selalu terjadi setiap berkunjung ke showroom Sango di Semarang. Luasan tokonya yang besar bikin Iluk bisa mengitari tokonya selama berjam-jam dan tanpa disadari, menciptakan perasaan senang tersendiri.

Semingguan ini saya membaca buku HYGGE yang menceritakan tentang happiness process mayoritas danish. Bagaimana mereka menciptakan perasaan gembira dan nyaman dalam sehari-hari dengan hal-hal yang ada di sekitarnya. For instance, hal-hal kecil seperti lilin aromaterapi, buku, barang-barang vintage, dan juga pakaian yang mereka gunakan. Kesemuanya dapat meningkatkan kadar kebahagiaan di kehidupan mereka. Ini membuat saya sadar bahwa ternyata dari kita sendirilah yang harus bisa menciptakannya. Maka dari itu, saya mencoba mencatat hal-hal apa saja yang ingin saya ciptakan untuk melawan mood berantakan ini…

Berawal dari proses post miserable recovery, saya memutuskan untuk menghubungi teman saya dan kita sepakat untuk pergi ke tempat yang membuat kita less-overthinking yaitu main ke salah satu showroom pabrik Sango di Semarang. Showroom ini sudah ada sejak saya masih SD atau mungkin lebih kali, ya… Dulu sampai sekarang kalau Ibu saya butuh barang pecah belah untuk kado atau pemakaian pribadi selalu menuju ke toko Sango ini.

Usut demi usut hasil pencarian saya di jejaring sosial, ternyata Sango ini adalah salah satu perusahaan yang mendistribusikan produknya untuk H&M Home, Zara Home dan lain sebagainya. Jadi, jangan heran kalau kalian ke sini bakal lihat harga yang masih ada label dollar serta merk-merk yang kusebut tadi. Tenang, harga di sini udah miring semiring-miringnya. Sampai saya bisa betah muterin setiap raknya selama berjam-jam untuk melihat detil produk-produknya.

Tempat ini juga sepi banget, bisa dihitung dengan jari beberapa orang yang datang ke dalam toko tersebut. Saya sampai lihat-lihatan sama teman saya, ini serius sesepi ini ya? Padahal barangnya bagus-bagus banget! Apa karena orang nggak tau kalau ada tempat sebagus ini di Semarang? Saya juga menerima beberapa DM (direct message) dari teman- teman saya di instagram, menanyakan tentang tempat ini. Seriously guys, please make some time to visit this store!

Outlet-nya terbagi menjadi tiga bagian. Dari koleksi produk yang paling lawas, paling baru, hingga barang diskonan yang ada sedikit defect atau cacatnya. Sampai-sampai tidak terlihat dimana defect itu berada karena minor sekali. Walaupun spesialisasinya di produk keramik, tapi toko ini juga dilengkapi dengan produk bermaterialkan kayu seperti tray atau nampan makanan dengan bentuknya yang beragam. Letak dari Sango ini berada di Plaza Semarang sebelum pasar Johar lama. Dari hasil obrolan saya dengan ibu penjaganya, di bagian lantai atas terdapat beberapa perkantoran.

Jujur saja, saya dalam hati hebring sekali kesini karena melihat keramik-kemarik dengan motif yang berbeda-beda serta berwarna-warni. Itu sudah paling bikin otak waras deh, selain scanning rak buku. Di isi kepala saat muterin rak adalah bayangin sedang di kamar sambil menyeduh teh atau coklat hangat pakai gelas lucu ini. Atau masak makanan dan disuguhinnya pakai piring-piring cantik ini. Sesegera mungkin kalau sudah punya rumah, mau isi yang beginian, ah!

Ketertarikan saya pada homegoods ini sudah cukup lama dirasakan. Kalau sedang singgah ke swalayan atau pasar tradisional, saya lebih senang melihat perabotan atau perkakas-perkakas. Saya selalu merasa ada konektifitas dari hati saya ke alat-alat rumah tangga ini, hehe… Toko-toko yang ada di Instagram pun saya lebih tertarik melihat akun-akun yang berfokuskan pada perabotan. Sambil cek dan banding harga, saya suka sambil berkhayal kalau lihat alat-alat perabotan rumah tangga, sudah tau nih titik letaknya buat nanti di rumahku kelak!

Untuk yang bingung mau ke mana saja saat main ke Semarang, jangan lupa singgah ke Sango, ya!

About Iluk

Artikel dan foto milik Iluk Reskiyana, seorang sagitarius yang baru menyadari bahwa dunia kreatif menjadi salah satu ketertarikannya, semuanya dipelajari secara otodidak dari Google. Iluk sudah mulai menulis di blog pribadinya sejak tahun 2013. Selain itu di waktu senggang dia akan menonton drama korea.

 

 

Terima kasih Iluk, sudah berkontribusi dalam artikel ini, we hope all of our readers will enjoy it just as much as we did! Untuk kamu yang ingin berbagi cerita dengan kami, kamu bisa kirim tulisanmu ke [email protected] dengan subjek e-mail “submission”. Ketentuan untuk melengkapi proses pengiriman artikel dan topik apa saja yang sudah ditetapkan bisa kamu lihat di web kami, pada bagian ‘Submission‘. Feel free to send us your story!


RELATED POST

  1. novi

    18 March

    thanks for sharing ya, saya asli semarang, tetapi belum sekalipun pernah masuk ke showroom sango. kalo mampir ke pasar joharnya sih sering..next time kalo pas saya pulang rumah saya bakal mampir ke tempat ini. kayanya menarik banget ya..

So, what do you think?

INSTAGRAM
KNOW US BETTER