READING

CREATIVE PEOPLE: NONITA RESPATI

CREATIVE PEOPLE: NONITA RESPATI

Indonesia yang kaya sekaligus cair. Begitulah kami melihat Purana, label pakaian milik Nonita Respati. Kalau kamu sudah pernah menginap atau mengunjungi hotel dan restoran Yats Colony di Yogyakarta, mungkin kamu pernah bersinggungan dengan karya fesyen Nonita ini. Sangat mencintai apa yang dikerjakannya, Nonita Respati sekarang fokus pada label fesyen PURANA yang dibangunnya sedari tahun 2008. Dengan penggunaan batik, ia tidak melupakan warisan budaya bangsa namun tidak kaku dan tetap terasa modern. Di tengah kesibukannya untuk selalu memperbarui koleksi produknya, saya berkesempatan untuk menanyakan beberapa hal yang selama ini telah menjadi dorongan kuat Nonita dalam berkarya…

Deskripsikan dirimu dalam 3 kata…
Savvy, reserved, observer.

Kapan kamu mulai mendalami bidang yang dijalani sekarang ini? 
Awalnya saya bekerja full-time sebagai editor fesyen, dan paruh waktu sebagai tim kreatif di PURANA. Lalu memutuskan untuk resign, karena dorongan untuk mempelajari desain semakin kuat. Lalu ambil satu tahun design course, dan fokus di PURANA.

Apa hal yang kamu sukai dari pekerjaanmu?
I am doing what I love, and I am extremely passionate about my work, therefore every single process of work is a fun playground. Dari mendesain, memproses kain, hingga memproduksi baju. Kesalahan proses jahit dan pembuatan kain pun saya nikmati karena terkadang ketidaksempurnaan itu memberikan ide-ide yang baru. Saya menikmati saat produk sudah jadi, bermain dress-up dan memadumadankannya untuk merangkai sebuah koleksi. Yang paling disukai dari pekerjaan saya adalah saat koleksi terjual habis dan invoice dibayar tepat waktu, hahaha…

Apa yang menjadi ciri khas brand ini dan kenapa memilih konsep tersebut?
Modernised heritage. Melestarikan teknik pembuatan kain tapi menerjemahkan dengan gaya yang modern dan berbeda. To be always distinct and unusual.

Bagaimana awalnya muncul nama lini brand kamu?
Saya suka Bahasa Sansekerta, nama tengah kedua anak saya pun berbahasa Sansekerta. Purana memiliki arti sejarah kuno, karena awalnya berkonsep mengolah dan memodernkan kain Indonesia yang tekniknya sudah dimiliki ratusan tahun. Nama belakang saya Purnamaningdyah, jadi mirip juga dengan susunan huruf pada PURANA.

Saat kamu mulai merintis bisnismu, adakah kutipan yang menginspirasi atau memotivasi kamu dalam mengerjakan apa yang kamu sukai ini?
Untuk selalu menjadi diri sendiri dan menciptakan karya-karya yang orisinil. That is how you, as a person, personally and professionally will stand out.

Menurutmu, apakah hal yang paling menantang dalam berbisnis?
Upscaling and taking it to the next level.

Apa pengorbananmu yang paling besar saat memulai bisnismu?
Waktu.

Apa pelajaran yang paling berharga selama menjalankan bisnismu?
Membayar hak pihak-pihak yang sudah bekerjasama dengan kita sesegera mungkin. Saya percaya kelancaran bisnis berawal dari etika bisnis yang baik.

Dari semua koleksi yang sudah kamu desain, yang manakah yang paling berkesan dan kenapa?
Kesetiap koleksi yang sudah terbuat merupakan favorit saya. Bukan bualan dan jualan. Ini serius, hahaha… Saya tidak hanya mengkreasi tapi juga bangga dan senang mengenakan PURANA. It’s comfy, fashionable, classy with a twist, everlasting, fun, and shows love for my culture! Saya paling suka memadumadankan gaya yang berbeda dengan satu item saja. Ini salah satu ciri khas PURANA, multi-styling.

Siapa orang yang paling menginspirasi kamu atau yang menjadi panutanmu?
Ibu.

Apa karakter yang paling kamu kagumi dari sosok wanita kreatif di sekitarmu?
Toughness, persistence, patience (dari almarhumah Ibu juga). Dari Momo (bapak) belajar untuk lebih reserved, dengan kutipan yang selalu ia ucap ‘If you don’t have anything to say, don’t say it at all.’

Kelebihan apa pada diri kamu yang paling kamu banggakan?
Multitasking, and a good salesperson. Sepertinya saya bisa menjual hampir apapun, hahaha…

Apa obyek, peralatan atau ritual yang nggak bisa kamu lewati di hari-hari kerjamu?
Iphone.

Apa kegiatan me-time yang paling kamu sukai saat pulang ke rumah setelah hari yang panjang?
Pijet, sambil menelepon sahabat karib dan bicara yang tidak penting-penting.

Kalau kamu diberi waktu lebih dalam satu hari selama tiga jam, akan kamu gunakan untuk apa?
Bersenang-senang dengan kedua anak saya. Just fun and nothing else. No serious talks.

Menurutmu, apa tiga hal terpenting yang mesti dipertimbangkan seseorang dalam memulai berbisnis?
Sources and resources, knowledge, market forecast.

Apakah ada tips dalam membagi waktu secara baik antara mengurus keluarga dan bisnis?
Saya lebih banyak bekerja dari rumah, dan studio pun berjarak dekat sekali dari tempat tinggal saya. Jadi tidak ada kendala terlalu sibuk untuk bertemu anak. Anak-anak lebih sibuk keluar rumah daripada saya. Bisnis selain PURANA juga dikerjakan bersama suami jadi tidak ada kendala frekuensi pertemuan dengan keluarga, hehehe…

Gimana cara kamu mendefinisikan kata ‘sukses’?
Sukses untuk saya adalah saat setelah semua tantangan sudah berhasil dilewati, akhirnya punya kesempatan untuk berbagi apa yang dimiliki dan juga ilmu yang selama ini telah dipelajari kepada orang-orang di sekeliling saya.

Apa yang akan kamu beritahu dirimu lima tahun yang lalu, sesuatu yang baru kamu ketahui sekarang?
Don’t worry, you’ll get there. All you got to do is trust yourself. You own it all this time!

Terima kasih sekali, Nonita! Sudah menceritakan awal mula terbangunnya label fesyen ini dan inspirasi di balik karya-karyanya. Rasa cintanya pada batik sangat terlihat dari kesetiap koleksinya, juga nggak melupakan teknik-teknik pembuatan yang sudah menjadi tradisi sedari dulu. Semoga selalu sukses dengan koleksi-koleksi yang akan mendatang!

 

*semua foto milik Nonita Respati


Ibu satu anak yang suka mempercantik rumah. Sebelumnya bekerja sebagai desainer interior di IKEA. Sangat suka menulis dan menonton film yang realistis, dan penggemar berat karya-karya Woody Allen. Kamu bisa menyapa April lewat editorial (at) livingloving (dot) net

RELATED POST

  1. adindilla

    10 May

    Artikel yang menginspirasi dengan konsep wawancara lewat pertanyaan yang nggak biasa. Dibanyakin artikel orang-orang kreatifnya ya hehe

    • Miranti

      16 May

      Thank you, Adindilla. Kami memang sedang mencoba mau menambah cerita dari teman-teman kreatif lainnya. Kalau kamu ada saran seputar profil yang menarik untuk diangkat, boleh lho dishare di sini ;)

So, what do you think?

INSTAGRAM
KNOW US BETTER