SIMPLE RECIPE: HOME REMEDIES

Kalau diperhatikan beberapa minggu belakangan ini cuaca lagi agak kurang bisa ditebak, ya? Siang bisa panas banget, sorean dikit hujan gede. Atau kadang angin kenceng sambil hujan kecil terus-terusan. Minggu lalu saya sempat nggak enak badan sampai batuk, pilek dan agak demam. Sebetulnya cuaca belum tentu jadi satu-satunya alasan sih, karena ini bisa juga akibat dari kurang seimbangnya antara aktivitas dan pola makan dan istirahat.

Adakah yang sedang sakit seperti saya minggu lalu? Wah siapapun, dimanapun, semoga semua dalam keadaan yang sehat ya! Di artikel ini, saya mau cerita sedikit soal natural home remedies. “Obat” rumahan yang bahan dasarnya biasa ada di dapur kita…

Beberapa bahan dapur yang sebetulnya bisa menjadi natural remedies, diantaranya adalah:

  • Jahe: Khasiat jahe ini kayaknya termasuk yang paling terkenal dari generasi ke generasi, ya?! Beberapa potongan tipis jahe yang direbus dengan air panas dipercaya bisa melegakan tenggorokan dan batuk. Bisa juga untuk mengurangi flu dan mabuk darat. Oh ya, beberapa scientific proof-nya juga mulai bisa dijumpai di internet.
  • Madu: Madu yang baik biasanya punya kandungan anti-bacterial dan anti-microbial. Karena hal tersebut, madu dipercaya bisa meningkatkan stamina tubuh. Selain itu, madu juga mempunyai nutrisi yang cukup lengkap dan merupakan pemanis alami.
  • Citrus: Vitamin C punya peranan penting banget dalam tubuh kita. Ketika sakit dan mengonsumsi jeruk, lemon atau buah yang mengandung vitamin C, merekalah yang melengkapi kebutuhan vitamin yang sistem imun kita butuhkan. Mendapatkan vitamin C yang cukup bisa menyembuhkan infeksi dan luka.
  • Kayu manis: Kaya akan anti oksidan, anti virus dan infeksi. Bisa juga digunakan sebagai pengawet alami.
  • Star anise: Kaya akan kandungan alami shikimic acid yang sering ada di dalam anti-flu, anti oksidan, anti virus dan infeksi.

 

Konsepnya sebetulnya sederhana banget… Hanya merebus semua bahan yang saya sebut di atas di dalam satu panci berisi air panas. Resepnya tentu saja bisa kalian modif dengan bahan yang ada di rumah kalian masing-masing. Kali ini resep simpel yang saya racik berupa minuman berperisa lemon jahe yang mudah banget dicontoh dan bisa membantu kamu supaya terhindar dari flu. Kalaupun kamu sudah terlanjur kena flu, harapannya bisa menjadi minuman yang comforting dan berkurang tanpa bantuan medis.

Bahan:

  • 1-2 ruas jahe, bersihkan (bisa dikupas atau tidak) dan pipihkan.
  • 1 buah lemon. Bersihkan dan potong tipis.
  • 2,5 cup air.
  • 2 sendok teh madu.
  • Kayu manis.
  • Star anise.

 

Metode:

  1. Rebus air sampai mendidih.
  2. Kecilkan api, masukkan lemon, jahe, kayu manis dan star anise.
  3. Panaskan di suhu kecil selama 30 menit.
  4. Saring dan minum selagi panas.

 

Kalau masih ada sisa dalam botol kaca yang sudah disiapkan, racikan ini bisa dipanaskan kembali saat diperlukan. Saat dipanaskan, nggak perlu sampai mendidih. Penyimpanannya bisa di dalam mason jar maupun botol kaca yang sudah dibersihkan.

Natural home remedies sering diartikan sebagai alternatif obat medis yang biasa dipakai sebagai pertolongan pertama ketika sakit. Rata-rata berbahan-dasar alami dan sebetulnya seringkali sudah tersedia di dapur kita. Natural home remedies ini tentu bukan sebagai bentuk penolakan terhadap obat medis. Dalam keadaan tertentu mungkin kadang kita tetap butuh obat, kok. Hanya saja ini bisa jadi alternatif yang aman dan ampuh untuk sakit-sakit ringan. Selamat mencobanya!

Ilustrasi oleh Puty Puar. 28 tahun. Mantan penjaga sumur pengeboran, ilustrator, dan penulis lepas yang juga merintis label ‘Fat Bunny’. Ibu satu anak. Penyuka makanan dengan saos kacang. Blognya bisa diakses di byputy.com.


Si ibu rapi yang selalu punya cara untuk menjaga rumahnya tetap terorganisir. Atit berbagi ide dan inspirasi penataan di rubrik Organizing Series, juga resep simpel dan tips Homekeeping.

RELATED POST

  1. Didy

    23 April

    Suka banget resepnya simple inimah cowok2 kosan macem Saya bisa bikin hehehe.

So, what do you think?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INSTAGRAM
KNOW US BETTER