SIMPLE RECIPES: EGG DROP SOUP

Setiap orang biasanya punya setidaknya satu jenis makanan yang bikin hati senang atau disebut comfort food. Seperti Atit dan suaminya yang sering banget bikin egg drop soup, apalagi kalau cuaca lagi nggak bersahabat. Makanan hangat yang disantap dalam kondisi cuaca yang lagi dingin bisa jadi kepuasan tersendiri. Belum lagi kalau cara buatnya simpel dan bisa pakai bahan seadanya yang tersedia di dapur..

Dua minggu terakhir ini saya dapat kabar dari teman-teman di Bandung, kalau di sana lagi dingin banget. Bahkan kalau malam hari suhunya bisa sampai 10 derajat di beberapa tempat. Nggak lama kemudian ramai berita tentang anomali cuaca yang terjadi akibat musim dingin yang akan masuk ke benua tetangga.

Nah, bicara tentang cuaca yang dingin, kayanya salah satu yang paling nikmat adalah makan makanan yang anget-anget ya?! Adakah yang suka makanan berkuah di sini? Yes! Resep simpel kali ini saya akan bagi-bagi cara bikin sup yang (seperti biasa) pakai bahan-bahannya yang ada di sekitar kita dan waktu pembuatannya cepat.

Di saat-saat tertentu saya memang termasuk soup person. Mulai dari sayur asem, baso kuah, garang asam sampai sup wonton, hot and sour soup dan termasuk si egg drop soup ini, saya suka banget! Sebetulnya resep yang mau di-share sekarang adalah comfort food saya dan suami yang sering banget dibikin di rumah. Sebenarnya agak ragu-ragu juga nih awalnya mau ngasih judul resep kali ini. Karena yang dibuat ini sudah direformasi pakai tambahan ini-itu, jadi memang udah bukan resep orisinil lagi. Termasuk dikasih sayur dan disajikan sama nasi supaya sekalian kenyang, hehe…

Bahan utamanya sebetulnya hanya kaldu dan telur. Bicara soal kaldu, kita bisa pakai kaldu apapun yang kita mau atau tersedia di rumah. Untuk saya pribadi karena memang nggak pernah pakai kaldu bubuk di rumah, biasanya saya bikin kaldu cair terlebih dahulu. Bisa pakai tulang ikan, ayam atau sapi, rumput laut, dan jamur.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan batang sayuran yang tidak terpakai. Untuk yang pakai sayuran penjelasannya bisa dilihat di akun Instagram saya. Tapi nggak semua jenis sisa sayuran juga cocok lho, untuk dijadikan kaldu. Setelah saya melalui proses trial & error, contoh sayuran yang cocok dan kurang cocok bisa kamu lihat pada ilustrasi oleh Puty di bawah ini. Biasanya saya suka menambahkan herbs atau bumbu-bumbuan seperti basil, jahe, sage, oregano atau lainnya supaya rasanya lebih enak. Oh ya, semua sisa potongan sayuran ini harus dicuci sampai bersih dulu ya!

Saya juga biasa memanfaatkan kaldu atau kuah sisa makanan sebelumnya supaya nggak terbuang. Walaupun menurut saya akan lebih baik untuk memisahkan makanan yang dirasa berlebih dari awal, daripada menyisakan banyak di akhir. 

EGG DROP SOUP
untuk 1 porsi

BAHAN
Sayur dan protein:
2 ekor udang windu
5 kuntum brokoli
1/2 cangkir jagung manis pipilan
2 buah cabe merah besar
2 siung bawang putih, haluskan
1/4 buah bawang bombay kecil
minyak secukupnya untuk menumis

Sup:
1 liter air kaldu (kalau pakai yang bubuk, bisa dilarutkan dulu dengan air)
1 butir telur, kocok lepas
2 sdm tepung jagung + 2,5 sendok makan air (aduk rata)
1 sdm kecap ikan
Garam, merica, gula secukupnya sesuai selera

METODE
1. Rebus brokoli lalu tiriskan.
2. Tumis bawang putih dan bombay dengan minyak secukupnya, setelah aromanya wangi lalu masukan udang. Masak sampai berganti warna dan jangan terlalu lama karena akan membuat daging udang menjadi keras. Lalu tiriskan.
3. Masukkan air kaldu, jagung, cabe, kecap ikan lalu beri garam, merica dan gula sesuai selera.
4. Setelah mendidih tuangkan larutan tepung dan aduk sampai mengental.
5. Setelah mengental, tuangkan telur yang sudah dikocok lepas. Diamkan sekitar beberapa detik lalu aduk dengan gerakan memutar.
6. Matikan kompor dan tata di atas piring.

Tentu saja isian dan tingkat kepedasannya bisa diatur sesuai selera. Oh ya, paling enak dimakan pas lagi anget sambil nonton serial setelah semua deadline dan utang kerjaan beres, hehehe… Semoga kalian menyukainya, ya! Kalau comfort food kalian apa? Share yuk, di kolom komen di bawah ini!

Ilustrasi oleh Puty Puar. 28 tahun. Mantan penjaga sumur pengeboran, ilustrator, dan penulis lepas yang juga merintis label ‘Fat Bunny’. Ibu satu anak. Penyuka makanan dengan saos kacang. Blognya bisa diakses di byputy.com.


Si ibu rapi yang selalu punya cara untuk menjaga rumahnya tetap terorganisir. Atit berbagi ide dan inspirasi penataan di rubrik Organizing Series, juga resep simpel dan tips Homekeeping.

RELATED POST

So, what do you think?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INSTAGRAM
KNOW US BETTER