CREATIVE PEOPLE: DIELA MAHARANIE

Ilustrasi dengan permainan warna-warni cerah dan berani, seringkali memakai sosok utama figur perempuan atau kucing, dan kadang dihias dengan elemen geometris. Itulah ciri khas ilustrasi buatan Diela Maharanie. Salah satu illustrator kesayangan kami ini beberapa waktu lalu “diculik” ke studio Living Loving untuk ngajarin kami bikin hiasan sulaman di tas polos.

Tahun 2013, Diela pernah menghias dinding di depan studio lama Living Loving dengan ilustrasinya. Tahun 2014 kami bikin workshop melukis di pouch bareng Diela. Lalu akhir tahun lalu saat kami pindah ke kantor baru bersama Aidea, Space Monkey, dan Samber Rejeki, Diela juga menghias dinding ruang tengah dan ruang kantor Aidea dengan ilustrasinya yang berwarna-warni. Kali ini, kami ngajakin Diela bebikinan sulaman bareng sambal ngobrol-ngobrol soal ilustrasi.

Kamu bisa nyulam dan berkreasi pakai benang gini sejak kapan?
Belajar menyulam sebenarnya sudah dari kecil, diajarin sama Mama. Cuma kepikiran pakai medium embroidery untuk ilustrasi tu karena beberapa waktu lalu pernah beli buku ilustrasi, tapi ilustrasinya tuh macam-macam mediumnya, ga cuma di kertas. Ada yang pakai tembakan, jadi pakai pistol gitu dan bolong-bolong bekas peluru itu membentuk gambar. Ada juga yang bentuknya kristik (cross-stitch) tapi diaplikasikannya…di mobil! Jadi dari situ aku mikir ilustrasi tuh bisa macam-macam banget mediumnya. Cuma yang dekat sama keseharian aku memang benang sih, jadi ya nyoba pakai benang deh.

Kalau soal ilustrasi sendiri, apa medium favorit kamu?
Kertas dan spidol dan digital

Terus dapat inspirasinya dari mana aja, bisa warna-warni gitu?
Inspirasi kebanyakan dr musik, tontonan. dan buku. Buku seringnya saya suka yang bergenre fantasy. tapi kalau musik sama tontonan variatif banget.

Kalau untuk commissioned work kamu lebih sering bikin dalam format apa?
Untuk commissioned dari client/ brand biasanya aku bikin ilustrasi dalam format digital. Karena biasanya dari klien akan mengaplikasikan ilustrasi itu ke produk, jadi memang lebih mudah format digital juga. Waktu pengerjaannya sekitar 10 hari kerja.

Ada rekomendasi software atau aplikasi favorit buat bikin ilustrasi?
Procreate! Soalnya mudah untuk digunakan dan ada di ipad pro juga, jadi bisa mobile :D

Boleh rekomendasiin website atau buku seputar ilustrasi buat orang-orang mau tahu lebih banyak soal ilustrasi?

Kalo Buku bisa cek seri buku Illusive: Contemporary Illustration yang sudah dirilis sebanyak 4 buku. Sama seri Illustration Now yang isinya kompilasi 150 karya ilustrasi dari seniman-seniman di lebih dari 50 negara. Buku Illustration Now ini ada beberapa seri, mulai dari fashion sampai portrait. Sedangkan buat website mungkin bisa browsing-browsing Behance.

Ada saran buat mereka yang ingin belajar ilustrasi?
Kalau untuk jadi ilustrator tentunya skillset yang perlu dimiliki adalah kemampuan menggambar. Asah terus skill menggambarnya dan coba eksplor berbagai macam medium. Bisa juga inisiatif membuat project-project yang berhubungan dengan ilustrasi untuk menambah portfolio dan pengalaman. Terus belajar dan jangan patah semangat!

Tapi kalau baru mulai, kadang susah ya menemukan ciri khas gambar kita. Kamu ada saran nggak gimana biar bisa menemukan gaya gambar yang khas?
Sebenernya gue juga nggak ada rumusan untuk style ilustrasi, karena kan kalau style itu organik banget. Dapatnya karena sering gambar jadi keluar deh tuh style. Banyak yang mulai dengan mencontoh dulu, tapi memang harus coba menemukan gaya khasnya sendiri. Jadi tanpa mencantumkan nama pembuatnya pun, orang tahu siapa ilustratornya. Biasanya klien juga menyewa jasa ilustrator karena tertarik dengan gaya gambarnya.

Ada masukan untuk mereka yang kepikiran ingin menjual ilustrasinya?
Mungkin bisa mulai dengan jualan art print atau ikutan art market tapi tentu sebelumnya ilustrasi km dijadikan produk dulu. Bisa ikutan workshop tentang merchandising utk nambah ilmu. Belajar dan tanya-tanya aja sama yang sudah terjun duluan.

Dan sambal ngobrol pun, akhirnya hiasan sulaman di tote bag selesai kami bikin. Punya Diela yang bentuk geometris, punya saya yang bentuk rumah. Saya cari bentuk yang simpel aja biar lebih cepet bikinnya..haha.. Thank you, Diela buat ngobrol-ngobrol dan bagi-bagi ilmunya. Untuk video cara lengkap membuat sulaman di tote bag bisa cek di Youtube Channel kami yaa.


Penyuka craft yang lebih senang dapat voucher toko buku dibanding voucher baju. Ibu satu putri yang akrab dipanggil Mamir ini selalu sibuk cari inspirasi dekor atau palet warna di internet sambil menyantap segala macam penganan yang ada di studio Living Loving. Kamu bisa menyapa Mamir di akun Instagram-nya (@mamiraz) atau mengontaknya di miranti (at) livingloving (dot) net

RELATED POST

So, what do you think?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INSTAGRAM
KNOW US BETTER