READING

DEKOR ULANG KAMAR TIDUR BUDGET 500 RIBUAN

DEKOR ULANG KAMAR TIDUR BUDGET 500 RIBUAN

Mendekor ulang tempat tinggalmu nggak harus mahal, kok! Dengan tambahan beberapa produk aja tampilan ruangan bisa berubah banget, lho… Untuk April yang tinggal di apartemen bertipe studio dan nggak terlalu luas, dia mau ruangan yang ditempati tetap nyaman dan terasa lega untuknya, suami dan juga anaknya yang masih berumur 19 bulan. Yuk, lihat perubahan yang kami buat dalam unit dengan luas 43m2 ini…

April sempat cerita kalau dia ingin menata ulang apartemennya. Sebenarnya apartemen satu kamar ini sudah sempat direnovasi sebelum ditempati menjadi apartemen tipe studio. Dari sisi besaran ruang sih sebenarnya masih cukup dan belum ada masalah. Tapi April gemes karena dekorasi ruangnya masih terlalu plain. Pengennya diubah jadi lebih homey dan menunjukkan hal-hal yang disukai.

Memang kalau baru punya anak, masalah mendekor bukan jadi prioritas utama ya. Tapi pas Ardo sudah agak besar, baru deh April merasa kalau tampilan serba putih bikin kamarnya jadi terlihat kurang hidup. Akhirnya kami coba cari cara untuk menghias area kamar tidur dengan budget di bawah Rp500.000. Targetnya: menghias kamar dengan mudah dan cepat tapi tetap mencerminkan kesukaan April dan Edo.

Berhubung apartemen April lokasinya deketan banget dengan IKEA, toko itu udah jadi top of mind yang dia pilih untuk mendekor apartemennya. April memilih sarung bantal dan selimut warna merah, warna kesukaannya Edo. Lalu ada satu set hook bentuk kursi. Harga sarung bantal dan selimut memang memakan lebih dari setengah budget, tapi sarung bantalnya bisa dipakai bolak-balik dan bahannya pun cukup tebal jadi lebih kuat. Sementara untuk selimut, kepikirannya saat mendekor memang cari yang fungsional, bukan sekadar cantik tapi habis itu ga dipakai lagi atau ternyata nggak nyaman dipakai atau cepat rusak.

Setelah belanja, sisa budget kami belikan washi tape yang nantinya akan digunakan menghias dinding. Karena sudah tidak memegang budget belanja lagi, untuk dekorasi tambahan kami pun mulai mengubek apartemen mencari pernak-pernik milik April yang bisa dimanfaatkan sebagai ornament dekorasi. Akhirnya terkumpul kotak rotan yang sempat jadi wadah bunga hadiah anniversary April dan Edo. Lalu medali-medali yang didapat Edo saat mengikuti lomba lari. Ada juga kartupos dengan desain unik, hadiah dari seorang teman. Juga beberapa tiket museum atau pertandingan bola yang dikumpulkan saat mereka travelling ke luar negeri.

Setelah barang-barang terkumpul, tinggal ditata deh. Pertama-tama kami memutar arah matras agar menghadap jendela. Setelah itu kami memanfaatkan washi tape warna-warni untuk membingkai kartu pos dan menempelkan kertas kado peta, dan tiket-tiket koleksi April dan Edo. Kami juga memanfaatkan hook atau gantungan bebatuan milik April untuk menggantung koleksi medali milik Edo.

Lalu saya menemukan pigura besar yang belum dipakai. Kata April, dia dapat di area As Is di IKEA tapi belum tahu mau memajang apa di dalamnya. Lalu April mengeluarkan koleksi tea towel miliknya. Kami memutuskan membingkai tea towel milik April ke dalam pigura besar ini. Saya juga membawa beberapa kertas kado koleksi saya (iya ngaku deh, saya termasuk yang suka menumpuk kertas kado lucu..hihihi). Kebetulan ada satu yang gambarnya berupa peta. Kayanya cocok nih kalau disatukan dengan pernak-pernik milik April, jadi sekalian saja temanya travelling.

Keranjang rotan milik April saya jadikan tempat menyimpan aksesori dan make up lalu saya letakkan di samping tempat tidur. Di atasnya kami pasang 1 hook bentuk kursi untuk tempat meletakkan headphone milik Edo. April kebetulan juga punya kaitan dengan hiasan batu yang akhirnya kami pasang di dinding untuk tempat menggantungkan medali lari milik Edo.

Karena di ujung tempat tidur masih ada ruang, saya mendadak kepikiran bikin area duduk-duduk buat Ardo. Cuma pakai matras punya Ardo yang dilapisi selimut, lalu planters putih besar difungsikan jadi tempat mainan dan plushies. Lalu sisa hook bentuk kursi dipasang vertical untuk tempat menyimpan buku cerita.

Ide makeover ini memang sengaja mencari yang mudah dan cepat, nggak perlu repot mengecat atau memakai bor. Jadi dalam waktu kurang dari 1 jam sudah bisa dapat tampilan baru yang lebih hangat, deh. Berikut ini barang-barang yang kami pakai dan informasi tempat membelinya.

Kalau kamu ada rencana ingin mendekorasi ulang kamar tidur atau apartemenmu, coba deh manfaatkan barang-barang yang ada di rumah atau benda koleksimu agar bisa menghemat budget belanja. Buat yang suka belanja di IKEA, jangan lupa cek bagian As Is karena kadang kita bisa dapat barang yang kondisinya masih lumayan bagus dengan harga yang jauh lebih murah, tapi jangan lupa cek dulu dengan teliti ya.  Semoga setelah melihat langsung video make-over kami kali ini, kalian terinspirasi dan tetap semangat mempercantik tempat tinggal kalian. Happy Decorating!


Penyuka craft yang lebih senang dapat voucher toko buku dibanding voucher baju. Ibu satu putri yang akrab dipanggil Mamir ini selalu sibuk cari inspirasi dekor atau palet warna di internet sambil menyantap segala macam penganan yang ada di studio Living Loving. Kamu bisa menyapa Mamir di akun Instagram-nya (@mamiraz) atau mengontaknya di miranti (at) livingloving (dot) net

RELATED POST

So, what do you think?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INSTAGRAM
KNOW US BETTER