PILIHAN TANAMAN UNTUK KAMAR MANDI

Di antara sekian banyak ruang di rumah, kamar mandi biasanya paling terakhir kita pikirkan untuk didandani. Ya, nggak? Padahal cukup dengan menambahkan tanaman, suasana kamar mandi bisa terlihat lebih cantik, segar, dan nyaman. Ini daftar tanaman yang cocok untuk ditempatkan di kamar mandi, ya!

Instrumen dasar kamar mandi seperti shower, bathtub, wastafel, hingga toilet, biasanya sudah pasti posisinya. Di satu sudut dan nggak bisa digeser-geser—kecuali jika kita merenovasinya. Warnanya pun nggak mungkin aneh-aneh kalau nggak mau bikin kamar mandi terasa sempit dan sesak. Oleh karena itu, cara paling efektif yang bisa kita lakukan untuk mempercantik sebuah kamar mandi adalah dengan menambahkan aksesori. Selain pilihan tirai dan wadah-wadah peranti yang sesuai dengan palet warna dan tema, aksesori menarik yang dapat membuat ruangan lebih hidup dan segar adalah tanaman.

Tanaman memiliki banyak fungsi di dalam ruang. Jenis tanaman tertentu, selain mempunyai peran estetika juga memiliki kemampuan dasar untuk mengatur kelembapan dan memurnikan udara. Oleh sebab itu, keberadaan tanaman di kamar mandi bukan hanya akan membuat ruangan terlihat lebih manis tetapi juga terjamin kualitas udaranya.

Nah, sebelum memutuskan mau menempatkan tanaman yang model bagaimana, kamu tentunya perlu mengetahui beberapa hal. Pertama, beberapa jenis tanaman tetap membutuhkan sinar matahari setiap hari—meskipun sedikit dan tidak langsung. Kedua, jenis tanaman yang adaptif di lingkungan dengan kelembapan tinggi ada pula yang membutuhkan area luas untuk perkembangannya. Jadi, sangat penting untuk memikirkan lokasi dan luas bidang penempatan tanaman di dalam kamar mandi. Beberapa area yang umum menjadi pilihan untuk lokasi tanaman adalah di rak, di atas meja, di dekat jendela, atau di pojok ruangan—baik di pot atau digantung.

Inilah tanaman-tanaman yang dapat kamu pilih sebagai pemanis ruangan, baik untuk kamar mandi yang berjendela ataupun tidak.

Lidah Buaya (Aloe vera)
Lidah buaya beradaptasi dengan baik di lingkungan kamar mandi yang memiliki kelembapan tinggi, sehingga kamu nggak perlu sering-sering menyiramnya. Cukup 2-3 kali dalam seminggu. Namun, tanaman ini membutuhkan asupan cahaya matahari yang cukup banyak, sekitar 6-8 jam per hari. Oleh karena itu, posisikan pot tanaman lidah buaya di dekat jendela yang dapat membiaskan cahaya matahari dari luar ke dalam dengan baik atau bawa tanaman ini sesekali keluar ruang apabila kamar mandimu tidak berjendela.

Pakis Boston / Boston Fern (Nephrolepis exaltata)
Dalam kamar mandi yang lembab dan kurang sinar matahari, tanaman yang termasuk kelompok keluarga pakis ini akan menjadi pilihan yang tepat. Boston fern sanggup menyerap kelembapan, mengatur kondisi udara, bahkan menyerap keberadaan polutan bahan-bahan kimia dari produk pembersih rumah tangga. Membuat udara di dalam kamar mandi lebih terjaga kualitasnya. Di kamar mandi, kamu dapat menempatkan boston fern di pot atau di dalam keranjang gantung.

Sri Rejeki / Chinese Evergreen (Aglaonema commutatum)
Sudah sejak lama tanaman ini menjadi pilihan banyak orang sebagai tanaman hias dalam ruang. Sri rejeki dapat tumbuh di berbagai kondisi, baik hangat ataupun lembap. Namun, daunnya yang bercorak dapat berubah warna menjadi lebih gelap apabila kekurangan cahaya matahari. Oleh karena itu, jangan lupa untuk sesekali menjemurnya di luar ruangan atau tempatkan di dekat jendela yang dapat membiaskan matahari di dalam kamar mandi.

Kaktus (Cactaceae) + Sukulen 
Soal kemampuannya bertahan hidup tanpa banyak air semua orang mungkin sudah tahu. Namun, bukan hanya itu yang membuat tanaman ini pantas menjadi pilihan sebagai tanaman untuk di kamar mandi. Kaktus mampu menghasilkan oksigen dan menyerap karbondioksida dalam ruangan. Dengan demikian, keberadaanya di kamar mandi dapat membuat udara lebih terjaga kesegarannya. Pilih kaktus atau sukulen berukuran mini dalam berbagai bentuk lalu tempatkan dalam pot-pot kecil untuk mencipakan kesan artistik yang menarik.

Air plants (Tillandsia)
Tanaman epifit ini hidup mengandalkan nutrisi dan air yang berterbangan melalui udara. Supaya tanaman tetap kering dan tidak mudah terpercik air dari keran dan shower, tempatkan tillandsia di posisi yang agak tinggi seperti di rak atau dalam pot gantung.

Selain tanaman-tanaman yang sudah kami sebutkan tadi, pilihan lain yang juga dapat kamu ambil untuk meramaikan kamar mandi supaya tampil kece seperti kamar-kamar mandi yang berseliweran di laman Urban Jungle di antaranya adalah dracaena (song of india), sansevieria (lidah mertua), sirih gading, spider plant, philodendron, dan bromelia, yang sudah pernah kami bahas kegunaannya di artikel sebelumnya. Coba cek kategori Plant + Flower, ya..

Sumber foto berurutan dari atas ke bawah:

Feature Image: trouva.com
1. ikea.com
2. decor8blog.com
3. eastonspromise.com
4. thespicystiletto.com
5. gardenista.com
6. plantify.co.za
7. prettyprovidence.com
8. honestlywtf.com
9. airplantsupplyco.com
10. juicykits.com
11. johnevansdesign.com
12. abeautifulmess.com


Sempat bekerja di majalah Martha Stewart Living Indonesia selama 5 tahun. Ibu satu putri ini adalah kontributor untuk artikel seputar tanaman, inspirasi dekor, dan DIY project.

RELATED POST

So, what do you think?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INSTAGRAM
KNOW US BETTER